Hasil Malaysia Masters 2022: Kalahkan Akane Lagi, Gregoria Mariska Tunjung Tembus ke Semifinal

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 08 Jul 2022, 16:48 WIB
Diperbarui 08 Jul 2022, 16:48 WIB
Gregoria Mariska Tunjung - Malaysia Open 2022 - 30 Juni
Perbesar
Gregoria Mariska Tunjung kembali membuat kejutan dengan mengalahkan Akane Yamaguchi untuk kedua kali berturut-turut dalam perempat final Malaysia Masters 2022, Jumat (8/7). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Gregoria Mariska Tunjung sukses melaju ke semifinal. Tiket tersebut diraih setelah tunggal putri bulu tangkis Indonesia itu melakoni pertarungan sengit tiga game pada perempat final Malaysia Masters 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (8/7) sore WIB.

Di babak delapan besar Malaysia Masters, pebulu tangkis peringkat 31 dunia itu menghadapi dengan unggulan pertama Akane Yamaguchi. Meski tertinggal dari segi peringkat, Gregoria sudah pernah menumbangkan wakil dari Jepang itu.

Pebulu tangkis kelahiran 1999 menang dua game langsung 21–14 dan 21–14 kala menghadapi Akane Yamaguchi di babak pertama Malaysia Open 2022 pekan lalu. Capaian itu menjadi bekal bagi wakil Indonesia di turnamen kali ini.

Gregoria memulai permainan dengan cukup baik. Ia sempat memimpin perolehan poin dengan 3–0 di awal game pertama. Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu terus melesat hingga menutup interval lewat keunggulan 11–6.

Akane mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan setelah interval. Ia sanggup meraih enam poin beruntun, hingga berbalik memimpin dengan 12–11. Tren ini baru terputus kala pengembalian wakil Jepang menyangkut di net.

Gregoria kembali unggul dengan 15–12. Tapi, Akane dengan cepat mengejar hingga keduanya hanya berselisih satu poin.

Gregoria mencoba mempertahankan keunggulan satu angka yang dimilikinya. Tetapi, Akane sanggup menyamakan skor, lalu berbalik memimpin dengan 20–19.

Gregoria memaksa deuce setelah merebut angka ke-20. Skor kembar kembali terjadi di kedudukan 21–21 dan 22–22. Tunggal putri andalan Indonesia akhirnya merebut gim pertama dengan skor 25–23.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Game Kedua dan Ketiga

Gregoria Mariska Tunjung
Perbesar
Gregoria Mariska Tunjung sudah pernah mengalahkan Akane Yamaguchi pada babak pertama Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (28/6/2022). (PBSI).

Pertandingan set kedua berjalan cukup alot. Kedua pemain terlibat drama kejar-kejaran skor sejak awal laga. Akane Yamaguchi meraih tiga poin beruntun usai kedudukan 5–5. Gregoria Mariska sempat mencoba memperkecil ketertinggalan. Wakil Jepang unggul dua angka dengan 11–9 jelang interval.

Tunggal putri Indonesia kerap melakukan unforced errors selepas jeda. Ia tertinggal lima angka di kedudukan 9-14. Gregoria berupaya mengejar perolehan poin penggawa Jepang. Namun, Akane Yamaguchi mengamankan game kedua dengan 21–15.

Angin segar kembali bertiup bagi kubu Indonesia di awal set penentu. Gregoria memimpin perolehan poin dengan 6–0. Akane Yamaguchi dibuat pontang-panting mengejar bola. Interval game ketiga pun direbut wakil Indonesia dengan skor 11–5.

Meski pindah lapangan, tren positif Gregoria terus berlanjut. Ia meraih dua angka beruntun, sehingga kedudukan menjadi 13–5. Yamaguchi tak tinggal diam. Ia balas mendapat tambahan dua angka, sebelum perolehan poinnya diputus wakil Indonesia.

Gregoria memimpin dengan 16–8, tetapi dua unforced errors yang dilakukannya membuat kedudukan berubah menjadi 16–10. Setelah itu, Gregoria mendapat tambahan empat angka. Match point opportunity berada di tangan wakil Indonesia. Pebulu tangkis Tanah Air akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor akhir 21–10.


Wakil Lain

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Perbesar
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Malaysia Masters 2022. (PBSI)

Di samping Gregoria Mariska Tunjung, Indonesia masih memiliki lima wakil lain yang bertarung di perempat final Malaysia Masters 2022. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramdhanti dijadwalkan bersua dengan wakil tuan rumah Tan Pearly/Thinaah Muralitharan.

Duo ganda putra andalan Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga akan menghadapi lawan dari China Taipei dan Malaysia.

Sementara itu, perang saudara terjadi di sektor tunggal putra. Chico Aura Dwi Wardoyo dan Anthony Sinisuka Ginting terpaksa saling sikut demi merebut tiket ke fase empat besar.


Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas
Perbesar
Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (PBSI)

Sebagai informasi, satu-satunya wakil Indonesia di nomor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, juga sukses merebut tiket ke fase empat besar Malaysia Masters 2022.

Hasil ini diraih usai Rinov/Pitha menumbangkan pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek lewat dua game langsung 21–14 dan 21–18 dalam pertarungan yang dihelat di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (8/7/2022) siang WIB.

Adapun Rinov/Pitha selanjutnya akan menghadapi pemenang dari laga Yuta Watanabe/Arisa Higashino melawan Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran.

Infografis bulu tangkis
Perbesar
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya