Sukses

Paracycling Absen di ASEAN Para Games 2022, M Fadli Tetap Giat Berlatih

Paracycling tak termasuk cabang olahraga yang akan dipertandingan di ASEAN Para Games 2022 di Solo. Fadli tak berkecil hati dan terus giat berlatih menanti ajang berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Indonesia menggantikan Vietnam yang mundur sebagai tuan rumah. Ajang ini rencananya akan dihelat di Solo, Jawa Tengah mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

11 negara Asia Tenggara akan ikut serta. ASEAN Para Games 2022 ini bakal mempertandingkan14 cabang olahraga. Sayangnya paracycling tidak ikut dipertandingkan. 

Atlet paracycling andalan Indonesia Muhammad Fadli Imammuddin pun pasrah tak ikutan ASEAN Para Games 2022. Padahal Fadli sudah mempersiapkan diri sejak akhir tahun 2021.

"APG kali ini kita tuan rumah tapi saya hanya bisa jadi suporting buat teman-teman atlet lain karena ada tiga cabor yang tidak digelar di APG termasuk paracycling. Saya tidak tahu kenapa alasannya. Silakan konfirmasi ke panitianya," kata M Fadli di Jakarta.

"Katanya harus ada tiga negara peserta, saya yakin tiga negara untuk sepeda pasti siap seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Mungkin ada alasan lain saya tidak tahu silahkan dikonfirmasikan."

Fadli terakhir kali bertanding di paracycling pada Paralimpiade Tokyo 2020. Dengan absen di APG 2022, Fadli memiliki agenda turnamen resmi yang akan diikuti tahun ini. Pasalnya Asian Para Games di Hangzhou juga ditunda hingga tahun depan.

"Sebagai atlet saya sangat menginginkan event tersebut. Kerja keras atlet selama latihan pestanya adalah pertandingan. Tapi tidak ada yang sia-sia latihan selama ini. Mungkin lain waktu ada pertandingan paracycling saya lebih siap," lanjut Fadli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bareng Komunitas

Guna mengobati rindu balap sepeda, Fadli rutin mengikuti berbagai event bersama komunitas di Indonesia. Salah satunya berkeliling Jakarta menempuh jarak 110 km pada Sabtu (2/7/2022) pagi dalam rangka ulang tahun ke-10 sponsornya Technobike.

"Saya tak bisa mengeluh karena kalau ngeluh bisa memudarkan semangat juang. Saya kaya orang kerja digaji untuk latihan. Ya itu aja yang saya lakukan. Buat mengobatinya saya sering mengikuti event-event nasional tapi bukan khusus paracycling. Buat saya tidak masalah, saya tak memikirkan kondisi saya yang penting saya bertanding," imbuh Fadli.

Tak sekadar balap keliling kota Jakarta, pada HUT Technobike Fadli juga melepas rindu dengan rekan-rekannya sesama pecinta sepeda di Jakarta setelah cukup lama berlatih di Solo.

"Saya antusias sekali mengikuti acara ini, walaupun sedang TC saya semangat ikutin ini. Sekalian bisa ketemu teman-teman di Jakarta. Ngumpul sama teman-teman di Jakarta."

3 dari 3 halaman

Kagum

Fadli kagum dengan tingginya antusias pecinta sepeda di Jakarta. "Saya tadi melihat di jalanan benar-benar penuh pesepeda. Saya sih senang aja. Hikmah pandemi virus corona Covid-19."

Para pecinta sepeda ini memadati Technofest yang merupakan puncak acara ultah Technobike. Selain bersepeda keliling Jakarta, perayaan ultah juga ditandai bazaar dengan lelang untuk amal.

"Kita mengundang beberapa rekan brand sepeda supaya ikut meramaikan event ini krn kita ingin menjalin kerja sama dgn semua stakeholder yg aktif di dunia sepeda khususnya performance bike," tutur General Manager Technobike, Hasri Sigalingging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.