3 Alasan Chelsea Harus Beli Neymar daripada Cristiano Ronaldo Musim Panas Ini

Oleh Bogi Triyadi pada 03 Jul 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 13:00 WIB
Cristiano Ronaldo - Manchester United - Liga Inggris - 16 April 2022-2
Perbesar
Cristiano Ronaldo telah dikaitkan dengan Chelsea jika meninggalkan Manchester United atau MU musim panas ini. Tapi, The Blues dinilai lebih baik membeli Neymar dari PSG. (Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo dikabarkan sudah meminta kepada Manchester United untuk mengizinkannya pergi musim panas ini. Kabar tersebut dilaporkan ahli transfer Fabrizio Romano.

Ronaldo kembali ke Old Trafford di musim panas 2021 dari Juventus. Dia mengakhiri musim 2021-22 sebagai pencetak gol terbanyak MU dengan mencetak total 24 gol di seluruh kompetisi.

Namun, penampilan brilian bintang asal Portugal itu di depan gawang tidak mampu menyelamatkan Manchester United. Setan Merah hanya finis di posisi keenam di Liga Inggris dan gagal lolos ke Liga Champions,

Berdasarkan laporan, Ronaldo mungkin meninggalkan juara Liga Inggris 20 kali itu di musim panas 2022. Ini jika ada tawaran yang menguntungkan datang untuk pemenang Ballon d'Or lima kali itu.

Salah satu klub yang dilihat sebagai opsi memungkinkan untuk Ronaldo adalah Chelsea. Laporan The Athletic mengklaim agen Ronaldo, Jorge Mendes, baru-baru ini bertemu dengan pemilik baru The Blues, Todd Boehly.

Klub London Barat itu tengah berada di bursa transfer untuk memperkuat timnya menjelang musim 2022-23. Lini depan tampaknya berada di urutan teratas daftar transfer Chelsea

Penyerang top lainnya yang telah dikaitkan dengan Chelsea adalah bintang Paris Saint-Germain Neymar. Klub kaya Prancis itu bersedia bersedia mendengarkan tawaran untuk bintang asal Brasil tersebut.

Ini berarti Chelsea akan menghadapi keputusan yang sulit apakah membeli Ronaldo atau Neymar. Jika melihat implikasi ekonomi, tidak mungkin bagi The Blues untuk mendatangkan kedua bintang tersebut.

Namun, membeli Neymar bisa menjadi keputusan yang lebih baik untuk Chelsea ketimbang Ronaldo. Berikut 3 alasan mengapa Chelsea harus memprioritaskan Neymar daripada Ronaldo seperti dikutip dari Sportskeeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Hubungan dengan Thomas Tuchel

Dibantu Tongkat, Thomas Tuchel Pimpin Latihan PSG Jelang Final Liga Champions
Perbesar
Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, berbincang dengan Neymar, saat latihan jelang laga final Liga Champions di Stadion The Luz, Portugal, Sabtu (22/8/2020). PSG akan berhadapan dengan Bayern Munchen. (David Ramos/Pool via AP)

Salah satu alasan utama mengapa membeli Neymar akan jauh lebih ideal untuk Chelsea daripada Cristiano Ronaldo adalah karena hubungan bintang Brasil itu dengan manajer Thomas Tuchel.

Neymar dan Tuchel pernah bekerja bersama di Paris Saint-Germain selama dua musim, antara 2018 dan 2020.Selain itu, Neymar diyakini memainkan sepak bola terbaiknya di bawah kepemimpinan Tuchel.

Pemain berusia 30 tahun itu mencetak total 51 gol dan memberikan 32 assist dalam 67 pertandingan di bawah asuhan Tuchel di PSG. Dia hanya mencetak 13 gol dan delapan assist di bawah Mauricio Pochettino musim lalu.

Hubungan yang sehat antara Neymar dan Tuchel bisa menjadi keuntungan bagi Chelsea. Tidak seperti Ronaldo, yang akan asing dengan taktik dan pendekatan taktis ahli strategi asal Jerman itu.

 


2. Ketidakseimbangan skuad

Cristiano Ronaldo - Manchester United - 12 Desember
Perbesar
Striker Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan golnya ke gawang Norwich City pada pertandingan Liga Inggris di Stadion Carrow Road, Norwich, Minggu (12/12/2021) dini hari WIB. (Daniel LEAL / AFP)

Mengingat kebutuhan saat ini, akan jauh lebih baik bagi Chelsea membeli Neymar daripada Cristiano Ronaldo. Skuad racikan Thomas Tuchel membutuhkan pemain sayap, di mana Neymar lebih cocok.

Kedatangan Neymar pasti tidak akan menyebabkan keresahan skuad. Sebab, ia memiliki apa yang dibutuhkan klub London dan itu adalah permainan sayap langsung.

Bintang berusia 30 tahun ini bisa dibilang salah satu pemain sayap terbaik Eropa. Tak hanya bakal menambah kreativitas pada serangan Chelsea, tetapi juga gol.

Ronaldo, di sisi lain, bisa mengganggu ketenangan Kai Havertz. Karena, bintang Portugal itu penyerang tengah yang tidak dibutuhkan di Chelsea.

Pasukan Tuchel lebih membutuhkan pemain sayap langsung yang dapat memberikan kreativitas kepada tim daripada striker. Ini karena The Blues sudah memiliki Havertz, yang belakangan digunakan sebagai false-nine.

Menambahkan Ronaldo ke tim dapat membatasi waktu permainan Havertz di posisi false-nine yang disukainya. Selain itu, dapat menghambat perkembangan pemain Jermain itu di Stamford Bridge.

 


1. Nilai jual kembali

Foto: 5 Pembelian Keliru yang Pernah Dilakukan Klub, termasuk Liverpool, sebagai Solusi akibat Menjual Pemain Bintangnya
Perbesar
Barcelona melepas Neymar ke PSG pada awal musim 2017/2018 dengan nilai transfer sebesar 222 juta euro. Selama 4 musim berseragam Blaugrana, ia total tampil dalam 186 laga di semua ajang dengan torehan 105 gol dan 76 assist. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Alasan lain mengapa mengontrak Neymar akan menjadi pilihan yang jauh lebih baik bagi Chelsea karena nilai jual kedua pemain tersebut.

Di usia 30, Neymar pasti akan memiliki biaya transfer yang lebih baik jika The Blues memutuskan untuk tetap menjualnya pada masa depan, tidak seperti Ronaldo. Chelsea mungkin tidak akan mendapatkan apa-apa dari Ronaldo di bursa transfer musim depan mengingat usianya saat ini 37 tahun.

Sepak bola adalah tentang bisnis dan Chelsea pasti mempertimbangkan faktor itu ketika membuat keputusan transfer yang memungkinkan pada kedua pemain musim panas ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya