Sikut Chelsea, Tottenham Rela Keluarkan Dana Rp1 Triliun Demi Kontrak Richarlison

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 02 Jul 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 02 Jul 2022, 09:00 WIB
Foto: 5 Pesepak Bola dengan Banyak Gol di Liga Inggris, Namun Tanpa Sekalipun Mencetak Hattrick
Perbesar
Richarlison. Striker Brasil berusia 24 tahun yang kini memasuki musim ke-4 bersama Everton sejak didatangkan dari Watford pada musim 2018/2019 total telah mencetak 42 gol dari 160 laga di Liga Inggris untuk Watford dan Everton. Tanpa hattrick, raihan terbaiknya adalah 3 kali brace. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Duo raksasa Liga Inggris, Chelsea dan Tottenham Hotspur, sempat saling sikut dalam perburuan tanda tangan pemain Everton Richarlison. Keduanya tertarik memboyong penggawa internasional Brasil itu ke markasnya masing-masing.

Akan tetapi, laporan terbaru menyebut Spurs sukses menumbangkan Chelsea di jendela transfer musim panas. The Lilywhites menjadi klub yang mampu memboyong Richarlison dari Goodison Park dengan mahar senilai total 60 juta poundsterling atau kurang lebih Rp1,08 triliun.

Melansir laporan Metro, Richarlison memang telah dikaitkan dengan kepindahan dari The Toffees sejak beberapa waktu terakhir. Klub yang lolos dari zona degradasi musim lalu itu mengalami kesulitan keuangan, sehingga perlu melepas sejumlah penggawa.

Richarlison menjadi salah satu sosok yang potensial untuk diuangkan oleh Everton. Pesepak bola berusia 25 tahun tersebut mampu menarik perhatian klub-klub besar. Arsenal pun sempat digadang-gadang bakal menjadi pelabuhan baru bagi Richarlison.

Akan tetapi, skuad racikan Mikel Arteta lebih memilih mengalihkan perhatian mereka pada Gabriel Jesus dan Raphinha. Kondisi ini membuka peluang bagi Tottenham Hotspur untuk meramaikan bursa tanda tangan Richarlison.

Chelsea sebenarnya juga tertarik memboyong eks pemain Watford itu ke Stamford Bridge. Apalagi, juru taktik The Blues Thomas Tuchel diketahui tengah mencari sosok anyar untuk menambah opsi di lini serang skuadnya.

Performa Richarlison pun membuat sang pemain masuk dalam radar Chelsea. Pesepak bola muda kelahiran 1997 itu sanggup membuktikan kiprahnya di Liga Inggris. Ia dinilai cocok menggantikan peran Romelu Lukaku yang pulang ke Inter Milan.

Sayangnya, langkah Chelsea terlalu lambat. Klub yang finis di peringkat tiga klasemen akhir Liga Premier musim lalu itu tersalip oleh Tottenham Hotspur. Alhasil, The Lilywhites-lah yang berhak mendatangkan Richarlison ke London Utara.


Richarlison di Tottenham

Richarlison
Perbesar
Penyerang Everton, Richarlison, mendapatkan pengawalan dari pemain Chelsea, Reece James laga pekan ke-35 Premier League 2021/2022 yang digelar di Goodison Park, Minggu (1/5/2022) malam WIB. (AFP/Paul Ellis)

Hijrah ke Tottenham Hotspur bakal memberi keuntungan bagi Richarlison. Pemain yang pernah membela Fluminense itu kini mendapat kesempatan untuk merasakan sengitnya persaingan di antara klub-klub papan atas.

Lebih lanjut, The Lilywhites juga mampu menjanjikan panggung Liga Champions bagi sang pemain. Meski finis di bawah Chelsea dalam klasemen Liga Inggris, Spurs sukses menjaga asa meraih trofi Si Kuping Besar musim depan usai unggul dua poin dari Arsenal di tempat kelima.

Secara spesifik, Spurs menggelontorkan 50 juta poundsterling demi menyegel kepindahan Richarlison. Kesepakatan yang dicapai dengan The Toffees itu juga mencakup opsi 10 juta poundsterling yang masih harus dibayarkan oleh The Lilywhites.

Adapun Richarlison diikat kontrak berdurasi lima tahun oleh Tottenham Hotspur. Hal tersebut membuat sang pemain bakal mengenakan seragam The Lilywhites setidaknya hingga musim panas 2027 mendatang.


Alasan Tottenham

Foto: 5 Duet Maut di Sepanjang Sejarah Liga Inggris
Perbesar
Son Heung-min dan Harry Kane - Duet terbaik saat ini dipegang oleh pasangan dari Tottenham Hotspur. Kombinasi keduanya mampu menyamai rekor sebelumnya yang dipegang oleh duet Didier Drogba dan Frank Lampard dengan total 36 gol. (AFP/Glyn Kirk)

Bicara soal penyerang, Tottenham Hotspur sejatinya punya banyak senjata di barisan depan. Tim yang finis di peringkat empat klasemen Liga Inggris 2021/2022 itu masih diperkuat oleh Harry Kane. Mereka juga diperlengkapi dengan Son Heung-min yang sukses menyandang gelar top skor bersama Mohamed Salah musim lalu.

Penggawa internasional Swedia, Dejan Kulusevski pun tampil mengesankan bersama The Lilywhites. Meski berstatus sebagai pemain pinjaman, Kulusevski mampu memberi kontribusi penting bagi Tottenham Hotspur.

Sayangnya, Lucas Moura dan Steven Bergwijn diragukan untuk bertahan lama di The Lilywhites. Antonio Conte tak ingin dirinya kekurangan opsi di lini penting skuad. Oleh karena itu, pihak klub memutuskan untuk merekrut Richarlison sebagai alternatif starter musim depan.

Sang pemain internasional Brasil memang layak diberi kepercayaan. Ia telah membuktikan kualitasnya dengan mencetak 53 gol dari total 152 pertandingan bersama Everton. Catatan tersebut membuat Richarlison berpotensi menjadi ancaman bagi klub lain.


Chelsea dan Raheem Sterling

Gagal mengontrak Richarlison, Chelsea kini harus lebih sigap berburu di bursa transfer musim panas. Klub peringkat tiga klasemen Liga Premier 2021/2022 itu santer dikabarkan bakal mengontrak Raheem Sterling dari Manchester City.

Pemilik barunya Todd Boehly bahkan ikut turun tangan untuk melakukan kontak dengan The Citizens. The Sun menyebut Chelsea bakal mengajukan tawaran senilai kurang lebih 50 juta poundsterling demi mendatangkan Sterling.

Proses diskusi antara kedua pihak sejauh ini berjalan baik dan transparan. Kepindahan sang pemain ke Stamford Bridge pun kemungkinan bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Sebagai informasi, Sterling masih memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya di Etihad. Akan tetapi, pesepak bola berusia 27 tahun ini mulai mempertimbangkan potensi transfer ke klub lain agar bisa mendapat lebih banyak waktu bermain.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya