Sukses

Hasil Malaysia Open 2022: Tembus Final, Fajar/Rian Bidik Gelar Juara

Fajar/Rian lolos ke final Malaysia Open 2022. Ini adalah final pertama ganda putra Indonesia itu di turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 tersebut.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjejakkan kakinya di final Malaysia Open 2022. Ini merupakan final pertama ganda putra Indonesia itu di turnamen bulu tangkis level BWF World Tour Super 750 tersebut.

Fajar/Rian tembus ke partai puncak usai mengalahkan pasangan tuan rumah Goh Sze Fei/Nur Izzuddin pada semifinal Malaysia Open. Pasangan dengan akronim Fajri tersebut menang dua gim langsung 21-14 dan 21-12 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu (2/7) malam WIB.

Meski dapat dukungan penuh penonton, Goh/Izzuddin justru tidak bisa keluar dari tekanan Fajar/Rian. Mereka banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga membuat pasangan bulu tangkis peringkat tujuh dunia itu nyaman bermain.

Fajar/Rian mengungkapkan kunci kemenangan terletak pada mengendalikan permainan depan. "Alhamdulillah bersyukur karena ini pertandingan tidak mudah melawan tuan rumah dengan dukungan penonton yang begitu banyak," kata Fajar usai pertandingan seperti dikutip dari rilis PBSI.

"Walau rekor pertemuan kami menang, kalau sudah di lapangan saya rasa tidak ada pengaruhnya, seperti 0-0 lagi."

"Hari ini kami berusaha mengendalikan permainan depan karena kalau sudah pegang bola depannya, akan sangat enak untuk menyerang. Di gim pertama dan kedua, terlihat sekali lawan tidak bisa keluar dari tekanan," lanjut Fajar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum puas

Sudah tiba di partai final Malaysia Open, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengaku belum puas. Mereka membidik gelar juara untuk menambah koleksi gelar BWF World Tour mereka tahun ini.

Sebelumnya, Fajar/Rian juara pada level Super 300 (Swiss Open) dan Super 500 (Indonesia Masters). "Rasanya senang dan bersyukur, tapi belum cukup sampai di sini, masih ada partai besok, partai final. Kami tetap mau menampilkan yang terbaik untuk Indonesia," kata Fajar.

"Besok kami akan menyiapkan fisik dan mental, full recovery yang utama. Turnamen kan sudah beruntun terus, stamina dan fokus pasti terkuras. Jadi harus lebih disiapkan lagi," timpal Rian.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menunggu lawan di final Malaysia Open 2022 yang berlangsung Minggu, 3 Juli. Pasangan nomor tujuh dunia itu akan menghadapi pemenang antara Aaron Chia/Soh Woi Yik dari Malaysia dan unggulan kedua asal Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

 

3 dari 3 halaman

Ganda putri

Sebelumnya, Indonesia telah meloloskan satu wakilnya ke final Malaysia Open 2022. Tiket final itu didapat dari ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Apri/Fadia mengalahkan pasangan Korea Selatan Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong. Juara Indonesia Masters 2022 itu menang 21-14 dan 22-20 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu (2/7) sore WIB.

Di final Malaysia Open, Minggu (3/7), Apri/Fadia akan menghadapi Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Pasangan China itu menyingkirkan unggulan kelima asal Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara lewat rubber game 11-21, 21-19, dan 21-17.

Ini adalah pertemuan kedua Apri/Fadia dengan Zhang/Zheng. Sebelumnya, mereka menang 21-16, 16-21, dan 21-18 pada babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Juni lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini