Butuh Pengganti Cristiano Ronaldo, MU Ingin Datangkan Pemain Bayern Munchen

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 03 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 15:00 WIB
Foto: 5 Kemenangan Terbesar Bayern Munchen saat Ditangani Julian Nagelsmann di Musim 2021 / 2022
Perbesar
Serge Gnabry jadi bidikan MU. (AFP/Thomas Kienzle)

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) tertarik mendatangkan pemain Bayern Munchen Serge Gnabry. Pesepak bola berusia 26 tahun tersebut dinilai cocok menggantikan Cristiano Ronaldo yang ingin hengkang dari Old Trafford.

Seperti yang telah diketahui, masa depan Ronaldo bersama MU memang kerap menuai tanda tanya besar. Megabintang asal Portugal pernah diisukan bakal hijrah dari Setan Merah dalam waktu dekat. Akan tetapi, rumor itu mereda pada awal Juni lalu.

Cristiano Ronaldo pun digadang-gadang siap membantu MU berbenah sekaligus memantapkan posisi dalam perburuan gelar juara musim depan. Sayangnya, laporan terbaru menyebut Ronaldo kembali ingin berpisah dengan Setan Merah.

Eks pemain Real Madrid itu kabarnya telah memberi tahu pihak klub soal niatnya untuk pindah dari Manchester United. Dilansir dari Metro, kegagalan Setan Merah mendapat tempat di Liga Champions musim depan menjadi alasan kuat yang melatarbelakangi keinginan Ronaldo.

MU di bawah asuhan Ralf Rangnick memang kehilangan kans merebut trofi Si Kuping Besar lantaran hanya mampu finis di peringkat enam klasemen akhir Liga Inggris 2021/2022. CR7 tak puas hanya bermain di Liga Europa.

Penggawa kelahiran Portugal itu ingin terus melanjutkan kiprahnya di kompetisi sepak bola elite sekelas Liga Champions. Ronaldo lantas meminta Erik ten Hag–manajer permanen baru MU–untuk menjualnya di bursa transfer jika ada tawaran yang cocok.

Setan Merah sejatinya masih ingin mempertahankan pemain berusia 37 tahun itu. Kendati demikian, MU juga tetap berupaya mencari pengganti alternatif untuk mengisi posisi CR7 di Old Trafford. Laporan Metro mengeklaim Serge Gnabry merupakan salah satu kandidat potensial yang bisa diboyong MU pada musim panas ini.

 

Gnabry di Bayern Munchen

Foto: Bayern Munchen Gilas RB Salzburg 7-1, Hattrick Lewandowski di Liga Champions Catatkan Rekor Baru
Perbesar
Pada menit ke-31, Bayern Munchen kembali mencetak gol. Memanfaatkan serangan balik cepat, Serge Gnabry (kiri) berhasil membuat The Bavarian menjadi tim pertama yang mencetak empat gol di babak pertama pada fase knock out Liga Champions. (AFP/Christof Stache)

Serge Gnabry pertama kali tiba di Bayern Munchen pada 2017. Ia mulai memainkan peran penting dalam skuad Die Rotten usai kembali dari masa pinjaman di Hoffenheim pada 2018.

Transfermarkt mencatat Gnabry sejauh ini telah memberi kontribusi 64 gol dan 40 assist dari total 171 pertandingan bersama Bayern Munchen. Sayangnya, kontrak eks pemain Werder Bremen itu akan habis pada musim panas 2023.

Die Rotten telah mencoba mengikat Gnabry dengan kontrak baru, yang akan membuatnya meraup bayaran 200.000 poundsterling per pekan di Allianz Arena. Akan tetapi, upaya Bayern Munchen ditolak oleh sang pemain.

Juara Bundesliga kini lebih memilih terbuka pada potensi penjualan Gnabry, daripada harus membiarkan penggawa internasional Jerman pergi dengan status bebas transfer musim depan.

Melansir laporan The Sun, Bayern kemungkinan bakal melepas Gnabry dengan mahar senilai 35 juta poundsterling atau setara dengan kurang lebih Rp634 miliar.


MU dan Manchester City

Foto: Gnabry dan Lewandowski Gacor, Bayern Munchen Pastikan Juara Paruh Musim Liga Jerman 2021 / 2022 usai Lumat VFB Stuttgart
Perbesar
Di awal babak kedua pada menit ke-53, Bayern Munchen menambah keunggulan menjadi 2-0. Serge Gnabry mencetak gol keduanya usai mengecoh bek VFB Stuttgart, Marc Kempf untuk kemudian menaklukkan Florian Mueller via tembakan kaki kiri ke sudut bawah gawang. (AP/Tom Weller)

MU dan Manchester City saat ini masih memantau situasi Serge Gnabry dengan cermat. Juru taktik Setan Merah Erik ten Hag kemungkinan bakal mengontrak sang pemain demi menambah kedalaman di lini depan skuadnya.

Gnabry juga dipandang cocok menggantikan Raheem Sterling dan Gabriel Jesus di Etihad. Pesepak bola kelahiran Jerman itu mampu beroperasi dengan cepat di posisi sayap maupun tengah, sehingga bisa menjadi pilihan sempurna bagi Pep Guardiola.

Selain MU dan City, Arsenal juga kabarnya ikut melirik Serge Gnabry di Bayern Munchen. Klub yang ditukangi oleh Mikel Arteta tersebut ingin merekrut pemain sayap yang juga bisa digunakan sebagai penyerang.

The Gunners sebelumnya berniat mengontrak Raphinha dari Leeds United. Akan tetapi, bayang-bayang Chelsea membuat pihak klub mulai mempertimbangkan potensi penandatanganan Gnabry . Adapun Gnabry diketahui sudah pernah membela Arsenal. Ia dipinjamkan ke West Bromwich Albion pada 2015, lalu hengkang ke Werder Bremen pada 2016.


Bergerak Lambat

Di sisi lain, MU bergerak lambat di bursa transfer musim panas tahun ini. Mereka belum bisa mendapatkan satu pemain baru pun hingga penghujung Juni 2022. Setan Merah kalah cepat dibanding rival-rivalnya di Liga Inggris yang sudah berbenah diri.

Klub besutan Erik ten Hag sejatinya telah mengincar Frenkie de Jong sejak lama. Akan tetapi, MU tak kunjung menuntaskan transfer pemain internasional Belanda itu dari Barcelona. Setan Merah kini juga mulai dikaitkan dengan Tyrell Malacia.

Ia sebelumnya masuk dalam radar incaran Lyon. Akan tetapi, tawaran MU yang lebih besar membuat Malacia tergoda menyepakati kepindahan ke Old Trafford.

Adapun Setan Merah kabarnya mengajukan tawaran senilai 15 juta poundsterling atau sekitar Rp271 kepada Feyenoord untuk mendatangkan pemain berusia 22 tahun tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya