Menteri PANRB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di RS Abdi Waluyo

Oleh Bogi Triyadi pada 01 Jul 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 13:46 WIB
Moeldoko, Tjahjo Kumolo dan Bambang Brodjonegoro Merapat ke Istana
Perbesar
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo sempat menjalani pengobatan selama dua pekan sebelum meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 11:10 WIB. Sebelumnya, menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (Menpan RB) itu sempat menjalani perawatan intensif sejak beberapa hari lalu.

Kabar duka ini dibenarkan petinggi PDIP Junimart Girsang. "Saya baru dapat kabar sekitar 2 menit yang lalu, Tjahjo sudah dipanggil Tuhan. Sekitar 11.20 WIB," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu

Selama dua pekan ini, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo diketahui sedang menjalani pengobatan di rumah sakit. Kondisi pria kelahiran 1 Desember 1957 itu dikabarkan sempat membaik.

"Betul Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit. Beliau tidak koma, tapi harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," kata Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya pada 24 Juni lalu.

Rini menambahkan untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. "Betul, Pak Menko menjadi Menpan RB ad interim," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Mohon didoakan

Tjahjo Kumolo
Perbesar
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat membenarkan kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo. "Benar (meninggal dunia) sekitar jam 11.00 di RS Abdi Waluyo," kata Djarot kepada Liputan6.com.

Namun, Djarot mengaku belum mendapat detail informasi terkait penyebab kematian dan pemakaman rekan separtainya itu. "Belum dapat informasi detail ya dari kelurga dan teman-teman," ucapnya.

Djarot meminta doa agar Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah SWT. "Mohon doanya, semoga almarhum diterima di sisinya," tuturnya.

 


Perjalanan karier

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Raker dengan Komisi II DPR
Perbesar
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tjahjo Kumolo sangat dikenal di dunia politik. Politisi PDIP ini dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sejak 23 Oktober 2019. Sebelumnya, dalam Kabinet Indonesia Kerja, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Desember 1957. Dia lulus dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro pada 1985.

Sejak muda, Tjahjo Kumolo aktif dalam berbagai organisasi. Dia pernah menjadi Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dati I Jawa Tengah.

Kemudian, menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990.

Karier politik Tjahjo Kumolo dimulai saat menjadi Anggota Komisi II, III, dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) serta Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993. Kemudian, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI setahun kemudian.

Pada 2004, menteri Jokowi ini terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008). Dia menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009).

 

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya