Viktor Axelsen Mundur dari Malaysia Masters 2022, Tunggal Putra Indonesia Punya Kans Raih Gelar Juara?

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 04 Jul 2022, 23:00 WIB
Diperbarui 05 Jul 2022, 21:46 WIB
Foto: Potret Perayaan Gelar Juara Viktor Axelsen Bersama Anaknya di Indonesia Open 2022
Perbesar
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, melakukan selebrasi usai menaklukkan pebulu tangkis tunggal putra China, Zhao Jun Peng pada babak final Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra asal Denmark Viktor Axelsen sukses membuktikan kedigdayaannya di kancah bulu tangkis dunia. Usai mengawinkan gelar Indonesia Masters dan Indonesia Open tahun ini, atlet berusia 28 tahun itu juga menjadi kampiun Malaysia Open 2022.

Hasil tersebut diraih Axelsen usai menumbangkan jagoan Jepang, Kento Momota, di partai puncak. Kento yang dibuat tak berdaya pun harus puas dengan predikat runner-up setelah menelan kekalahan telak 4–21 dan 7–21.

Kendati tengah berada di puncak performa, Viktor Axelsen baru-baru ini menyatakan dirinya mundur dari Malaysia Masters 2022 dan Singapore Open 2022. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh sang pemain melalui unggahan story di Instagram pribadinya.

“Halo semua. Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan kalian sepanjang minggu yang sibuk ini. Saya sangat senang dengan hasil dari tiga turnamen terakhir. (Rasanya) sangat luar biasa bisa bermain di Indonesia dan Malaysia, di hadapan publik yang menakjubkan,” tulis Axelsen pada Senin (4/7/2022) siang WIB.

“Saya akan sangat senang jika bisa bertanding lagi di sini, di Kuala Lumpur, kemudian di Singapura. Akan tetapi, ketika saya bangun pagi ini, tubuh dan kepala saya mengatakan bahwa saya harus beristirahat dan mengumpulkan energi lagi sebelum kembali ke lapangan.”

“Saya butuh beberapa hari untuk istirahat, merayakan kemenangan bersama keluarga saya, lalu menyusun kembali target selanjutnya,” sambung tunggal putra bulu tangkis yang menghuni peringkat satu dunia tersebut.


Kans Indonesia

Anthony Ginting - Malaysia Open 2022 - 1 Juli
Perbesar
Tunggal putra Indonesia Antony Ginting kalah dari unggulan pertama asal Denmark Viktor Axelsen pada perempat final Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (1/7). (foto: PBSI)

Mundurnya Axelsen bisa dipandang sebagai kans baru bagi penggawa Indonesia untuk merebut gelar juara di Malaysia Masters 2022. Pasalnya, berkaca dari tiga turnamen terakhir, atlet tunggal putra andalan Tanah Air selalu ditumbangkan oleh Axelsen.

Anthony Sinisuka Ginting kalah straight game 15–21 dan 15–21 di semifinal Indonesia Masters 2022. Pada perempat final Indonesia Open 2022, ia kalah lagi di hadapan publik sendiri. Pebulu tangkis berusia 25 tahun itu takluk 13–21 di game pembuka.

Ia sempat memberi perlawanan berarti bagi Axelsen usai mencuri set kedua dengan 21–19. Akan tetapi, Ginting akhirnya menyerah dengan 9–21 di game penentu.

Hasil serupa terulang kala sang pemain melakoni laga delapan besar di Malaysia Open 2022. Pebulu tangkis asal Cimahi tancap gas setelah mengamankan game pembuka lewat keunggulan 21–18. Sayangnya, Ginting kembali takluk dengan 17–21 dan 12–21 di dua set selanjutnya.

Jonatan Christie pun mendapat giliran bersua dengan Viktor Axelsen. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu harus menghadapi sang peringkat satu dunia di babak semifinal Malaysia Open.

Kalah 15–21 di set pertama, Jojo mampu memaksa permainan menjadi rubber usai unggul 22–20 di game kedua. Akan tetapi, dewi fortuna tak memihak wakil Indonesia di set penentu. Jonatan Christie menelan hasil minor dengan skor akhir 11–21.


Lebih Baik

Anthony Ginting - Malaysia Open 2022 - 1 Juli-2
Perbesar
Anthony Ginting saat menghadapi unggulan pertama Viktor Axelsen pada perempat final Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat (1/7). Tunggal putra Indonesia kalah rubber game 21-18, 17-21, dan 12-21. (foto: PBSI)

PBSI tak menutup mata akan pencapaian skuad bulu tangkis Indonesia di Malaysia Open edisi ini. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, mengapresiasi raihan para atlet di turnamen tersebut. Kendati demikian, ia masih berharap pebulu tangkis yang turun di Malaysia Masters mampu memberikan hasil yang lebih baik.

“Hasil di Malaysia Open sudah bagus, kami dapat satu gelar dan satu runner up. Perkembangan beberapa pemain juga meningkat. Saya berharap, di Malaysia Masters bisa lebih maksimal dan mendapat hasil yang lebih bagus,” ujar Rionny pada Senin (4/7/2022), seperti dilansir Liputan6.com dari rilis resmi PBSI.

Sebagai informasi, Ginting dan Jojo akan kembali turun di nomor tunggal putra Malaysia Masters 2022. Mereka juga ditemani oleh Chico Aura Dwi Wardoyo dan Tommy Sugiarto. Sementara itu, Shesar Hiren Rhustavito ditarik keluar dari turnamen lantaran mengalami cedera kala berhadapan dengan Kento Momota di Malaysia Open.


Daftar Pemain

Jonatan Christie - Malaysia Open 2022 - 1 Juli-1
Perbesar
Jonatan Christie menghadapi unggulan pertama asal Denmark pada laga semifinal Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu (1/7). (foto: PBSI)

Berikut daftar lengkap pemain Indonesia yang berlaga di Malaysia Masters 2022.

Tunggal Putra

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Jonatan Christie

3. Chico Aura Dwi Wardoyo

4. Tommy Sugiarto

Tunggal Putri

1. Gregoria Mariska Tunjung

2. Putri Kusuma Wardani

3. Fitriani

4. Ruselli Hartawan

Ganda Putra

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

2. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

3. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan


Selanjutnya

Ganda Putri

1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani

3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

4. Melani Mamahit/Tryola Nadia

Ganda Campuran

1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

3. Zachariah Josiahno/Hediana Julimarbela

4. Hafiz Faizal/Serena Kani

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya