Sukses

Pecinta Sepeda di Makassar Gencarkan One Day Cycling

Komunitas sepeda tumbuh subur selama pandemi virus corona Covid-19. Oljen CC salah satunya yang eksis di Sulawesi.

Liputan6.com, Jakarta- Olahraga sepeda begitu digandrungi selama pandemi virus corona Covid-19. Tak hanya di pulau Jawa saja, komunitas sepeda tumbuh subur di berbagai daerah lain. Di Makassar contohnya ada komunitas sepeda road bike Oljen CC Makassar. 

Oljen CC Makassar baru saja genap merayakan 1 tahun berdiri. Komunitas ini bermula dari segelintir orang yang senang bersepeda jenis road bike mengelilingi Kota Makassar dan lanjut berkumpul bersama di kedai kopi, lantas tercetuslah ide untuk membentuk komunitas sepeda road bike Oljen CC yang kini beranggotakan 175 member aktif.

Kegemaran mengayuh sepeda road bike One Day Cycling (menempuh perjalanan satu hari) adalah ciri khas mereka. Hingga memasuki satu tahun ini sejumlah rute perjalanan telah habis dilahap para anggotanya, seperti touring ke Bira, Bone, Parepare, Pinrang, bahkan gowes sampai ke Bali pun telah mereka lakukan.

Tidak hanya berkutat dengan kegemaran bersepeda saja, Oljen CC pun juga terpanggil dalam melalukan kegiatan bakti sosial dan donor darah yang mereka gelar setiap 3 bulan.

"Oljen CC baru saja merayakan ulang tahunnya yang pertama. Kita bentuk Oljen CC karena memiliki kesamaan hobby dan satu visi. Harapannya semua anggota tidak hanya ingin hidup sehat saja, tapi kami juga ingin memberikan sumbangsih kepada sesama masyarakat sekitar kita yang kurang mampu melalui kegiatan bakti sosial. Kami pun juga ingin membantu pemerintah daerah Sulawesi Selatan menyebarkan pariwisata disini lewat postingan media social para anggota kami saat kami melakukan kegiatan touring ke berbagai kota di Sulawesi Selatan," ujar Halim Suidra salah satu penggerak sekaligus Ketua Oljen CC, di Makassar, Selasa (5/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunitas

Keseriusan membesarkan komunitas sepeda Oljen CC juga dilakukan dengan semangat kekeluargaan. Mulai dari melakukan kegiatan bersama seperti launching jersey, aksi donor darah, memberikan bantuan sembako, berkunjung ke berbagai panti adalah rangkaian kegiatan yang tidak dilakukan dengan paksaan atau secara pribadi,

Namun semua itu dilakukan secara gotong-royong para anggotanya. Hal yang sama pun juga dilakukan saat menentukan rute touring ke berbagai wilayah dengan persiapan yang matang dan terencana.

"Di sini tidak ada pengkotak-kotakan. Mau dari suku apa, agama apa, status sosial dan pekerjaan yang berbeda boleh bergabung bersama kami. Syarat bergabung di komunitas ini adalah menghormati peraturan yang di buat bersama. Setiap kegiatan touring dan juga kegiatan sosial pun juga tidak dipatok biaya. Jika ada anggota kami yang mempunyai rejeki lebih, biasanya mereka juga secara sukarela membantu persiapan touring. Sama halnya dengan kegiatan sosial. Prinsipnya tidak hanya ingin hidup sehat, tapi bagaimana Oljen CC juga bisa bermanfaat disekitar kita," kata H.M. Syahrir, salah satu Pembina Oljen CC.

 

3 dari 3 halaman

Latihan

Untuk menjaga performa dalam kegiatan touring, para anggota Oljen CC kerap menggelar latihan rutin bersama, seperti bersepeda dengan jarak 30-40 km dan 60-100 km setiap minggunya. Anggota yang baru bergabung dengan level pemula, mereka juga diajarkan teknik mengayuh dengan kecepatan tinggi secara bertahap dan bagaimana bersepeda yang aman serta tidak lupa mengajarkan kepada anggotanya untuk cek tekanan darah sebelum memulai road bike dengan rute yang panjang.

"Keselamatan adalah hal wajib yang harus kita perhatikan sebelum melaksanakan kegiatan road bike. Kami masih mempunyai mimpi menjelajahi berbagai Kota di Sulawesi Selatan dan bahkan bisa touring ke luar wilayah Sulawesi Selatan lainnya. Oljen CC juga berharap bisa bersinergi dengan instansi pemerintah daerah menggelar berbagai event road bike di Sulawesi Selatan dan turut menyebarkan virus pariwisata di Sulawesi Selatan, agar para wisatawan khusus pecinta sepeda, apapun jenisnya untuk berwisata sekaligus bersepeda di sini. Semoga Oljen CC juga bisa menyebarkan virus bersepeda di Kota Makassar maupun di seluruh wilayah Sulsel ," pungkas Halim Suidra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.