Darwin Nunez Dihina Usai Liverpool Dibantai MU, Begini Reaksi Klopp

Oleh Muhammad Yanto pada 13 Jul 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 13 Jul 2022, 15:30 WIB
Darwin Nunez di laga Liverpool vs MU (Photo: AFP/PAUL ELLIS)
Perbesar
Darwin Nunez di laga Liverpool vs MU (Photo: AFP/PAUL ELLIS)

Liputan6.com, Jakarta Dua rekrutan musim panas Liverpool, Fabio Carvalho dan Darwin Nunez melakukan debut mereka Selasa Sore WIB, (12/7/2022) melawan Manchester United.

Liverpool menghadapi MU pada ajang Bangkok Century Cup di Stadion Rajamangala di Bangkok, Thailand.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp membagi timnya menjadi tiga dalam laga yang berlangsung 90 menit.

Fabio Carvalho tampil sebagai starting line up, sedangkan Darwin Nunez bermain di sepertiga akhir. Dia masuk pada menit ke-62.

Ini adalah pertandingan yang mengecewakan bagi Liverpool karena kesalahan pertahanan membuat mereka secara brutal dibombardir oleh MU. Liverpool tertinggal 0-3 di babak pertama.

Pada babak kedua, Liverpool jauh lebih kuat. Namun, Liverpool gagal mengubah dominasi mereka menjadi gol.

Sebaliknya, malah MU yang memperlebar jarak mejadi 4-0 melalui gol Facundo Pellistri. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Satu yang menjadi sorotan usai kekalahan Liverpool ini adalah Darwin Nunez. Penyerang yang didatangkan Liverpool seharga total 85 juta poundsterling ini membuang peluang untuk mencetak gol.

Sepakannya di tengah kotak penalti memanfaatkan bola muntah dari tendangan Mohamed Salah, malah jauh dari sasaran. Tembakannya melambung jauh di atas mistar gawang.

Momen itu langsung menjadi guyonan netizen di media sosial. Banyak yang menyebut bahwa Nunez merupakan rekrutan gagal Liverpool.

Bahkan, ada yang menyamakan Nunez dengan eks penyerang Liverpool Andy Carrol. Lalu, bagamana Klopp menanggapi kritik terhadap pemain barunya itu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Membela

Foto: Aski Sadio Mane dan Kolega Saat Bawa Liverpool Comeback di Kandang Aston Villa, Jaga Asa Panaskan Gelar Juara Liga Inggris
Perbesar
Kemenangan ini membuat skuat Jurgen Klopp masih memiliki asa untuk meraih gelar juara Liga Inggris di dua pertandingan yang tersisa. Kini, Liverpool berada di posisi kedua klasemen dengan raihan 86 poin dari 36 pertandingan, atau menyamai poin Manchester City yang baru memainkan 35 laga. (AFP/Paul Ellis)

Klopp ogah ambil pusing terkait kritik kepada pemain barunya. Menurut juru taktik asal Jerman tersebut, Nunez belum memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi.

Penyerang asal Uruguay itu baru bergabun dengan tim selama tiga hari. Selain itu, Nunez juga tidak dalam kondisi fit karena ada luka melepuh di kakinya.

"Saya memahami kita mesti bicara soal rekrutan baru, tapi buat kami itu tidak masuk akal. Fabio di sini baru delapan hari dan Darwin baru bergabung tiga hari," kata Klopp dikutip Sky Sports.

"Dia (Darwin) mengalami luka melepuh yang besar di kakinya. Kami semua pernah mengalami itu di hidup kami dan tidak beda juga buat para pesepakbola, itu sangat menyakitkan. Tapi ya begitulah situasinya," jelas Klopp.


Diminati MU

Liverpool - Darwin Nunez
Perbesar
Liverpool - Darwin Nunez (Bola.com/Adreanus Titus)

Darwin Nunez sebenernya pemain incaran MU di bursa transfer musim ini. Namun, Nunez lebih memilih Liverpool karena sang pemain tak pernah kepincut dengan Man Utd.

Menurut Metro, alasan pertama yang membuat Nunez enggan hijrah ke Old Trafford karena MU tak main di Liga Champions. Darwin Nunez ogah turun kasta karena musim lalu berjaya di Liga Champions.

Sedangkan alasan kedua karena dia tertarik dengan cara melatih Jurgen Klopp. Dia yakin masa depan cerah di bawah pelatih asal Jerman itu.

Sebagai pemain muda, Darwin Nunez ingin menaikkan kemampuannya. Karena itu dia pilih Liverpool yang dilatih Jurgen Klopp, sosok yang begitu dikaguminya.

Sementara MU tampil memble musim lalu. Meski berganti pelatih dengan Erik Ten Hag, ini belum bisa meyakinkan Darwin Nunez untuk gabung di Old Trafford.


Evaluasi dari Kekalahan

Liverpool, Premier League, Crystal Palace
Perbesar
Striker Liverpool, Sadio Mane, melakukan selebrasi bersama pelatih Jurgen Klopp usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (19/8/2017). Liverpool menang 1-0 atas Crystal Palace. (AP/Martin Rickett)

Dari kekalahan ini, Klopp menemukan beberapa hal yang perlu dievaluasi dalam timnya sebelum kompetisi sesungguhnya bergulir.

Klopp menilai, para pemain kurang konsistesten dan terlalu terburu-buru saat menguasai bola. Timnya jadi sulit berkembang, apalagi MU yang main bertahan menggunakan man marking.

"Saya melihat banyak situasi dan performa bagus dalam beberapa momen, tapi enggak konsisten. Kami terkadang terburu-buru, terkadang bermain (dengan pertahanan) terlalu tinggi," katanya.

"Sedangkan MU bertahan menggunakan man marking, terutama di tengah, kami hilang bola di momen keliru, melepas penguasaan, dan mereka menyelesaikan situasinya,"

"Itulah hal yang jelas harus kami perbaiki. Ini baru awal pramusim, sekarang kami lanjutkan ini," ucap Klopp.


Jalannya Pertandingan

Fred - Manchester United - MU - 12 Juli 2022
Perbesar
Gelandang Manchester United asal Brasil Fred (tengah) merayakan golnya ke gawang Liverpool dalam pertandingan persahabatan pramusim di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Thailand, Selasa (12/7/2022) malam WIB. MU menang 4-0. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Liverpool menguasai jalan laga dan menciptakan sejumlah peluang di awal pertandingan. Salah satunya tendangan Luis Diaz yang memaksa kiper David de Gea bekerja keras.

Namun justru MU yang mencatatkan nama di papan skor. Sancho menaklukkan Alisson Becker usai memanfaatkan bola muntah.

The Reds coba membalas, kembali lewat Diaz. Kali ini tendanngannya masih membentur tiang gawang.

Liverpool harus membayar mahal buruknya penyelesaian akhir. Fred menggandakan keunggulan The Red Devils melalui tendangan lambung Fred. Tiga menit berselang, giliran Martial yang menyarangkan bola di gawang. MU bahkan hampir mencetak gol keempat jika tendangan Diogo Dalot tidak mengenai tiang gawang.

MU dan Liverpool merombak tim dengan kedua pelatih ingin memberi kesempatan seluruh pemain.

Liverpool mendominasi bola, tapi gagal menciptakan peluang berarti dengan MU kesulitan keluar dari tekanan. Klub Merseyside tersebut kemudian memasukkan pilar-pilar utama seperti Virgil van Dijk, Mohamed Salah, hingga striker anyar Darwin Nunez.

Sayang kehadiran mereka tidak berarti banyak. Nunez sempat menguji refleks penjaga gawang pengganti Tom Heaton. Namun justru MU yang memperbesar keunggulan lewat Pellistri.

Liverpool masih mencoba di sisa waktu. Tendangan Salah masih membentur gawang dengan Nunez menyambar bola muntah. Tapi eksekusinya melambung. MU akhirnya sukses mempertahankan clean sheet.

 

Infografis transfer Liverpool - November 2021
Perbesar
Infografis transfer Liverpool. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya