Sukses

PSSI Resmi Ajukan Protes ke AFF Soal Duel Vietnam Vs Thailand, Iwan Bule: Kami Terluka

Iriawan mengatakan, PSSI akan memberikan surat resmi keberatan kepada AFF paling lambat pada Selasa (12/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - PSSI resmi mengajukan surat protes kepada AFF terkait pertandingan terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam melawan Thailand.

Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Hasil itu sekaligus membuyarkan harapan Timnas Indonesia U-19 lolos ke babak semifinal. Meski menang dengan skor 5-1 atas Myanmar, Indonesia hanya finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

Timnas Indonesia U-19, Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin dari lima pertandingan. Namun, Indonesia kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Penyebabnya, Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Vietnam dan Thailand.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, pihaknya memahami dan menyadari regulasi Piala AFF U-19 2022 yang membuat Tim U-19 gagal melaju ke semifinal.

“Namun, PSSI juga melihat saat laga antara Thailand dan Vietnam ada sesuatu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya (fairplay)," kata Iriawan seusai memimpin rapat di PT LIB, Jakarta, Senin (11/7/2022)

"Apakah pantas sebuah negara besar seperti itu melakukan hal itu. PSSI tidak menuduh, tetapi kita hanya mempertanyakan,” sambungnya.

Iriawan mengatakan, PSSI akan memberikan surat resmi keberatan kepada AFF paling lambat pada Selasa (12/7/2022).

Sebelum memutuskan hal itu, Iriawan mengungkapkan bahwa PSSI sudah mengkaji hasil pertandingan antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19.

"Kami hanya ingin memastikan bertanya kepada AFF atau protes apakah itu fair play atau tidak," kata Iriawan.

"Itu akan menjadi acuan bagi kami itu nanti. Kalau itu fair play , nanti kami akan lakukan begitu juga mungkin suatu saat," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kejanggalan Laga Vietnam vs Thailand

Iriawan menambahkan PSSI tidak ada masalah soal regulasi AFF ini. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami hal itu.

Akan, tetapi, PSSI melihat dalam 27 menit terakhir laga Thailand dan Vietnam ada kejanggalan. Khususnya saat kedudukan 1-1.

Ini bisa dilihat saat kedua tim hanya memainkan bola di garis belakang dan tidak berniat untuk menyerang.

‘’Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) mainnya benar, saya tidak masalah. Ini terlihat mereka main-main. Ini yang membuat kami terluka. Itu sebabnya saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF agar mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF," ucapnya.

"Apakah ada match fixing atau tidak. Kalau tidak terbukti ya tidak masalah. Saat ini banyak nitizen yang meminta Indonesia keluar dari AFF karena mereka menganggap ada permainan,’’ imbuh Iriawan.

3 dari 5 halaman

Nasib Shin Tae-yong

Di sisi lain, Iriawan sebelumnya sudah memastikan bahwa posisi pelatih Shin Tae-yong tetap aman meski Timnas U-19 gagal ke semifinal.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, timnas U-19 menunjukkan performa bagus di Piala AFF U-19 2022.

Dari lima laga, Indonesia tidak pernah kalah dan meraup tiga kekalahan. Skuad berjuluk Garuda Nusantara juga menjadi skuad tersubur turnamen dengan membuat total 17 gol dan hanya kebobolan lima gol.

"Shin Tae-yong masih terus melatih karena kami melihat perkembangan anak-anak luar biasa," ujar Iriawan.

"Di luar dugaan, ketika pemain cadangan dimainkan, ternyata kualitasnya hampir sama dengan pemain inti. Berarti Shin betul-betul mempunyai talenta luar biasa," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Tersinggung

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengklaim Vietnam dan Thailand takut dengan timnya sehingga tidak menjunjung azas fair play di Piala AFF U-19 2022.

Shin Tae-yong menyayangkan hasil imbang antara Vietnam kontra Thailand pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Hasil itu menyebabkan kemenangan Timnas U-19 atas Myanmar 5-1 di Stadion Patriot, Bekasi, menjadi sia-sia. Meski menang besar, Indonesia dipastikan tidak lolos ke semifinal. Vietnam, Thailand dan Indonesia sama-sama mengemas 11 poin dari lima pertandingan.

Namun, Indonesia tidak lolos karena kalah head to head dari klasemen kecil bersama Vietnam dan Thailand. Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Vietnam dan Thailand. Sedangkan Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol (1-1).

Shin Tae-yong pun menduga, Vietnam dan Thailand sengaja menghindari Timnas Indonesia U-19 dari Piala AFF. Ia menganggap kedua rival tersebut takut dengan Skuad Garuda Muda yang terus berkembang.

"Harusnya pesaing kami juga lakukan laga yang fair play, tetapi nyatanya tidak seperti itu, Thailand dan Vietnam takut dengan Indonesia. Saya sedikit tersinggung dan tak senang dengan situasi ini," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Artinya Thailand dan Vietnam sudah merasakan sepakbola Indonesia makin baik, sehingga mereka buat hasil seperti itu," sambung pelatih asal Korea Selatan tersebut.

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup A

Peringkat-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1. Vietnam 5 3 2 0 12-3 11

2. Thailand 5 3 2 0 7-1 11

3. Indonesia 5 3 2 0 17-2 11

4. Myanmar 5 2 0 2 12-12 6

5. Filipina 5 1 0 4 8-13 3

6. Brunei 5 0 0 4 0-25 0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.