PSS Sleman Berbekal Dukungan Langsung Suporter, Borneo Didoakan Sesama Penumpang Pesawat

Oleh Jefry Hutabarat pada 07 Jul 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 13:36 WIB
Piala Presiden 2022 - Ilustrasi Logo Piala Presiden 2022
Perbesar
Piala Presiden 2022 - Ilustrasi Logo Piala Presiden 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan semifinal leg pertama turnamen pra musim Piala Presiden 2022 antara PSS Sleman menghadapi Borneo FC akan dihelat di stadion Maguwoharjo, Sleman. Laga yang digelar pada Kamis (7 Juli 2022) pukul 20.30 itu akan dihadiri oleh sekitar 20 ribuan penonton. Semua tiket tersebut saat ini sudah habis terjual.

"Alhamdulillah puji Tuhan tiket pertandingan leg 1 semifinal PSS melawan Borneo FC sudah habis terjual. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung PSS yang telah membeli tiket," ujar ketua panitia pelaksana, Rangga Rudwino di Omah PSS, Sleman, seperti yang dikutip dari laman resmi klub, Rabu (6/7/2022).

Rangga, sapaan akrabnya juga menambahkan dengan tiket yang terjual habis menunjukkan antusiasme dari seluruh pendukung PSS untuk mendukung Super Elang Jawa.

"Ini menunjukkan betapa besar antusiasme pendukung PSS untuk hadir dan mendukung tim kebanggaannya berlaga. Ini juga menjadi semangat bagi para penggawa untuk menjalani laga besok," tuturnya.

Total tiket yg dijual online maupun offline saat ini sudah habis terjual dalam waktu singkat untuk laga semifinal leg 1 Piala Presiden 2022 ini.

"Harapannya dengan dijalankannya pembelian online ini bisa mempermudah teman-teman suporter untuk memesan tiket dan tidak perlu lagi memakai gelang dan hanya melalui scan barcode saja," urainya.

PSS Sleman maju ke babak semifinal Piala Presiden 2022 setelah bermain imbang atas Persib Bandung dengan skor 1-1, kemudian saat adu penalti anak asuh Seto Nurdiantoro menang dramatis.

Sementara itu, Borneo FC tak perlu melewati drama adu penalti di babak perempat final. Mereka tampil apik dan sangat percaya diri.

Tiket semifinal Piala Presiden 2022 berhasil digenggam oleh Pesut Etam usai melibas PSM Makassar dengan skor akhir 2-1. Kini, PSS Sleman dan Borneo FC siap berduel habis-habisan, memperebutkan tiket final Piala Presiden 2022, dan satu langkah menuju juara di ajang pramusim.

Bagaimana kondisi kedua tim saat ini? Berikut ini ulasannya yang dirangkum oleh tim Liputan6.com

 

 


Saling Memuji Antar Kedua Pelatih

Seto Nurdiyantoro - PSS Sleman
Perbesar
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro.

Pelatih kepala PSS, Seto Nurdiyantoro menyebutkan ada sedikit kendala kepada para pemainnya usai pertandingan menghadapi Persib Bandung, Jumat (1/7/2022) silam di Bandung.

"Ada faktor kelelahan karena kami melakukan perjalanan darat, Jum’at malam bertanding, Sabtu pagi balik Sleman. Senin kami baru kembali melakukan latihan," ujar Seto, sapaan akrabnya di sesi pre match press conference, Rabu (6/7/2022) siang di Stadion Maguwoharjo, Sleman seperti yang dikutip dari laman resmi klub.

Mengenai waktu istirahat penggawa Laskar Sembada, alumnus SMAN 1 Prambanan ini menyatakan timnya memiliki masa istirahat yang cukup dan harapannya mampu memaksimalkan waktu yang ada.

"Persiapan kami tidak beda jauh dengan sebelumnya. Kami mencoba memaksimalkan pemain yang ada karena tidak terlalu banyak karena tersisa 22 pemain. Hal tersebut terjadi karena faktor cidera dan akumulasi, sekali lagi kami akan memaksimalkan pemain yang ada," ujarnya.

Saling Lempar Pujian pada sesi pertama konferensi pers, pelatih kepala Borneo FC, Milomir Selslija memberikan pesan cinta yang berbentuk pujian kepada coach Seto. Ia menyatakan PSS memainkan sepak bola terbaik di Indonesia.

"Itu bisa-bisanya coach Mila aja sih," respon coach Seto dengan nada bercanda menanggapi hal tersebut.

"Kami berteman baik dan saling mendukung. Kami masih jauh dari apa yang diharapkan dan mudah-mudahan menjadi pembelajaran serta kedepannya lebih baik lagi. Terima kasih coach Milo untuk pujiannya yang membuat kami melayang namun semoga tidak membuat kami jatuh," tutur alumni SSB PS Kalasan ini.

Tidak ingin pujian dari coach Milo bertepuk sebelah tangan, coach Seto merespon balik dengan pujian kepada pelatih kelahiran Bosnia tersebut.

"Saya pikir Borneo FC adalah tim bagus. Hal itu terlihat ketika mereka mengalahkan PSM yang notabene wakil Indonesia di AFC. Kekuatan mereka luar biasa, apalagi dengan adanya pemain asing mumpuni. Ini yang menjadi perhatian walau semua pemain Borneo FC memiliki kualitas yang sama," tutupnya.

 


Borneo Boyong 22 Pemain ke Sleman

Foto: Remis, Persib Bandung Lawan Borneo FC Tanpa Gol di BRI Liga 1
Perbesar
Terens Puhiri (kanan) yang menjadi salah satu tumpuan Borneo FC berusaha keras untuk bisa melewati barisan pertahanan Persib. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tak banyak waktu beristirahat bagi pemain Borneo FC, jelang tampil di babak semifinal Piala Presiden 2022. Usai menyingkirkan PSM Makassar di babak perempat final pada Minggu (3/7/2022).

Sebanyak 22 pemain langsung diboyong ke Sleman untuk menghadapi PSS Sleman pada 7 Juli mendatang. Mereka yang diberangkatkan adalah pemain yang dianggap sangat siap bertarung menghadapi Sleman di Stadion Maguwoharjo nanti.

Manajer tim, Dandri Dauri menjelaskan, pemain ke Sleman secara otomatis hanya mengalami waktu rehat selama sehari. Itulah sebabnya tak ada latihan sama sekali usai lawan PSM, terutama mereka yang bertanding dan yang di bangku cadangan.

Dandri mengakui pemainnya mengalami masalah dalam hal recovery. Namun ia memastikan kondisi bugar akan kembali didapatkan sampai jelang pertandingan. "Kami sudah melangkah cukup jauh hingga saat ini. Misi kami memang tak mau tersingkir sejak awal dan itu sudah kami jalani. Sekarang sudah kepalang tanggung dan kami ingin tim ini menembus final." 

 


Dapat Dukungan dan Doa Langsung dari Sesama Penumpang Pesawat

Borneo FC Vs Barito Putera
Perbesar
Winger Borneo FC, Stefano Lilipaly mendapatkan pengawalan ketat dari bek tengah Barito Putera, Doni Monim dalam laga Piala Presiden 2022, Rabu (22/6/2022) (Dok. Borneo FC)

Kemenangan Borneo FC atas PSM Makassar, tak lepas dari support luar biasa penonton di Stadion Segiri saat itu. Puluhan ribu penonton berjubel dari tribun, guna mengangkat motivasi pemain menuju babak semifinal.

Hasil positif pun akhirnya didapat lewat kemenangan 2-1. Dan kemarin saat tim bertolak menuju Jogjakarta, motivasi pemain dan seluruh rombongan semakin terangkat. Pasalnya penumpang yang satu pesawat dengan rombongan Borneo FC, memberikan dukungan secara langsung.

Para penumpang tersebut memberikan doa dan dukungan agar Borneo FC bisa memetik hasil positif di Sleman dan Samarinda pada leg kedua nanti.

"Ya, suasana berbeda tadi di perjalanan kami rasakan. Sebab orang-orang yang satu pesawat dengan kami dari Balikpapa menuju Jakarta memberi support. Terus terang ini menjadi hal luar biasa bagi kami," ujar manajer tim, Dandri dauri seperti yang dikutip dari laman resmi klub, Rabu (6/7/2022)

Penumpang yang bertolak bersamaan dari Balikpapan ke Jakarta, berasal dari banyak suku. Hal inilah yang membuat Borneo FC semakin termotivasi untuk dapat hasil bagus di semifinal.

"Mereka mendoakan agar Borneo FC bisa menang di Sleman. Ini jadi sebuah penghargaan bagi kami dan dukungan moral secara tidak langsung untuk bisa memberi yang terbaik untuk Samarinda dan Kaltim," lanjut Dandri.

Dijelaskan Dandri, saat ini Borneo FC memang sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak, agar jalan menuju partai final bisa diraih. Bermain di kandang PSS Sleman ujarnya bukan perkara mudah. 

"Jadi kami sangat mewaspadai mereka. Kami tak bermain aman di leg pertama, karena kami ingin kerja di kandang lebih mudah. Artinya, kami ingin menang di dua pertemuan lawan PSS," tandas Dandri.


Jadwal Semifinal Leg 1 dan 2 Piala Presiden 2022 di VidioSemifinal Leg 1

Piala Presiden
Perbesar
Logo Piala Presiden (twitter)

Kamis, 7 Juli 2022

16.00 WIB - PSIS Semarang vs Arema FC 

20.30 WIB - PSS Sleman vs Borneo FC

Semifinal Leg 2

Senin, 11 Juli 2022 

16.00 WIB - Arema FC vs PSIS Semarang

20.30 WIB - Borneo FC vs PSS Sleman

SELURUH PERTANDINGAN DISIARKAN SECARA LANGSUNG di INDOSIAR

Untuk mengakses siaran langsung lebih lengkap berbagai kategori bisa mengunjungi website resmi Vidio.com lalu para penggemar sports atau esport dapat berlangganan paket Vidio platinum mulai dari Rp19.000 per minggu, Rp29.000 per bulan, atau Rp199.000 per tahun. Adapula paket berlangganan lain platinum + F1 Rp 49.000 per bulan. Nonton bebas iklan dengan beragam kategori karena #SemuaAdaDiVidio.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya