Chelsea Sepakat Kontrak Raheem Sterling dari Manchester City

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 07 Jul 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 14:30 WIB
FOTO: Gol Tunggal Hakim Ziyech Loloskan Chelsea ke Final Piala FA - Raheem Sterling; Jorginho
Perbesar
Gelandang Manchester City, Raheem Sterling (kanan) berebut bola dengan gelandang Chelsea, Jorginho dalam laga semifinal Piala FA 2020/2021 di Wembley Stadium, London, Sabtu (17/4/2021). (AFP/Adam Davy/Pool)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea selangkah lagi bakal memboyong Raheem Sterling ke Stamford Bridge. Pemain Manchester City itu kabarnya telah menyetujui kontrak yang bakal membuatnya meraup 300.000 poundsterling per pekan dari The Blues.

Angka tersebut menjadikan Sterling berada di depan N’Golo Kante dalam jajaran pemain dengan bayaran termahal di Stamford Bridge. The Telegraph mengeklaim The Blues selanjutnya harus membayar 45 juta poundsterling, atau setara dengan kurang lebih Rp803 miliar, kepada City sebagai mahar kepergian pemain internasional Inggris.

Kesepakatan antara Chelsea dan Manchester City akan diselesaikan dalam waktu dekat. The Blues berharap Sterling bisa ikut berangkat bersama rekan-rekan setim barunya menuju Los Angeles, untuk mengawali tur pramusim mereka pada Sabtu depan.

Adapun Sterling sejatinya masih terikat kontrak di London Barat hingga Juni 2023. Akan tetapi, eks penggawa Liverpool itu telah lama dikaitkan dengan pintu keluar Etihad. Ia menyatakan niatnya untuk hengkang dari sang juara Liga Inggris pada Mei lalu. Pemain berusia 27 tahun tersebut ingin mendapat lebih banyak waktu bermain jelang Piala Dunia Qatar 2022.

Juru taktik The Citizens Pep Guardiola pun menegaskan dirinya tak akan menahan pemain yang ingin pergi dari Etihad. Alhasil, para petinggi Manchester City juga disebut tak mencegah kepindahan Sterling di bursa transfer musim panas tahun ini.

Kebetulan jasa Sterling sangat diminati oleh The Blues. Manajer Thomas Tuchel dilaporkan amat tertarik dengan pemain kelahiran 1994 itu. Tuchel menilai Sterling bakal cocok dengan rencananya di Stamford Bridge. Sang pemain juga kabarnya terkesan dengan rancangan yang dibuat calon pelatih barunya.


Skenario Hengkang

Manchester City vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris
Perbesar
Penyerang Manchester City Raheem Sterling berebut bola dengan bek Tottenham Hotspur Emerson Royal pada pekan ke-26 Liga Inggris di Etihad stadium, Minggu (20/2/2022) dinihari WIB. (AP Photo/Jon Super)

Skenario hengkang dari Manchester City sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi Sterling. Pemain berusia 27 tahun itu sebelumnya sudah terang-terangan membuka diri pada tawaran bermain di luar Inggris. Real Madrid dinilai sebagai salah satu pelabuhan ideal bagi Sterling.

“Kalau ada peluang untuk pergi ke tempat lain, saya akan terbuka untuk itu. Saya harus belajar bahasa. Saya agak tertarik dengan aksen Prancis dan Spanyol,” kata Sterling kepada Business of Sport US Summit, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Meski ingin merumput di Bernabeu, Sterling tak menutup kemungkinan pada potensi transfer ke Chelsea, asal The Blues mampu memenuhi syarat darinya. Laporan menyebut Sterling ingin mendapat jaminan bahwa ia bakal menjadi bagian dalam rencana The Blues musim depan. Hal ini nampaknya mampu diwujudkan oleh Thomas Tuchel.


Sterling di Manchester City

Foto: 5 Top Assist Liga Inggris yang Masih Berstatus Sebagai Pemain Aktif
Perbesar
Raheem Sterling memiliki koleksi 72 assist dalam 298 laga di Liga Inggris. Sebelum bermain di Manchester City, Sterling telah menorehkan 21 assist bersama Liverpool. Penyerang berkebangsaan Inggris tersebut juga memiliki catatan gol yang impresif di Liga Inggris, yaitu 97 kali. (AFP/Lindsey Parnaby)

Sebagai informasi, Sterling pertama kali tiba di Manchester City pada 2015. Ia hijrah ke Etihad usai menuntaskan transfer senilai 49 juta poundsterling dari Liverpool. Selama berseragam City, Sterling telah mencetak 131 gol dalam 339 pertandingan.

Ia juga sukses mengantar The Citizens meraih empat gelar Liga Premier dan lima piala domestik. Di level internasional, penampilan Sterling pun cukup moncer. Ia tercatat telah tampil di 77 pertandingan bersama Timnas Inggris.

Kendati demikian, pesepak bola berusia 27 tahun itu masih menanti kesempatan untuk menjadi sosok sentral dalam tim yang dibelanya. Kesempatan tersebut mungkin bisa diperoleh kala Sterling bergabung dengan Chelsea.

Klub yang finis di peringkat tiga klasemen Liga Inggris itu diketahui telah berpisah dengan striker Belgia Romelu Lukaku. Sang pemain dipulangkan ke Inter Milan dengan status pinjaman usai gagal memenuhi ekspektasi Chelsea sepanjang musim lalu.


Bek Baru

Chelsea selanjutnya ingin menindaklanjuti kedatangan Sterling dengan mengontrak dua bek baru dalam jendela transfer. Klub yang finis di peringkat tiga klasemen Liga Inggris 2021/2022 itu telah melakukan pembicaraan dengan Juventus terkait kepindahan Matthijs de Ligt.

The Blues sebelumnya sempat mengajukan tawaran 40 juta euro ditambah Timo Werner atau Christian Pulisic kepada Juventus. Akan tetapi, upaya itu tak disambut baik oleh Si Nyonya Tua.

Demi menambah daya saingnya, Chelsea kini rela menggandakan penawaran untuk bek tengah asal Belanda. The Blues kabarnya sudah menyodorkan 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun sebagai mahar kepergian sang pemain dari Turin.

Hasrat Chelsea memboyong De Ligt tak lepas dari menipisnya stok pemain di lini belakang. The Blues diketahui baru saja kehilangan dua bek tengah, Antonio Rudiger dan Andreas Christensen, lantaran keduanya enggan memperpanjang masa tinggal di Stamford Bridge.

Adapun De Ligt memiliki klausul pelepasan senilai 120 juta euro. Juventus berharap klub yang meminati jasa sang pemain mampu mengajukan nilai yang tidak jauh dari angka tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya