Fokus ke Olimpiade, Panahan Siapkan Regenerasi

Oleh Thomas pada 02 Jul 2022, 11:54 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 15:56 WIB
Kejuaraan Panahan Pro Jakarta Open 2022
Perbesar
Kejuaraan Panahan Pro Jakarta Open 2022

Liputan6.com, Jakarta- Cabang olahraga panahan termasuk salah satu prioritas di Indonesia. Pasalnya panahan selalu masuk dalam cabor utama di ajang sekelas Olimpiade. Panahan pun masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON. 

Karena termasuk dalam DBON, sasaran panahan Indonesia adalah Olimpiade. Regenerasi atlet harus terus dilakukan agar panahan bisa terus ikut di ajang sebesar Olimpiade

Salah satu cara regenerasi atlet adalah dengan giat menggelar turnamen. Pada awal Juli 2022, panahan Indonesia punya satu turnamen bergengsi yakni Pro Jakarta Open 2022. Kejuaraan ini merupakan rangkaian memperingati HUT DKI Jakarta ke-495 yang diadakan oleh Pro Archery Shop. 

Turnamen ini dibuka oleh Manager Tim Nasional Panahan Ary Koeswiranto mewakili ketua PB Perpani yang berhalangan hadir. Selain itu turut dihadiri juga wakil ketua 3 KONI DKI Jakarta, Ketua Pengprov Perpani DKI Jakarta, dan ketua Pengkot Jakarta Timur dan Pusat.

Manajer Timnas berharap akan muncul bintang Indonesia untuk berlaga dikancah internasional, seperti beberapa waktu lalu di Paris Riau Ega Agatha mengalahkan juara dunia Brady Ellison. Serta pada gelaran SEA Games Vietnam lalu dimana cabang olahraga panahan berhasil menyumbangkan 5 emas dan 1 perak.


Ratusan Peserta

Kejuaraan Panahan Pro Jakarta Open 2022
Perbesar
Kejuaraan Panahan Pro Jakarta Open 2022

Pro Jakarta Open 2022 dilangsungkan di Jakarta Internasional Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta, dan diikuti ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Ajang ini dimulai Sabtu (2/7/2022) hingga Kamis (6/7/2022).

Untuk kali pertama ajang panahan digelar di venue JIEP yang sebelumnya digunakan untuk Asean Games 2018. Ajang tersebut, merupakan rangkaian dari gelaran ke 3 Pro Internasional (Balai Kartini 2019) dan Lembang, Bandung pada 2020.

Kemudian setelah Pro Jakarta Open 2022 akan dilanjutkan dengan FAST Open 3 berlangsung 10-14 Agustus, Queen Archery Championship pada 23-27 November.


Jam Terbang

Diterangkan Rizaldi Mulia Hasibuan, Owner Pro Archery Shop, tujuan kejuaraan ini selain menjaga silaturahmi juga menggali bakat-bakat atlet masa depan. Ditambahkannya, rencananya kejuaraan ini juga akan diadakan rutin setiap tahunnya.

“Insya Allah dengan semangat dan kerja sama yang baik dari seluruh elemen panahan, saya yakin panahan ini bisa berjaya hingga ke kancah internasional,” tambahnya.

"Mari sama-sama menjaga sportifitas dan selamat mengikuti kompetisi agar kita semakin matang dan mendapatkan jam terbang," tambahnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya