Punya Skuad Mengerikan, Pemain Incaran MU Yakin Timnas Inggris Juara Piala Dunia 2022

Oleh Muhammad Yanto pada 01 Jul 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 15:00 WIB
Foto Piala Eropa: 5 Pemain Lini Tengah yang Bersinar di Euro 2020
Perbesar
Declan Rice - Gelandang bertahan Timnas Inggris ini tampil spartan dan merupakan pilihan utama Gareth Southgate di sepanjang Euro 2020. (Foto/AP/Laurence Griffiths,Pool)

Liputan6.com, Jakarta Pemain Timnas Inggris, Declan Rice memasang target juara di Piala Dunia 2022. Pemain Bidikan Manchester United itu yakin lantaran skuad The Three Lions yang bertabur bintang.

Timnas Inggris memang menjadi salah satu unggulan juara di Piala Dunia Qatar yang berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember.

Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia dengan perkasa. Mereka sama sekali tak menelan kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi.

Inggris memuncaki Grup I dengan poin 26, unggul enam poin dari timnas Polandia yang finis sebagai runner-up.

Declan Rice mengungkapkan, Inggris juga punya skuad yang mewah untuk tampil di Piala Dunia. Dari posisi belakang hingga depan diisi oleh pemain-pemain top dunia.

"Dengan skuad yang kami miliki, dan para pemain yang datang, kami harus menargetkan untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Jelas, kami sangat dekat di musim panas," kata Rice, dilansir Goal.

Lebih lanjut, Rice mengungkapkan bahwa persaingan untuk masuk ke skuad Inggris sangat ketat. Baginya it sangat bagus untuk bersaing dengan tim-tim favorit lainnya di Piala Dunia.

"Tetapi sebagai penggemar Inggris dan juga sebagai pemain, beberapa pemain yang kami miliki di skuad sekarang mengerikan dan betapa bagusnya mereka," katanya.

"Ada yang datang juga yang jelas menginginkan seragam itu dan merupakan pemain yang sangat baik," ujarnya, menambahkan.


Southgate Rubah Pola Pikir

Foto: Melempem di Liga Inggris Kane dan Maguire Trengginas di Timnas Inggris
Perbesar
Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia 2022 dengan rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan Grup I Kualifikasi Zona Eropa dengan delapan kemenangan dan dua hasil imbang. (AP/Antonio Calanni)

Lebih lanjut, Rice mengatakan akan sangat istimewa bagi pemain dan suporter jika Inggris benar-benar menjuarai Piala Dunia. Pasalnya, sejak juara pada 1966 silam, Inggris tak pernah berhasil melakukannya lagi.

"Saya merasa jika kami pergi dan menang di Qatar, wow, itu akan menjadi yang pertama sejak 1966, jadi itu akan sangat besar. Bagi kami sebagai pemain, pikiran kami sudah berada di tempat yang tepat," katanya.

Rice juga menyebutkan, para pemain Inggris kini juga sangat percaya diri lantaran manajer Gareth Southgate telah merubah pola pikir pemain. Piala Dunia adalah hal yang bukan mustahil dimenangkan Inggris.

"Saya merasa setiap kali kami pergi ke turnamen sekarang, Gareth Southgate telah mengubah pola pikir itu dengan para pemain dalam hal keyakinan bahwa kami bisa memenangkannya," tutur gelandang West Ham United itu menambahkan.


Harus Berbenah

Timnas Inggris
Perbesar
Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford menjadi korban rasialisme online setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Timnas Inggris di final Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Inggris harus berbenah jika memang menargetkan juara Piala Dunia 2022. Pasalnya, performa mereka belakangan ini menurun.

Inggris hancur lebur jelang Piala Dunia 2022. Kinerja tim besutan Gareth Southgate menurun dalam beberapa pertandingan terakhir

Inggris gagal meraih kemenangan dalam empat laga EUFA Nations League A 2022/2023. Menelan dua kekalahan dari Hungaria kemudian bermain imbang melawan Jerman dan Italia

Atas hasil buruk itu, Inggris kini berada di dasar klasemen dengan poin dua. Harry Kane dan kolega juga terancam terdegradasi ke Liga B.


Tanggung Jawab

Jordan Henderson
Perbesar
Gelandang Timnas Inggris, Jordan Henderson, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Ukraina pada laga perempat final Euro 2020, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. (AFP/Alberto Pizzoli)

Southgate yang sebelumnya dinilai mengangkat pamor Inggris sebagai finalis Euro 2020 baru mendapatkan perpanjangan kontrak dari FA pada November 2021. Juru taktik 51 tahun itu akan menahkodai Inggris hingga 2024 mendatang.

Ketua FA Inggris, Debbie Hewitt menjelaskan, tidak ada penyesalan yang datang setelah perpanjangan kontrak itu, meskipun Ingris saat ini dalam performa yang menurun. Hewitt membela bahwa Southgate bertanggung jawab atas hal itu semua.

"Reaksi Gareth, seperti dalam segala hal dengan percakapan semacam itu, bahwa itu adalah tanggung jawabnya, selalu ada sesuatu untuk dipelajari."

"Itulah mengapa bekerja dengan orang seperti itu sangat menyenangkan karena keterbukaan untuk belajar itu sangat luar biasa dan sangat tidak biasa dilakukan oleh banyak orang dalam bidang apapun," katanya.


Diminati MU

Foto: 5 Pemain Jebolan Akademi Chelsea yang Bersinar di Klub Lain
Perbesar
Declan Rice menimba ilmu di akademi Chelsea sejak usia enam tahun. Dia kemudian dilepas pada usia 14 tahun dan pindah ke West Ham. Bersama The Hammers, gelandang 23 tahun itu menjelma menjadi salah satu pemain kunci klub tersebut. (AFP/Justin Tallis)

Declan Rice memang telah lama dikaitkan dengan kepindahan ke MU. Pesepak bola berusia 23 tahun itu menuai popularitas usai dirinya dipercaya sebagai salah satu pemain reguler Inggris, serta masuk dalam jajaran penggawa terbaik di Liga Premier.

Dilansir dari Metro, Rice adalah sosok kunci di balik keberhasilan The Three Lions melangkah ke final Euro 2020 musim panas lalu. Ia juga menjadi bagian integral yang membantu West Ham bersaing memperebutkan posisi empat besar di klasemen Liga Inggris musim ini.

Bos anyar Manchester United, Erik ten Hag, pun diyakini sebagai penggemar Rice. Pria berkepala plontos itu kemungkinan bakal menyetujui kepindahan sang pemain dalam rangka mewujudkan ambisinya untuk meraih gelar bersama Setan Merah.

Banner Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021
Perbesar
Banner Infografis Jurus Ketum PSSI Persiapkan Piala Dunia U-20 2021. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya