Sukses

Profil Tim Grup B Piala Dunia 2022: Wales, Kuda Hitam yang Tak Boleh Diremehkan

Wales harus susah payah melalui jalur playoff untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022. The Dragons sudah menunggu 64 tahun untuk tampil lagi di ajang terbesar sepak bola ini.

Liputan6.com, Jakarta Wales kembali meramaikan kompetisi Piala Dunia 2022 Qatar setelah jadi runner up Grup E pada babak kualifikasi. Mereka lima poin di bawah Belgia dan cuma terpaut satu poin di bawah Republik Ceko.

Wales sukses menorehkan empat kemenangan, tiga hasil imbang dan satu kekalahan saja di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Salah satu penampilan Wales yang cukup mencuri perhatian adalah ketika mereka berhasil menahan imbang Belgia 1-1.

Wales memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2022. Wales berhasil melaju ke Qatar setelah menyingkirkan Ukraina lewat final playfoff zona Eropa di Stadion Cardiff City.

Tampil di depan publik sendiri, Wales menang dengan skor 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan  ini dicetak lewat bunuh diri pemain Ukraina, Andriy Yarmolenko pada menit ke-34. Wales menjadi wakil Eropa terakhir yang melaju ke Piala Dunia 2022 Qatar. 

Pada Group Stage B Piala Dunia 2022 kali ini, Wales berada bersama Inggris, Amerika Serikat dan Iran. Wales menjadi salah satu klub yang diremehkan, sementara saudara mereka karena sama-sama Britania Raya, Inggris, adalah tim yang diunggulkan. Bukan hanya melawan Inggris, melawan Iran pun ada potensi wakil Asia tersebut tampil mengejutkan.

Namun hal tersebut wajar, catatan Wales di kompetisi Piala Dunia memang tidak terlalu baik. Tim yang berjuluk The Dragons baru tampil kembali di kejuaraan dunia setelah absen 64 tahun.

Ini merupakan keberhasilan kedua Wales menembus Piala Dunia. Wales sebelumnya debut dalam ajang sepakbola tertinggi dunia itu pada 1958.

Dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2022 Qatar, Wales diganggu karena pelatih yang membawa mereka mengundurkan diri dari jabatannya. Ryan Giggs mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai manajer tim nasional Wales. Keputusan mantan bintang Manchester United ini, dilaporkan sudah diterima FA Wales.

"Setelah banyak pertimbangan, saya memutuskan mundur dari jabatan saya sebagai manajer timnas putra Wales yang berlaku sejak pengumuman ini," kata Ryan Giggs.

Seperti diketahui, Ryan Giggs masih menjalani proses persidangan kasus perilaku pemaksaan dan serangan terhadap mantan kekasihnya dan adik perempuan tersebut.

Setelah itu, Wales menunjuk Robert Page menjadi nahkoda baru mereka. Akan menarik menyaksikan kolaborasi Gareth Bale dan Daniel James di lini depan tim asuhan Robert Page tersebut.

Akankah Wales bisa menemani saudara se-Inggris Raya menuju babak selanjutnya? Atau mereka hanya menjadi tim penghibur pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar kali ini?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang - Gareth Bale

Manajer Wales Robert Page mengatakan Gareth Bale pantas mendapatkan rasa hormat dari penggemar Real Madrid saat ia meninggalkan klub. Bale berhasil memenangkan rekor dan gelar Liga Champions kelima sepanjang kariernya, meskipun nyaris tidak tampil musim ini.

Setelah menghadapi kritik pedas dari penggemar dan media Spanyol di masa lalu, kapten Wales itu mendapat tepuk tangan saat Real merayakan gelar di Bernabeu pada hari Minggu.

"Mereka (penggemar sejati) menujukkan kelas dan memang layak diberikan atas capaiannya untuk klub sepak bola itu," ujar Page.

"Anda melihat kembali apa yang telah dia lakukan, mencetak gol penentu di final Liga Champions dan dengan cara melakukannya, dia pantas mendapatkan semua pujian, tentu saja," tambahnya.

Bale menjadi pemain tumpuan Wales dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 kemarin dan menjadi bintang saat di Qatar nanti.

3 dari 5 halaman

Pelatih - Robert Page

Ryan Giggs mengumumkan mundur dari jabatannya sebagai manajer tim nasional Wales. Keputusan mantan bintang Manchester United atau MU ini, dilaporkan sudah diterima FA Wales.

Setelah itu, FA Wales menunjuk Robert Page menjadi manajer baru. Robert John Page (lahir 3 September 1974) adalah mantan pemain sepak bola dan manajer profesional Wales, yang saat ini menjadi manajer sementara tim nasional Wales .

Dalam karier 18 tahun di Liga Premier dan Liga Sepak Bola Inggris, ia membuat 550 penampilan kompetitif untuk 6 klub berbeda.

Page lantas memulai karier kepelatihannya d Port Vale, Notthingham hingga akhirnya ke Wales pada 2020 lalu sebagai caretaker. Meski cuma pengganti, namun Robert Page sukses membawa timnas Wales lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

4 dari 5 halaman

Prestasi

Timnas Wales saat ini berada di posisi 18 per Maret 2022. Posisi tertinggi, 8 per Oktober 2015 dan terendah 117 per Agustus 2011. Timnas Wales lolos ke Piala Dunia FIFA dua kali, pada tahun 1958 dan 2022.

Pada tahun 1958, mereka mencapai perempat final sebelum kalah dari Brasil yang kemudian jadi juara. Mereka butuh 58 tahun sebelum mencapai turnamen besar kedua mereka.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022

Selasa, 22 November 2022

02:00 WIB: Amerika Serikat vs Wales

Sabtu, 23 November 2022

02:00 WIB: Wales vs Iran

Rabu, 30 November 2022

02:00 WIB: Wales vs Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.