Sukses

Agar Tak Pindah, Barcelona Perpanjang Kontrak Pemain Incaran Manchester United

Penyerang sayap Prancis Ousmane Dembele dikabarkan telah menyepakati proposal perpanjangan kontrak dengan Barcelona. Perpanjangan kontrak Dembele kini tinggal menunggu jawaban klub.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ousmane Dembele jadi salah satu incaran dari manajer baru Manchester United (MU) Erik Ten Hag musim ini. Pemain berusia 25 tahun ini diplot untuk mengisi pos sayang kanan di Setan Merah musim depan.

Kontrak Dembele dengan raksasa Catalan itu sejatinya telah berakhir pada 30 Juni 2022. Eks penggawa Rennes itu kini telah menyandang status sebagai free agent. Kendati demikian, Barca masih membuka peluang bagi Dembele untuk kembali merumput di Spanyol.

Kabar terbaru dari harian Spanyol, Marca, Minggu (10/7/2022), Barcelona dikabarkan sudah menawarkan tawaran terbaru bagi Dembele. Gayung bersambut, Dembele dikabarkan telah menyepakati proposal perpanjangan kontrak dengan Barcelona.

Perpanjangan kontrak Dembele kini tinggal menunggu jawaban pihak klub. Hal ini tentu membuat MU sebagai salah satu tim peminat Dembele harus mundur teratur.

Negosiasi perpanjangan kontrak Dembele dikabarkan sudah berlangsung selama satu tahun lamanya. Hal tersebut lantaran nilai gaji pemain yang tak kunjung menemui titik temu antara kedua pihak.

Proposal kontrak baru yang diajukan Barcelona tak memenuhi keinginan sang pemain. Krisis finansial yang terjadi membuat Barca tak mampu memenuhi keinginan gaji Dembele.

The Blaugrana sebenarnya ingin mempertahankan mantan pemain Borussia Dortmund tersebut. Sang pelatih, Xavi Hernandez bahkan tak sungkan memuji winger kidal tersebut.

Xavi menyebutkan Dembele memiliki kemampuan untuk menjadi pemain sayap terbaik. Dembele pun masuk dalam rencana Xavi untuk musim depan, terlepas dari negosiasi yang alot.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Harga Mahal tapi Sering Cedera

Dembele pertama kali merumput bersama Barcelona pada 2017, usai menuntaskan kepindahan senilai 135,5 juta poundsterling dari Borussia Dortmund.

Sayangnya, kontribusi sang pemain tak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan Barcelona. Dembele lebih sering mengalami cedera, sehingga gagal menampilkan performa maksimal selama berkarier di raksasa La Liga.

Walau negosiasi perpanjangan kontrak dengan Barcelona sebelumnya tak berjalan mulus, Dembele masih diberi waktu untuk menetap di Katalunya. Ia bisa lanjut mengenakan seragam The Blaugrana, dengan catatan sang pemain rela menerima pemotongan gaji hingga 40 persen.

Sport menyebut Dembele memang merupakan salah satu penggawa Barcelona dengan gaji tertinggi. Oleh karena itu, Barca berupaya menyesuaikan bayaran sang pemain dengan situasi keuangan mereka di Camp Nou. Adapun Dembele nantinya akan berada di level yang hampir sama dengan Ansu Fati.

3 dari 5 halaman

Tak Hanya MU, Chelsea juga Mengincar Sang Pemain

Sebagai informasi, Ousmane Dembele sempat dikaitkan dengan kepindahan ke sejumlah klub lain. Liverpool, Paris Saint-Germain, hingga Chelsea digadang-gadang bakal menjadi calon pelabuhan baru bagi Dembele, usai berpisah dengan Barcelona pada musim panas ini.

Laporan Mundo Deportivo pada akhir Mei lalu bahkan menyebut Chelsea sudah dekat dengan penandatanganan Dembele. Sang raksasa Liga Inggris diprediksi bakal memboyong pemain internasional Prancis ke Stamford Bridge dengan status bebas transfer.

Kepindahan menuju London Barat sejatinya bakal menjadi hal yang menarik buat Dembele. Pasalnya, ia akan mendapat kesempatan untuk reuni dengan Thomas Tuchel yang pernah menjadi juru taktiknya kala berkarier di Borussia Dortmund.

Akan tetapi, Dembele justru membuat pernyataan mengejutkan pada pertengahan Juni. Pesepak bola berusia 25 tahun tersebut mengaku dirinya akan bertahan di Barcelona, ketika seorang fans bertanya soal masa depannya bersama sang raksasa Catalan.

4 dari 5 halaman

Pilih Dembele atau Raphinha, Barca?

Raphinha sempat dikabarkan dekat dengan kepindahan ke Stamford Bridge. Akan tetapi, laporan terbaru mengeklaim pemain Leeds United enggan hijrah ke Chelsea. Ia lebih memilih bertahan di Elland Road selama enam bulan lagi, sembari menunggu kesempatan untuk bergabung dengan Barcelona.

Selaras dengan hal ini, Marca juga menilai Barcelona punya peluang besar untuk memenangkan perburuan tanda tangan Raphinha. Blaugrana bahkan telah meyakinkan sang pemain dan agennya agar tidak langsung menerima tawaran Chelsea, serta memberi ruang bagi pihak klub untuk bermanuver. 

5 dari 5 halaman

Chelsea Patah Hati

Keputusan Dembele untuk melanjutkan karier di Camp Nou tak pelak bakal menjadi pukulan besar bagi Chelsea. Pasalnya, klub yang finis di peringkat tiga klasemen Liga Inggris 2021/2022 itu sangat ingin menambah opsi di lini serang mereka jelang kompetisi musim depan.

Daily Express menyebut Thomas Tuchel masih belum puas dengan hasil yang diraih skuadnya saat ini. Oleh karena itu, pelatih asal Jerman berupaya memboyong bala bantuan baru melalui jendela transfer musim panas.

Sejumlah pemain, mulai dari Raphinha hingga Raheem Sterling, sebelumnya juga telah dikaitkan dengan The Blues. Akan tetapi, belum satu pun transfer di antaranya yang berhasil dituntaskan oleh klub besutan Thomas Tuchel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.