Sukses

Matheus Pato Jadi Top Skor Piala Presiden 2022, Borneo FC Rebut Gelar Juara?

Bomber Borneo FC Matheus Pato menguasai puncak daftar top skor sementara Piala Presiden 2022. Produktivitasnya pun menumbuhkan harapan bagi Pesut Etam.

Liputan6.com, Jakarta - Bomber Borneo FC Matheus Pato menguasai puncak daftar top skor sementara Piala Presiden 2022. Produktivitasnya pun menumbuhkan harapan bagi Pesut Etam.

Borneo FC boleh yakin bisa memenangkan turnamen pramusim ini. Pasalnya, sejarah dan statistik mendukung mereka. 

Penyelenggaraan Piala Presiden menunjukkan top skor selalu datang dari tim juara. Zulham Zamrun melakukannya bersama Persib Bandung pada 2015. Begitu pula Cristian Gonzales (2017) dan Ricky Kayame (2019) untuk Arema FC serta Marko Simic bagi Persija Jakarta (2018).

 

Zulham Zamrun, Cristian Gonzalez, dan Marko Simic berkuasa sendirian di puncak. Sementara Kayame berbagi titel dengan dua nama lain. 

Kini daftar top skor Piala Presiden dikuasai Pato. Pemain berkebangsaan Brasil itu melesakkan tiga gol dalam dua pertemuan semifinal kontra PSS Sleman. Kontribusinya membantu Pesut Etam unggul agregat 6-0 untuk melaju ke final.

Pato juga mencatatkan nama di papan skor saat Borneo FC menyingkirkan PSM Makassar pada perempat final. Torehan tersebut membantunya menyalip bomber PSIS Semarang Carlos Fortes yang sebelumnya seakan tidak tersentuh karena mencetak lima gol di fase grup.

Fortes urung menambah koleksi di perempat final dan leg pertama semifinal. Peluangnya makin tertutup karena terkena cedera sehingga absen pada leg kedua semifinal.

Pato semestinya bisa menjadi top skor Piala Presiden 2022. Pasalnya, dia jauh mengungguli rival. Pesaing terdekat selanjutnya adalah rekan setim Stefano Lilipaly yang tertinggal tiga angka. Sementara pemain tersubur di kubu Arema FC adalah Gian Zola yang baru mendulang dua gol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Top Skor Piala Presiden

Tahun-Top Skor (Klub, Gol)

2015: Zulham Zamrun (Persib Bandung, 6 gol)

2017: Cristian Gonzales (Arema FC, 11 gol)

2018: Marko Simic (Persija Jakarta, 11 gol)

2019: Bruno Matos (Persija Jakarta, 5 gol), Ricky Kayame (Arema FC, 5 gol), Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya Surabaya, 5 gol)

3 dari 3 halaman

Top Skor Piala Presiden 2022

Gol-Pemain (Klub)

7 Gol: Matheus Pato (Borneo FC)

5 Gol: Carlos Fortes (PSIS Semarang)

4 Gol: Stefano Lilipaly (Borneo FC)

3 Gol: Jonathan Cantillana (PSIS Semarang), Rafael Silva (Barito Putera)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.