Tak Diikutkan dalam Latihan Pramusim, Xavi Ingin Lepas 4 Pemain Barcelona?

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 01 Jul 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 14:30 WIB
Foto: Kecewanya Xavi Saat Barcelona Kalah Lagi di Markas Sediri, Kali Ini Dijegal Cadiz
Perbesar
Ekspresi kekecewaan pelatih Xavi Hernandez terlihat jelas ketika Barcelona dikalahkan Cadiz dengan skor 0-1 pada laga pekan ke-32 Liga Spanyol 2021/2022 di Camp Nou, Selasa (19/04/2022) dini hari WIB. (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona Xavi Hernandez nampaknya tengah bersiap melakukan penjualan pemain. Empat penggawa tim utama kemungkinan bakal dilepas pada bursa transfer musim panas. Mereka kabarnya tak diikutsertakan dalam sesi latihan pramusim.

Dilansir dari Metro, Barcelona memang tengah mengalami krisis finansial. Kondisi keuangannya yang buruk membuat sang raksasa Catalan harus berpisah dengan megabintang asal Argentina, Lionel Messi, musim panas lalu.

Meski telah melepas sejumlah pemain dalam dua belas bulan terakhir, serta meraup kurang lebih 176 juta poundsterling (Rp3,1 triliun) dari hasil penjualan hak siar, situasi Barcelona masih terbilang mengkhawatirkan.

Hal itu membuat raksasa La Liga perlu menjual penggawa-penggawa lain demi menyeimbangkan pembukuan mereka. Laporan mengeklaim Xavi telah membuat keputusan terkait komposisi skuadnya saat ini.

Menurut Mundo Deportivo, juru taktik asal Spanyol telah meminta Oscar Mingueza dan Riqui Puig untuk tak hadir dalam sesi latihan pramusim. Duo jebolan akademi Blaugrana itu disebut tak masuk dalam rencana Xavi musim depan.

Mingueza memang belum mencatatkan banyak penampilan bersama Barcelona. Ia hanya diturunkan dalam 14 pertandingan pasca kedatangan Xavi Hernandez. Puig pun bernasib serupa. Pemain berusia 22 tahun itu hanya tampil dalam 12 laga bersama Barca.

Kontrak keduanya bakal habis pada penghujung musim depan. Tak heran jika Blaugrana tertarik menguangkan sang penggawa, ketimbang harus kehilangan mereka secara gratis di bursa transfer musim panas 2023.


Pemain Lain

Foto: 5 Pemain yang Jadi Sasaran Tembak Meninggalkan Barcelona Jika Xavi Hernandez Resmi Latih Blaugrana
Perbesar
Samuel Umtiti. Bek tengah ini didatangkan dari Lyon pada awal musim 2016/2017. Pada dua musim pertamanya ia sempat jadi pilihan utama di lini belakang Barcelona. Setelah itu performanya menurun dan lebih sering dicadangkan akibat cedera. Musim ini ia sama sekali belum dimainkan. (AFP/Pau Barrena)

Selain Mingueza dan Puig, pemain internasional Prancis Samuel Umtiti juga dirumorkan bakal hengkang dari Camp Nou. Umtiti pertama kali tiba di Barcelona usai menuntaskan kepindahan dari Lyon pada 2016. Walau sempat dianggap sebagai bek masa depan Barca, serangkaian cedera yang dialami membuat sang pemain gagal memberi kontribusi signifikan bagi klub.

Umtiti sejatinya telah lama dikaitkan dengan kepindahan dari Barcelona. Kariernya bersama sang raksasa Catalan dianggap sudah tamat. Akan tetapi, secara mengejutkan, Umtiti justru menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2026 pada Januari lalu.

Sebagai gantinya, Barcelona melakukan pemotongan gaji cukup besar pada Umtiti. Pesepak bola berusia 28 tahun tersebut harus rela bayarannya berkurang 50 persen dari gaji sebelumnya, usai menyegel kesepakatan anyar bersama Blaugrana.


Martin Braithwaite

Foto: 6 Top Skor Barcelona saat Ditangani Ronald Koeman, Lionel Messi Tetap Paling Gacor
Perbesar
Martin Braithwaite. Striker asal Denmark berusia 30 tahun ini didatangkan Barcelona pada tengah musim 2019/2020 dari Leganes, 6 bulan sebelum kedatangan Ronald Koeman. Bersama Ronald Koeman, ia menjadi pilihan utama dan tampil dalam 45 laga dengan torehan 9 gol dan 5 assist. (AFP/Josep Lago)

Pemain terakhir yang mulai dikaitkan dengan pintu keluar Camp Nou adalah Martin Braithwaite. Pesepak bola asal Denmark itu menyegel kepindahan dari Leganes pada pertengahan musim 2019/2020.

Sayangnya, peran Braithwaite di Blaugrana belakangan kian menurun. Setelah mampu mengoleksi sepuluh gol dari total 56 pertandingan yang dimainkan, Braithwaite cuma mencatatkan lima penampilan bersama Barca musim lalu.

Belum diketahui apakah Barcelona mampu menemukan klub baru bagi pemain-pemain tersebut, sebelum hari terakhir bursa transfer musim panas. Kendati demikian, Mirror menilai ketidakhadiran empat penggawa ini bisa diperpanjang hingga tur pramusim Barca.


Xavi Khawatir

Di sisi lain, Xavi Hernandez mulai khawatir dengan situasi transfer Barcelona. Klub yang ditukanginya hingga kini belum menunjukkan perkembangan apapun. Tak ada pemain yang betul-betul dikontrak. Padahal, sesi pramusim 2022/2023 bakal segera dimulai.

Dilansir dari Liputan6.com, Barca sejatinya ingin membereskan transfer untuk Franck Kessie dan Andreas Christensen. Namun, situasi finansial yang dialami Blaugrana lagi-lagi membuat kedua pemain belum bisa didaftarkan dalam skuad.

Xavi juga diketahui punya keinginan besar untuk merombak timnya jelang kompetisi musim depan. Upaya ini dilakukan demi memperbesar kans Barcelona dalam perebutan gelar. Sang pelatih hingga kini masih menanti kepastian dari Joan Laporta beserta para petinggi klub.

Infografis 3 gelandang Barcelona
Perbesar
Tiga gelandang terbaik Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya