Sukses

Profil Tim Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Berharap Tuah Pemain Premier League

Boleh dibilang pada Piala Dunia kali, Inggris berharap tuah dari para pemain klub Liga Inggris atau premier league semisal Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea hingga Tottenham Hotspurs.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris memang menjadi salah satu unggulan juara di Piala Dunia Qatar yang berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember. Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia dengan perkasa. Mereka sama sekali tak menelan kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi.

Hanya Polandia dan Hungaria yang mampu memberi perlawanan kepada timnas Inggris untuk tidak menyapu bersih semua laga kualifikasi. Kemenangan terbesar The Three Lions sepanjang babak kualifikasi adalah sepuluh gol tanpa balas atas San Marino pada 15 November 2021 lalu.

Selain itu, mereka memang sering menang dengan jumlah gol besar seperti 5-0 lawan Andorra dan Albania. Inggris memuncaki Grup I dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar dengan poin 26, unggul enam poin dari timnas Polandia yang finis sebagai runner-up.

Declan Rice mengungkapkan, Inggris juga punya skuad yang mewah untuk tampil di Piala Dunia. Dari posisi belakang hingga depan diisi oleh pemain-pemain top dunia. Banyak pihak memprediksi Inggris lolos Group Stage B Piala Dunia 2022 termasuk Declan.

"Dengan skuad yang kami miliki, dan para pemain yang datang, kami harus menargetkan untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Jelas, kami sangat dekat di musim panas," kata Rice.

Inggris tergabung di Grup B bersama Wales, Amerika Serikat, serta wakil dari Asia, yaitu Iran. Di atas kertas, pasukan Gareth Southgate diprediksi dapat melenggang ke babak berikutnya. Sebab, mereka memiliki segudang pemain yang tampil di salah satu kompetisi tertinggi, yaitu Liga Inggris.

Sebut saja nama mulai dari Harry Kane, Trent Alexander Arnold, Marcus Rashford, Jordan Sancho, Harry Maguire, hingga seorang Phil Foden. Jika melihat komposisi Inggris dari mulai gelaran Piala Eropa 2020 hingga saat ini, mereka sangat bergantung dengan para pemain dari Liga Inggris. Praktis hanya nama Jude Bellingham yang bermain di luar Inggris yaitu di Borussia Dortmund.

Boleh dibilang pada Piala Dunia kali, Inggris berharap tuah dari para pemain klub Liga Inggris semisal Manchester United, Manchester City, Liverpool, Arsenal, Chelsea hingga Tottenham Hotspurs.

Dengan skuat mentereng, Inggris bisa lolos terus hingga perempat final. Pasalnya di babak 16 besar dengan catatan menjadi juara grup B, lawan Inggris nantinya memiliki skuat yang jauh jika melihat komposisi grup A mulai dari Belanda, Senegal, Ekuador, hingga tuan rumah Qatar.

Namun semua bisa terjadi di lapangan hijau, akankah Inggris bisa menjadi juara di tahun ini? Atau hanya sampai semifinalis seperti tahun 2018 di Rusia?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pemain Bintang - Harry Kane

Nama Harry Kane boleh dibilang dipandang sebagai bintang dan juga motor timnas Inggris saat Piala Dunia Qatar 2022 nanti. Top skor Piala Dunia 2018 Rusia dengan 6 gol merupakan penyumbang gol terbanyak untuk negaranya dalam beberapa tahun terakhir.

Saat ini Harry Kane menempati posisi kedua dalam daftar top skorer sepanjang masa timnas Inggris.

Bintang Tottenham Hotspur itu sudah mengoleksi 50 gol sepanjang karier internasionalnya dan hanya membutuhkan 4 gol lagi untuk melewati Wayne Rooney yang memimpin daftar ini.

Ambisi pribadi tersebut tidak boleh dianggap remeh karena bisa jadi hal itulah yang membawa Inggris tampil impresif di Piala Dunia 2022. Jika berhasil, ini menjadi gelar pertama Kane karena di klubnya Tottenham Hotspurs dia belum bisa berbuat apa-apa.

3 dari 5 halaman

Pelatih - Gareth Southgate

Gareth Southgate bukanlah wajah baru karena sudah cukup lama menangani timnas Inggris, yakni sejak 2016 lalu.

Meski belum mampu mempersembahkan trofi untuk negaranya, Gareth Southagate sukses membawa Inggris bersaing dengan tim-tim kuat Eropa lainnya.

Prestasi terbaiknya adalah membawa Inggris finis di posisi tiga UEFA Nations League 2018-2019 dan menjadi runner up Euro 2020.

Sebelum menukangi timnas Inggris, Gareth Southgate pernah menjadi juru taktik Middlesbrough dan Inggris U-21. Pencapaian terbaik Southgate bersama Inggris di Piala Dunia hanya semifinalis saat Piala Dunia 2018 Rusia empat tahun lalu setelah dikalahkan Krosia ketika itu.

4 dari 5 halaman

Prestasi

The Three Lions telah tampil di 14 turnamen Piala Dunia dan 10 Piala Eropa tetapi hanya memenangkan satu trofi internasional. Inggris memenangkan Piala Dunia pertama dan satu-satunya pada tahun 1966 setelah mengalahkan Jerman Barat 4-2 di babak perpanjangan waktu. Skuad yang dihuni Alf Ramsey, Bobby Charlton dan Bobby Moore itu menyingkirkan Argentina dan Portugal sebelum mengalahkan Jerman di final.

Sejak itu, kampanye Piala Dunia tim sepak bola nasional Inggris tidak pernah sempurna. Paling dekat yang pernah mereka raih untuk memenangkan gelar kedua adalah pada 2018 ketika mereka kalah dari Kroasia di semifinal.

Inggris tidak pernah memenangkan Piala Eropa tetapi nyaris di Euro 2020. Mereka sukses mencapai final tetapi kalah 3-4 dari Italia dalam adu penalti setelah bermain imbang 1-1 pada masa perpanjangan waktu.

Performa Inggris mengalami peningkatan secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, peringkat mereka juga menjadi lebih baik. Menurut peringkat FIFA per Maret 2022, tim Inggris berada di posisi 5 secara global.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Inggris di Piala Dunia 2022

Senin, 21 November 2022

20.00 WIB: Inggris vs Iran

Jumat, 25 November 2022

17:00 WIB: Inggris vs Amerika Serikat

Rabu, 30 November 2022

02:00 WIB: Wales vs Inggris

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.