Prediksi Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022: Ayo Serang!

Oleh Marco Tampubolon pada 04 Jul 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 04 Jul 2022, 20:23 WIB
Foto: Aksi Dansa Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Yang Membuat Vietnam Kerepotan
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Joybera R Junior Kwateh (kanan) berusaha melewati pemain Timnas Vietnam U-19 saat laga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Liputan6.com, Jakarta Setelah memetik hasil imbang melawan Vietnam, Timnas Indonesia bakal bertemu lawan yang relatif mudah di laga kedua Piala AFF U-19. Kesempatan ini sebaiknya dimanfaatkan dengan baik oleh pasukan Shin Tae-yong demi menjaga peluang tetap terbuka menuju ke babak semifinal.

Pada partai kedua, Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan bertemu dengan Brunei Darussalam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7), kick off pukul 20.00 WIB. Pertandingan seru ini juga akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Indosiar dan melalui live streaming di Vidio.

Di atas kertas, pasukan Shin Tae-yong punya catatan yang bagus saat bertemu Brunei Darussalam. Terakhir, skuat Garuda Nusantara berhasil menang dengan skor 6-1 di ajang yang sama 2019 lalu. Selain itu, timnas Indonesia juga pernah pesta gol 10-0 atas Brunei Darussalam pada Piala AFF U-19 2011.

Tahun ini Indonesia mengawali langkahnya dengan bermain imbang 0-0 melawan tim kuat, Vietnam. Sebaliknya Brunei sudah menelan kekalahan 0-7 saat bertemu Myanmar di laga pertama.

Meski demikian, mengulang kisah sukses melawan Brunei tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Pasukan Shin Tae-yong harus bekerja keras untuk mendapat hasil maksimal. Apalagi di laga pertama melawan timnas Vietnam, Timnas Indonesia U-19 masih sering menyia-nyiakan peluang. 

 

Shin Tae-yong sejak awal turnamen telah menegaskan kalau pasukannya akan tampil mati-matian di setiap laga. Pelatih asal Korea Selatan itu juga tidak punya waktu banyak dalam mempelajari calon-calon lawannya di grup A mengingat persiapan yang mereka jalani juga terbilang mepet.

"Kami mulai pemusatan latihan pada 20 Juni lalu. Artinya kami hanya berkumpul 10 hari sebelum turnamen. Jadi kami tidak punya informasi banyak tentang lawan-lawan kami. Jadi kami harus siap sebaik yang kami bisa," katanya dalam jumpa pers seperti dilansir dari situs resmi AFF baru-baru ini.

Selain itu, Shin Tae-yong juga mengaku masih mencari komposisi terbaik timnas Indonesia U-19. Karena itu, tidak aneh bila STY bakal melakukan bongkar-pasang pemain saat kondisi memungkinkan.

"Kami harus mempertimbangkan menjalankan permainan yang singkat di beberapa laga. Kami harus menguji pemain," beber pelatih yang berhasil mengantar timnas senior ke Piala Asia 2023 tersebut. 

 

 


Klasemen Grup A

Piala AFF U-19 Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam
Perbesar
Pemain Timnas Indonesia U-19, Ronaldo Kwateh (kanan) berusaha merebut bola dari pemain Vietnam saat laga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (02/07/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Piala AFF U-19 2022 dibagi ke dalam dua grup. Indonesia berada di grup A yang terdiri dari 6 peserta. Lima peserta lainnya adalah Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, Myanmar, dan Thailand.

Sementara Grup B hanya dihuni 5 peserta, yakni Kamboja, Laos, Malaysia, Singapura, dan Timor Leste. Dua tim teratas dari masing-masing grup selanjutnya akan bertarung di babak semifinal.  

Di grup A, Indonsia yang mengantongi satu hasil imbang berada di urutan ketiga disusul Vietnam di peringkat keempat. Sementara posisi pertama ditempati Myanmar, diikuti Thailand di peringkat kedua. 

Kemenangan dengan gol sebanyak-banyaknya juga sangat penting bagi masing-masing tim karena  Piala AFF U-19 2022 mengutamakan selisih gol ketimbang rekor pertemuan saat ada poin yang sama.

Klasemen Sementara Piala AFF U-19 2022

Grup A

Peringkat-Negara-Main-Menang-Imbang-Kalah-Gol-Poin

1. Myanmar 1 1 0 0 7-0 3

2. Thailand 1 1 0 0 1-0 3

3. Indonesia 1 0 1 0 0-0 1

4. Vietnam 1 0 1 0 0-0 1

5. Filipina 1 0 0 1 0-1 0

6. Brunei 1 0 0 1 0-7 0

 


Prediksi Susunan Pemain

Piala AFF U-19 Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam
Perbesar
Pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong memberikan protes terhadap wasit saat laga Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Vietnam U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (02/07/2022). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Timnas Indonesia U-19 (3-5-2): Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto, Marcell Januar; Alfriyanto Nico, Arkhan Fikri, Dimas Juliono, Marselino Ferdinan, Subhan Fajri; Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Brunei Darussalam (4-5-1): Mohammad Riyan; Maverick Lim Soon Heng, Mohd Hadif Mansur, Mohammad Hirman, Syahemul Affendy; Wafiq Danish, Eddy Shahrol, Idzzaham Aleshahmezan, Hakeme Yazid, Ali Munawwar; Muhammad Bazli

Pelatih: Faizalani Abd Ghani (Brunei Darussalam)


Hasil Pertemuan Sebelumnya

Sementara itu, tampil di depan pendukung sendiri Timnas Indonesia U-19 coba mengambil inisiatif serangan saat bertemu Vietnam di laga pertama. Namun, Vietnam tidak tinggal diam. Beberapa kali mereka mengancam gawang Cahya Supriadi, salah satunya melalui Khuat Van Khang.

Sementara Garuda Nusantara mendapat peluang melalui Alfriyanto Nico. Ronaldo Joybera Kwateh juga dalam posisi bebas saat menanduk bola. Sayang dia terperangkap offside dan usahanya juga melebar. Kedudukan 0-0 bertahan di babak pertama.

Laga sengit kembali hadir selepas jeda. Kiper timnas U-19 Indonesia Cahya Supriadi melakukan penyelamatan penting ketika berhadapan satu lawan satu melawan Nguyen Quoc Viet. Indonesia membalas ketika tendangan Marselino Ferdinan membentur mistar.

Kedua tim coba jual beli serangan di sisa laga. Tapi tidak ada yang menghasilkan peluang berarti, baik karena buruknya penyelesaian atau blok pertahanan lawan.

Performa kedua tim juga kurang maksimal karena banyaknya pemain yang bertumbangan karena keletihan dan cedera. (Simak berita selengkapnya duel Indonesia Vs Vietnam lewat tautan ini).

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya