Sukses

Venue Piala Dunia Basket 2023 Bernama Indonesia Arena, Rampung Lebih Awal

Stadion Indoor yang akan menggelar FIBA World Cup 2023 diberi nama Indonesia Arena.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia akhirnya akan memiliki stadion indoor bertaraf internasional. Bertempat di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, saat ini sedang dibangun venue baru untuk menggelar Piala Dunia Basket 2023.

Venue ini nantinya bisa dipakai untuk berbagai kegiatan olahraga dalam ruangan lain tak hanya bola basket. Bulu tangkis, hoki, hingga futsal bisa digelar disana. Tak hanya itu konser musik juga dapat dilangsungkan. 

"Ini merupakan arena multifungsi tidak hanya untuk olahraga saja. Tapi bisa juga untuk konser musik. Kapasitasnya bisa mencapai 16.000 penonton," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimulyono saat meninjau persiapan venue FIBA World Cup 2023 pada Jumat (8/7/2022) sore WIB.

Saat meninjau stadion indoor baru ini, Basuki didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menpora Zainudin Amali. Ketiganya melihat-lihat proses pembangun secara langsung.

Persiapan pembangunan venue FIBA World Cup 2023 berjalan sangat lancar. Saat ini pembangun sudah berjalan 32 persen. Proses pembangunan ternyata berjalan lebih cepat dari rencana awal.

"Rencana awal venue multifungsi ini akan selesai Maret 2023. Tapi kita dengan progres yang baik ini mudah-mudahan Desember sudah bisa," papar Basuki kepada awak media. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangga

Erick Thohir begitu bangga melihat perkembangan pembangunan venue Piala Dunia Basket 2023 ini. Perjuangan insan basket sejak lama akhirnya diwujudkan Presiden Joko Widodo. 

"Ini adalah mimpi yang terlaksana. Cita-cita lama masyarakat Indonesia baik komunitas basket dan olahraga tertutup lainnya. Ini berkat dukungan dan arahan presiden bahwa sudah selayaknya Indonesia punya lapangan olahraga tertutup yang setara dengan negara Asia Tenggara seperti Singapura dan Filipina," ujar Erick Thohir. 

3 dari 3 halaman

Nama

Dalam peninjauan ini, Menpora juga memberikan bocoran mengenai nama venue Piala Dunia Basket 2023 yaitu Indonesia Arena. 

"Ini arena untuk Indonesia. Namanya Indonesia Arena. Agar kita semua bisa menjaganya bersama-sama karena ini untuk Indonesia," papar Menpora Zainudin Amali. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.