Tantang Wakil China di Final Malaysia Open 2022, Ini Strategi Apriyani/Fadia

Oleh Liputan6.com pada 03 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 03 Jul 2022, 08:00 WIB
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti - Malaysia Open 2022
Perbesar
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Malaysia Open 2022. (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil melaju ke final Malaysia Open 2022 setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan, Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong 21-14, 22-20.

Berlaga di Axiata Arena, Sabtu (2/7/2022), Apri/Fadia bermain dengan tempo permainan cepat. Smash kencang dari Fadia berhasil membuat pasangan Indonesia ini unggul dengan 4-2. 

Kedudukan itu sempat dikejar hingga membuat pasangan Korea Selatan berhasil mengamankan interval pertama 11-9. Setelah interval, Apri/Fadia yang tak pantang menyerah terus mengejar ketertinggalan poin hingga kedudukan 15-12. 

Semakin nyaman pasangan Indonesia ini pun berhasil mengamankan gim pertama dengan 21-14. Di gim kedua, Apriyani justru terlihat sangat ganas dan sering memberikan smash yang sulit dikembalikan oleh Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong pada keduduka 4-4. 

Sayangnya, pasangan Korea Selatan ini kembali bisa mengamankan interval kedua dengan kedudukan 11-9 setelah bola yang ingin disambar oleh Fadia terlalu rendah dan tersangkut net. Setelah interval, kedua pasangan ganda putri ini terus kejar-mengejar poin hingga kedudukan 17-17. 

Di gim kedua ini, pasangan Korea Selatan terlihat sering melakukan kesalahan-kesalahan sendiri sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Apri/Fadia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Final Ketiga

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Malaysia Open 2022
Perbesar
Aksi Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Malaysia Open 2022. (Dok. PBSI)

Bagi Apri/Fadia, ini merupakan final ketiga dalam empat turnamen pertama yang telah mereka ikuti. Final lain terjadi di SEA Games 2021 Vietnam, dimana Apri/Fadia meraih medali emas. Satu lagi final Daihatsu Indonesia Masters 2022 yang berakhir dengan podium runner up.

"Alhamdulillah kita selalu bersyukur dan setiap pertandingan kita mau juara, mau kasih prestasi yang terbaik," ujar Apri. "Fadia bisa membawa saya sejauh ini, kembali ke final lagi, itu saya juga bersyukur."

"Kita terus menjaga komunikasi, berusaha semaksimal mungkin dan menata apa yang harus kita perbaiki," Apri menambahkan.

"Ada rasa tidak menyangka bisa masuk final tiga kali dalam empat turnamen pertama kita. Saya kira bakal pelan-pelan, perlu proses tapi saya juga percaya ini berkat latihan yang sungguh-sungguh karena saya tahu tidak ada usaha yang mengkhianati hasil," balas Fadia.


Lawan Familiar

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti - Apri/Fadia - Malaysia Open 2022 -1
Perbesar
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti atau Apri/Fadia akan menghadapi Zhang Shu Xian/Zheng Yu dari China pada laga final Malaysia Open 2022 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7). (foto: PBSI)

Di final Malaysia Open, Minggu (3/7), Apri/Fadia akan menghadapi Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Pasangan China itu menyingkirkan unggulan kelima asal Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara lewat rubber game 11-21, 21-19, dan 21-17.

Ini adalah pertemuan kedua Apri/Fadia dengan Zhang/Zheng. Sebelumnya, mereka menang 21-16, 16-21, dan 21-18 pada babak 16 besar Indonesia Open 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Juni lalu.

"Kita sudah pernah ketemu mereka, jadi sudah sedikit banyak tahu pola masing-masing," ucap Fadia. "Jadi besok harus all out dan buat semuanya enak biar di lapangannya ikut enak," timpal Apri.

Infografis bulu tangkis
Perbesar
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya