Sukses

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di RS Abdi Waluyo

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo sempat menjalani pengobatan selama dua pekan sebelum meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11:10 WIB. Sebelumnya, menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan RB) itu sempat menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari lalu.

Kabar duka ini dibenarkan petinggi PDIP Junimart Girsang. "Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu

Selama dua pekan ini, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo diketahui sedang menjalani pengobatan di rumah sakit. Kondisi pria kelahiran 1 Desember 1957 itu dikabarkan sempat membaik.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," kata Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya pada 24 Juni lalu.

Rini menambahkan untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. "Betul, Pak Menko menjadi Menpan RB ad interim," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mohon didoakan

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membenarkan kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo. "Benar (meninggal dunia) sekitar jam 11.00 di RS Abdi Waluyo," kata Djarot kepada Liputan6.com.

Namun, Djarot mengaku belum mendapat detail informasi terkait penyebab kematian dan pemakaman rekan separtainya itu. "Belum dapat informasi detail ya dari kelurga dan teman-teman," ucapnya.

Djarot meminta doa agar Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah SWT. "Mohon doanya, semoga almarhum diterima di sisinya," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan karier

Tjahjo Kumolo sangat dikenal di dunia politik. Politisi PDIP ini dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sejak 23 Oktober 2019. Sebelumnya, dalam Kabinet Indonesia Kerja, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Dia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 1985.

Sejak muda, Tjahjo Kumolo aktif dalam berbagai organisasi. Dia pernah menjadi Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dati I Jawa Tengah.

Kemudian, menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990.

Karier politik Tjahjo Kumolo dimulai saat menjadi Anggota Komisi II, III, dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) serta Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993. Kemudian, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI setahun kemudian.

Pada 2004, menteri Jokowi ini terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008). Dia menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini