Sukses

Timnas Cricket Putri U-19 Lolos ke Piala Dunia 2023

Timnas Cricket Putri U-19 Indonesia berhasil merebut tiket berlaga di putaran final Piala Dunia 2023 di Afsel.

Liputan6.com, Jakarta- Prestasi membanggakan kembali diraih atlet Indonesia. Yang terbaru Tim Nasional (Timnas) Cricket Putri U-19 Indonesia mencatat sejarah lolos ke Kejuaraan Dunia Cricket (World Cup) U-19 2023 diAfrika Selatan (Afsel). Prestasi ini baru pertama kali dicapai Indonesia. 

Luar biasanya pencapaian prestasi cabang olahraga asal Inggris ini didapat hanya dalam kurun 10 tahun berdiri di Indonesia yakni sejak tahun 2012.  

Garuda Pertiwi lolos setelah menyingkirkan Papua New Guinea (PNG) melalui pertandingan ketat 2-1 (Indonesja menang 2 laga dari total 3) pada ajang kualifikasi Piala Dunia U-19 dari International Cricket Council (ICC) di lapangan Cricket Udayana-Jimbaran Bali, 3-5 Juli 2022. 

Kemenangan ini diluar dugaan. Apalagi, Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia menduduki peringkat ke-22 sementara Timnas Cricket Papua New Guinea menempati peringkat ke-16 dunia. 

Di laga pertama Minggu (3/7/2022), Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi dan kawan-kawan berhasil mengilas PNG dengan skor telak 106/9 (Indonesia) dan 68/10 (PNG). Namun, di match kedua hari Selasa (4/7/2022), Timnas Indonesia tidak mampu menghadang dominasi PNG dan takluk dengan skor 69/9 (Indonesia) dan skor 72/6 untuk PNG. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luar Biasa

Pada laga final, Selasa (5/7/2022), Timnas Indonesia yang diasuh Nuwan Shiroman berhasil bangkit kembali dan meraih kemenangan melalui sebuah pertunjukan dramatis di detik-detik akhir dengan skor 89/8 untuk Indonesia dan 87/10 (all out) untuk PNG.

“Kemenangan ini luar biasa, sangat mengharukan. Putri-putri Indonesia berjuang dengan segala tenaga dan kemampuan hingga detik-detik akhir. Kita persembahkan kemenangan ini untuk bangsa Indonesia. Ini sejarah pertama kali Timnas Cricket Indonesia tampil di World Cup,” kata Ketua Harian Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram S. Yadav.

Dengan kemenangan mengharukan ini, Timnas Cricket Putri U-19 Indonesia akan berlaga pada Piala Dunia U-19 Putri di Afrika Selatan pada bulan Januari 2023. 

 

3 dari 3 halaman

GRUP D

Di Piala Dunia 2023 Afrika Selatan, Indonesia berada dalam Grup D bersama Selandia Baru, West Indies, dan Irlandia. Ini juga merupakan kali pertama Indonesia lolos kelompok elit Piala dunia. 

“Sekarang kita naik kelas, tugas ke depan bekerja lebih keras lagi untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara,” tutup Abhiram. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.