Hasil Malaysia Masters 2022: Kalahkan Ng Ka Long Angus, Chico Aura Dwi Wardoyo Raih Gelar Juara Tunggal Putra

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 10 Jul 2022, 14:36 WIB
Diperbarui 10 Jul 2022, 16:35 WIB
Chico Aura Dwi Wardoyo - Malaysia Masters 2022 - 9 Juli-1
Perbesar
Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo akan menghadapi Ng Ka Long Angus dalam final tunggal putra Malaysia Masters 2022. Pertandingan ini berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu, 10 Juli. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo keluar sebagai juara sektor tunggal putra Malaysia Masters 2022. Hasil ini diraih usai Chico mengalahkan wakil Hongkong, Ng Ka Long Angus, di babak final.

Tampil di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada Minggu (10/7/2022), tunggal putra Tanah Air harus melakoni pertarungan straight game 22–20 dan 21–15 dalam durasi waktu 45 menit.

Chico di atas kertas sejatinya masih tertinggal dibanding Ng Ka Long Angus. Pebulu tangkis asal Hong Kong itu merupakan pemain senior yang berstatus sebagai unggulan kedelapan dalam turnamen level BWF Super 500 ini.

Rekor pertemuan juga tak memihak pada penggawa Merah Putih. Dari total dua perjumpaan terakhir Chico dengan Ng Ka Long Angus, seluruhnya dimenangkan oleh tunggal putra penghuni peringkat 13 dunia tersebut.

Kendati demikian, Chico mampu tampil bersaing kala menghadapi lawannya. Ia tak ragu meladeni rally-rally panjang yang diperlihatkan Ng Ka Long Angus sejak awal game pembuka. Chico mampu memimpin dengan 8–4 di awal permainan.

Akan tetapi, angin segar mulai bertiup bagi kubu Ng Ka Long Angus jelang interval. Ia sempat mencoba memperkecil ketertinggalan, sebelum momentum kembali diputus oleh Chico. Wakil Indonesia unggul sementara 11–8 di interval set pertama.

Ng Ka Long Angus menyamakan kedudukan menjadi 11–11 selepas jeda. Kedua pemain pun mulai terlibat drama kejar-kejaran skor. Angka kembar masih terus tercipta hingga poin-poin kritis. Chico baru berhasil mengunci kemenangan di kedudukan 22–20.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Game Kedua

Foto: Indonesia Sumbangkan Empat Wakil di Tiga Sektor Final Malaysia Masters 2022, Ganda Putra Berjaya
Perbesar
Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi wakil Indonesia pertama yang sukses melaju ke partai final Malaysia Masters 2022. Ia sukses mengalahkan wakil China, Lu Guang Zu lewat rubber game. Chico kalah di gim pertama dengan skor 20-22. Namun, pemuda 24 tahun tersebut mampu menyamakan kedudukan di gim kedua dengan skor 23-21 dan berbalik menang di gim ketiga dengan skor 21-19. (AP/Kien Hou)

Awal game kedua berjalan cukup alot. Kedua pemain sering kali hanya berselisih satu angka. Chico dan Ng Ka Long Angus terus mencoba mengejar perolehan skor satu sama lain. Tunggal putra bulu tangkis Indonesia pun hanya unggul satu poin di interval game kedua.

Chico melesat dengan 15–10 pascajeda. Unforced errors yang dilakukan Ng Ka Long Angus menambah perolehan poin bagi wakil Indonesia. Momentum sempat terputus ketika pengembalian Chico menyangkut di net. Namun, pebulu tangkis berusia 24 tahun itu kembali mendapat tambahan dua angka beruntun, sehingga kedudukan menjadi 17–11.

Perolehan angka wakil Indonesia makin tak terbendung. Chico Aura Dwi Wardoyo mendapat kesempatan match point di kedudukan 20–12. Situasi kembali menegangkan usai Ng Ka Long Angus meraih tiga poin berturut-turut. Chico akhirnya sukses menuntkaskan perlawanan Ng Ka Long Angus dengan skor akhir 21–15.


Babak Sebelumnya

Chico Aura Dwi Wardoyo - Malaysia Masters 2022 - 8 Juli
Perbesar
Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo lolos ke semifinal Malaysia Masters 2022 setelah mengalahkan seniornya Anthony Sinisuka Ginting rubber game 11-21, 21-16, dan 21-17 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (8/7). (foto: PBSI)

Perjuangan Chico di Malaysia Masters 2022 memang patut diapresiasi. Ia selalu melakoni pertarungan berat tiga set sebelum memastikan langkah ke partai puncak.

Di babak pertama, Chico harus bersua dengan wakil Hong Kong lain, Lee Cheuk Yiu. Tunggal putra asal Indonesia meraih kemenangan lewat drama rubber game 21–16, 17–21, dan 21–19.

Skenario serupa terjadi kala Chico melakoni pertandingan babak kedua. Pemain kelahiran 1998 ini baru berhasil merebut tiket menuju fase delapan besar, usai bermain tiga set dengan Kantaphon Wangcharoen.

Di perempat final, Chico mau tak mau harus melawan senior sekaligus rekan senegaranya, Anthony Sinisuka Ginting. Kalah 11–21 di game pertama, Chico mampu unggul 21–16 dan 21–17 di dua set berikutnya.

Laga semifinal pun menjadi salah satu pertandingan paling menguras energi bagi Chico. Berhadapan dengan wakil Tiongkok Lu Guang Zu, tunggal putra peringkat 45 dunia menang tipis dengan skor akhir 20–22, 23–21, dan 21–19.


Wakil Lain

Selain Chico Aura Dwi Wardoyo, Indonesia masih memiliki tiga wakil lain yang bertarung di babak final Malaysia Masters 2022.

Ganda campuran muda Tanah Air Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari dijadwalkan bersua dengan unggulan kedua asal Tiongkok, Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong.

Sementara itu, di sektor ganda putra, Indonesia telah memastikan satu gelar juara dan satu runner-up lantaran dua wakilnya–Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan–bertemu di partai puncak.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya