Sukses

Hasil Semifinal Piala AFF U-19 2022: Tekuk Thailand, Laos Jumpa Malaysia di Final

Laos secara mengejutkan berhasil mendepak Thailand di semifinal Piala AFF U-19 2022. Mereka menyusul Malaysia yang kalahkan Vietnam 3-0 di laga sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Laos U-19 secara mengejutkan berhasil melaju ke final Piala AFF U-19 usai mengalahkan Thailand 2-0 di semifinal yang berlangsung di stadion Patriot Candrabaga, Rabu (13/7/2022). Laos bakal jumpa Malaysia yang di pertandingan sebelumnya kalahkan Vietnam 3-0.

Laos berhasil menggebrak saat menghadapi Thailand U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2022. Meski kurang diunggulkan tapi Laos tampil percaya diri.

Menit ke-8, Laos U-19 berhasil membuat skor unggul 1-0. Gol dari Peeter Phanthavong berhasil membungkam Thailand untuk sementara.

Thailand mencoba samakan skor. Namun hingga babak 1 berakhir, Laos tetap unggul 1-0.

Pada babak 2, Thailand mencoba untuk mengepung Laos. Namun hingga menit ke-72, Thailand belum juga berhasil samakan skor.

Pada menit ke-78, Thailand nyaris mencetak gol. Namun bek Laos berhasil amankan bola sehingga kembali skor tetap 1-0.

Laos secara mengejutkan berhasil menambah gol di menit ke-84 sehingga membuat skor berubah 2-0. Ini bertahan hingga pertandingan berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Vietnam

 

Sebelumnya, Timnas Malaysia U-19 dengan meyakinkan berhasilkan kalahkan Vietnam 3-0 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/2/2022) sore WIB. Malaysia unggul satu gol pada babak pertama. Gol dari Adam Farhan yang menjadi pemecah kebuntuan.

Pada menit ke-25, Adam Farhan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bolanya mengarah ke tiang jauh, mulus masuk ke dalam gawang.

Malaysia mampu menggandakan keunggulan di babak kedua. Pergerakan dari Haqimi Azim dari sisi sayap kanan, diakhiri dengan sebuah umpan tarik.

Haiqal Haqeeme ada di muka gawang Vietnam, dua mampu menceploskan bola dari jarak dekat. Malaysia unggul 2-0. Lewat serangan balik cepat di menit ke-87, Malaysia berhasil menambah gol lewat Haykal Danish sehingga menang 3-0.

3 dari 3 halaman

Surat Protes

PSSI resmi mengajukan surat protes kepada AFF terkait pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam melawan Thailand.

Hasil itu sekaligus membuyarkan harapan Timnas Indonesia U-19 lolos ke babak semifinal. Meski menang dengan skor 5-1 atas Myanmar, Indonesia hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin dari lima pertandingan. Namun, Indonesia kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Penyebabnya, Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Vietnam dan Thailand.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya memahami dan menyadari regulasi Piala AFF U-19 2022 yang membuat Tim U-19 gagal melaju ke semifinal.

“Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay)," kata Iriawan seusai memimpin rapat di PT LIB, Jakarta, Senin (11/7/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.