Mata Elang Erik Ten Hag Temukan 'Mangsa' di Latihan Pramusim MU

Oleh Marco Tampubolon pada 04 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 18:00 WIB
Zidane Iqbal
Perbesar
Pemain muda Manchester United, Zidane Iqbal. (Dok. Manchester United)

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal baru yang ditemukan Erik Ten Hag sejak dipercaya menjadi manajer baru Manchester United atau MU. Tida jarang hal itu membuat Ten Hag tercengang dan mengelus dada, termasuk saat menemukan talenta tersembunyi, Zidane Iqbal.

Ten Hag diketahui sudah mulai memimpin persiapan pramusim Setan Merah. Dia diboyong dari Ajax Amsterdam ke Old Trafford untuk mengisi kekosongan usai ditinggalkan Ralf Rangnick. Ten Hag dikontrak tiga tahun dan diharapkan mampu mengembalikan kejayaan MU seperti era Alex Ferguson.

Selama ini, salah satu keahlian Ten Hag adalah melihat potensi pemain muda. Kejeliannya dalam urusan ini telah dibuktikannya saat menukangi tim-tim sebelumnya, termasuk Ajax Amsterdam. Entah sudah berapa banyak pemain muda yang mampu bersinar di bawah polesan pelatih berusia 52 tahun tersebut. Sebagian bahkan kabarnya bersedia mengikuti jejaknya hingga ke Manchester, Inggris.

Di tim barunya, 'mata elang' Ten Hag langsung beroperasi. Kebetulan Setan Merah memiliki akademi sepak bola kelas dunia yang telah menghasilkan sederet nama besar, seperti David Beckham, Garry Neville, Marcus Rashford, Paul Pogba, hingga George Best. Dan seperti seperti dilansir dari Mirror.co.uk, dari pengamatan awal, Ten Hag sudah langsung menemukan sosok pemain muda potensial, yakni Zidane Iqbal. Pemain berusia 19 tahun itu memukau Ten Hag selama mengikuti latihan pramusim MU.

 


Janji Ten Hag

Foto: Bawa Ajax Amsterdam Juara Liga Belanda, Erik ten Hag Beri Kado Perpisahan Manis Sebelum Hijrah ke Manchester United
Perbesar
Tentunya ini menjadi kado perpisahan yang manis dari Erik ten Hag untuk Ajax Amsterdam. Sebab, mulai musim depan bakal menahkodai Manchester United. (AP/Peter Dejong)

Dia semakin heran, karena ternyata selama ini, Iqbal jarang sekali mendapat kesempatan mememperkuat tim utama MU. Sejauh ini, pemain asal Irak itu baru tampil saat Setan Merah bertanding melawan Young Boys di Liga Champions musim lalu.

Ten Hag tidak akan menyia-nyiakan kesempatan. Dia mengisyaratkan akan memberi pengalaman bertanding lebih banyak kepada Iqbal bila mampu meningkatkan kemampuannya.

Selain Zidane Iqbal, manajer Erik Ten Hag juga terkesan dengan penampilan pemain muda lainnya seperti Hannibal Mejbri dan Alejandro Garnacho. Musim lalu, nasib kedua pemain ini masih lebih baik karena mendapat banyak kesempatan bertanding dari Rangnick. Seperti halnya Iqbal, Ten Hag juga membuka pintu bagi kedua pemain untuk bersaing menuju tim utama MU pada musim ini. 

 


Butuh Tambahan Amunisi

​Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United - MU
Perbesar
Gelandang Barcelona ​Frenkie de Jong merupakan salah satu target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (foto: Pau BARRENA / AFP)

Menangani MU tentu bukan tantangan yang mudah bagi Ten Hag. Butuh kerja keras dan amunisi yang kuat untuk bisa membangkitan Setan Merah dari keterpurukan beberapa tahun terakhir.

Di luar stok pemain yang ada, Erik Ten Hag sebenarnya berniat mendatangkan sejumlah pemain baru untuk musim ini. Namun sejauh ini, belum satupun yang bersedia membubuhkan tanda tangannya.

Frenkie de Jong yang menjadi target utama Ten Hag juga belum menunjukkan perkembangan berarti. Begitu juga dengan sederet nama lainnya, seperti trio Ajax, Jurrien Timber, Lisandro Martinez, dan Antony. Belakangan Ten Hag dibuat gusar oleh sikap sang megabintang, Cristiano Ronaldo yang kabarnya berniat meninggalkan Old Trafford demi kesempatan tampil di ajang Liga Champions.  

 


Jadwal Pramusim MU

Sementara itu, tur pramusim MU tahun ini akan diawali dengan kunjungan ke Thailand. Setan Merah dijadwalkan bersua dengan musuh bebuyutannya, Liverpool, di Negeri Gajah Putih.

Skuad asuhan Erik ten Hag selanjutnya bakal bertolak ke Australia. Di sana, mereka akan melakoni laga pemanasan melawan Melbourne Victory, Crystal Palace, dan Aston Villa.

Dari Negeri Kanguru, Manchester United diharuskan terbang ke Oslo untuk menghadapi raksasa La Liga Atletico Madrid. Setelahnya, Erik ten Hag bakal merasakan sambutan hangat di kandang MU kala meladeni Rayo Vallecano.

Publik Old Trafford menaruh ekspektasi kepada besar kepada manajer asal Belanda. Ia diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Setan Merah usai mengakhiri kampanye 2021/2022 tanpa trofi, serta gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya