Sukses

MU Kontrak Tyrell Malacia, Bagaimana Nasib Frenkie de Jong?

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) berhasil mendapatkan tanda tangan Tyrell Malacia. Tawaran senilai 15 juta poundsterling atau sekitar Rp271 miliar yang diajukan Setan Merah telah diterima oleh Feyenoord Rotterdam.

Rencana transfer MU sejatinya sempat diterpa masalah internal Malacia. Alih-alih bekerja sama dengan agen, pemain berusia 22 tahun itu secara mengejutkan justru menunjuk ayahnya sebagai perwakilan baru dalam proses negosiasi.

Kendati demikian, laporan menyebut persoalan terkait agen Malacia sudah telah terselesaikan. Masalah itu juga diklaim tak memengaruhi kepindahan sang pemain ke Old Trafford.

Adapun Setan Merah bukanlah satu-satunya klub yang tertarik menyewa jasa Malacia. Pemain internasional Belanda itu sebelumnya santer dikaitkan dengan Olympique Lyon. Dilansir dari The Athletic, Lyon bahkan telah melakukan pembicaraan mengenai potensi transfer Malacia.

Penghuni peringkat delapan klasemen akhir Liga Prancis musim lalu itu juga dikabarkan rela menggelontorkan dana senilai 13 juta euro ditambah add-ons 2 juta euro demi mengamankan jasa bek kelahiran 1999 tersebut.

Sayangnya, upaya Lyon digagalkan oleh Setan Merah. MU menyikut wakil Prancis itu di menit-menit terakhir. Klub besutan Erik ten Hag berhasil membajak kesepakatan Lyon dengan Feyenoord berkat adanya penawaran yang lebih besar.

Kedatangan Malacia ke Setan Merah menimbulkan kekhawatiran baru terkait rencana transfer Frenkie de Jong. Pasalnya, Malacia dan De Jong saat ini ditangani oleh agen yang sama, Ali Dursun. Konflik dalam proses penandatanganan Malacia dikhawatirkan bakal berdampak pada pengejaran De Jong dari Barcelona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Utama

Seperti diketahui, De Jong merupakan target utama Setan Merah di bursa transfer musim panas tahun ini. Ten Hag ingin bekerja sama lagi dengan sang pemain yang pernah menjadi anak asuhnya di Ajax Amsterdam.

Setan Merah cukup percaya diri pihaknya mampu mendatangkan Frenkie de Jong ke Old Trafford. Manchester United juga menegaskan bahwa masalah transfer Malacia tak akan memunculkan efek negatif pada perekrutan samh kompatriot.

Selaras dengan hal tersebut, Mirror menyebut proses diskusi antara MU, Barcelona, dan De Jong masih berlangsung. Pihak-pihak terkait dilaporkan sepakat untuk menyegel transfer sang pemain dengan harga 68 juta poundsterling. Mereka berharap kepindahan penggawa internasional Belanda itu dapat diselesaikan selambat-lambatnya pada awal pekan depan.

 
3 dari 4 halaman

Pemain Krusial

De Jong merupakan salah satu pemain krusial dalam skuad Barcelona sepanjang musim 2021/2022. Ia tercatat telah memberi kontribusi empat gol dan lima assist dari total 46 penampilan bersama klubnya di semua kompetisi.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez semula nampak tak ingin melepas De Jong begitu saja. Juru taktik asal Spanyol itu menyebut sang pemain merupakan sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” ujar Xavi Hernandez, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Kendati demikian, kondisi keuangan Barcelona memaksa pihak klub untuk berpisah dengan De Jong. Kebetulan, Manchester United juga sangat menginginkan jasanya. Situasi ini dimanfaatkan oleh sang raksasa Catalan untuk mendapat dana tambahan agar bisa mendatangkan pemain baru jelang kompetisi musim depan.

4 dari 4 halaman

Masalah Lain

Terlepas dari transfer Frenkie de Jong, kedatangan Tyrell Malacia juga akan menimbulkan masalah lain dalam skuad Setan Merah. MU kini punya stok bek kiri yang melimpah ruah. Alhasil, beberapa pemain bakal menjadi korban.

Manchester Evening News menilai Alvaro Fernandez bisa menjadi tumbal kepindahan Malacia yang pertama. Eks penggawa Real Madrid itu kemungkinan bakal dipinjamkan ke klub lain. Fernandez pun bakal kesulitan mendapat waktu bermain jika ia bersikeras menetap di MU.

Adapun Fernandez sebenarnya masih berupaya memantapkan posisinya dalam skuad Setan Merah. Musim lalu, ia baru saja mendapat kesempatan debut di tim senior. Sayangnya, kehadiran Malacia membuat Fernandez harus disekolahkan di tim lain.

Lebih lanjut, MU juga diprediksi akan melepas satu dari antara dua bek kiri yang dimilikinya musim lalu, yakni Luke Shaw dan Alex Telles. Penjualan tersebut dibutuhkan untuk menambah anggaran belanja Ten Hag pada musim panas 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.