Performa Jeblok, Bagaimana Nasib Bintang Manchester United di Timnas Jelang Piala Dunia 2022?

Oleh Jefry Hutabarat pada 01 Jul 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Jul 2022, 08:00 WIB
Foto: 7 Raja Hattrick Manchester United di Liga Inggris sejak Era Premier League
Perbesar
Cristiano Ronaldo baru saja menambah koleksi hattrick-nya bersama Manchester United di Liga Inggris saat menghadapi Norwich City (16/4/2022). Sejak era Premier League pada musim 1992/1993, MU memiliki 7 pemain sebagai pengoleksi hattrick terbanyak bagi Setan Merah. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United tampil kurang memuaskan di berbagai kompetisi pada musim ini. Manajer interim Setan Merah, Ralf Rangnick pun mengungkap ada penyebab performa buruk Setan Merah.

Ada beberapa hal dari Manchester United saat musim lalu yang hilang mulai dari kepercayaan diri, semangat tim, dan kebersamaan. Musim 2021-2022 mungkin bisa dibilang sebagai musim yang buruk bagi Manchester United.

Pada musim ini, Manchester United benar-benar tidak mampu bersaing di berbagai kompetisi yang mereka ikuti. Di ajang Liga Inggris, Manchester maksimal hanya akan mampu finis di posisi keenam klasemen akhir.

Sementara di ajang Liga Champions, Manchester United juga hanya mampu mencapai babak 16 besar. Tak berhenti di situ, di kompetisi Piala FA, Manchester United kalah dari klub kasta kedua Liga Inggris, Middlesbrough.

Nah, sekarang pertanyaan bagaimana nasib para bintang The Red Devils di timnas mereka masing-masing?

Ada nama-nama besar, seperti David de Gea, Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Jadon Sancho, Raphael Varane, dan masih banyak lagi yang mencoba untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Piala Dunia yang akan dihelat dalam hitungan bulan yaitu pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Seperti yang dikutip Liputan6.com, Kamis (30/6/2022), ada beberapa nama yang kemungkinan besar akan kehilangan tempatnya di timnas.Hal ini, otomatis mengubur mimpi mereka untuk berlaga di ajang sepakbola terakbar 4 tahunan tersebut. Siapa saja mereka? Berikut ini, daftarnya


Timnas Inggris

Timnas Inggris
Perbesar
Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford menjadi korban rasialisme online setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Timnas Inggris di final Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Saat ini, hanya Harry Maguire jadi satu-satunya pemain MU yang ada di timnas Inggris. Sementara Luke Shaw tidak bisa tampil karena baru saja menjalani operasi.

Belum lagi, manajer timnas Inggris, Gareth Southgate juga tidak memanggil dua nama yang selama ini menjadi langganan Three Lions, seperti Jadon Sancho dan Marcus Rashford. 

Inggris sebenarnya tidak punya banyak pilihan di sektor sayap kiri. Namun menumpuknya stok penyerang membuat peluang Sancho dan Rashford untuk mendapatkan tempat di timnas Inggris semakin berat. Southaget pun berharap mereka mau bekerja lebih keras bersama Setan Merah. 

Sebelumnya, saat mengumumkan skuad yang akan tampil di UEFA Nations League 2022, Southgate sebenarnya sempat berkata kalau kedua pemain ini masih punya cukup waktu untuk merebut kembali tempat mereka di Piala Dunia. 

Hanya saja, Southgate belakangan mulai berubah pikiran. Sekarang, Southgate menyatakan kalau Sancho dan Rashford serta pemain MU lainnya perlu perjuangan yang cukup berat untuk bisa menempati posisi di timnas Inggris proyeksi Piala Dunia Qatar 2022. 

Padahal kedua pemain diatas merupakan salah satu aktor yang membuat Inggris melaju hingga final saat Piala Eropa 2020 lalu. Pertanyaannya, apakah Sancho dan Rashford bisa bermain baik bersama MU, hal yang membuat keduanya bisa bermain di Qatar nantinya.


Timnas Portugal

Foto: Daftar Pemain Manchester United yang Banderolnya Anjlok
Perbesar
Megabintang asal Portugal ini juga ternyata mengalami penurunan banderol yakni sebesar 5 juta euro. Mulanya, banderol CR7 ditaksir sebesar 35 juta euro. Namun, dengan penurunan tersebut, Cristiano Ronaldo ditaksir sebesar 30 juta euro.(AFP/Glyn Kirk)

Perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar semakin dekat, Cristiano Ronaldo kemungkinan akan aman posisinya jika tidak mengalami cedera serius jelang pembukaan nantinya.

Ronaldo memang salah satu pemain yang akan diandalkan di Piala Dunia 2022 Qatar nanti oleh Portugal. Pasalnya Cristiano Ronaldo pemain bintang yang memiliki skill diatas rata-rata dan mempunyai segala penghargaan kecuali Trofi Piala Dunia.

Sehingga perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar ini akan menjadi kesempatan untuk Cristiano Ronaldo melengkapi prestasinya di dunia sepakbola. Dengan ban kapten yang melingkar di lengannya kemungkinan besar pemain berusia 37 tahun ini aman posisinya di Qatar nanti.

Selain, Ronaldo ada Bruno Fernandes dan Diogo Dalot yang masih berusaha untuk mendapatkan tempat utama di skuat Fernando Santos terbang menuju Qatar nantinya.

Mereka harus tampil reguler di skuat MU musim depan agar mendapatkan jaminan utama di timnas Portugas bersama kompatriotnya yakni Ronaldo di Qatar nantinya. 

Portugal sendiri tergabung bersama Korea Selatan, Uruguay dan Ghana dalam penyisihan grup nantinya.


Timnas Spanyol

Foto: 5 Pemain Manchester United yang Layak Dipertahankan Erik Ten Hag pada Musim Depan
Perbesar
Meski lini belakang Manchester United sedang dalam kondisi buruk pada musim ini, David De Gea tetap mampu tampil konsisten menjaga gawang dari Setan Merah. Sebagai pemain yang sudah lama berseragam MU, ia layak dipertahankan oleh Erik Ten Hag musim depan. (AFP/Oscar Del Pozo)

David De Gea telah menjadi penjaga gawang utama timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Namun penampilan buruknya bersama Manchester United, membuat manajer timnas Spanyol Luis Enrique memilih penjaga gawang lain.

Mantan manajer Barcelona itu lebih memilih Unai Simon (Athletic Bilbao) sebagai kiper utama timnas Spanyol. Kemudian David Raya (Brentford) dan Roberts Sanchez (Brighton) sebagai pelapis Simon.

Sementara itu, Enrique mengatakan telah menentukan tiga penjaga gawang untuk timnas Spanyol. Ia pun tak kesulitan untuk menentukan penjaga gawang mana yang akan bermain di setiap pertandingan.

Jika melihat hal ini, situasi De Gea akan semakin sulit belum Piala Dunia 2022 Qatar tinggal dalam hitungan bulan. Kunci agar De Gea, masuk adalah tampil konsisten dan ciamik bersama MU.

Pasalnya, Enrique terlanjur kecewa pasalnya pada Piala Dunia 2018, David De Gea sempat melakukan kesalahan dimana dia harus kebobolan oleh gol Christiano Ronaldo di laga pembukaan melawan Portugal.


Timnas Brasil

Foto: 5 Pemain yang Dibeli Manchester United dengan Harga Terlalu Mahal, Tampil Angin- Anginan dan Sering Blunder
Perbesar
Fred - MU menggelontorkan dana hingga 53,1 juta Pounds untuk menebus Fred dari Shakhtar Donetsk. Tapi jika dilihat dari performanya hingga saat ini tentunya harga tersebut terlalu mahal untuk seorang pemain dengan performa angin-anginan. (AFP/Oli Scarff)

Legenda Timnas Brasil Cafu menyebut negaranya kekurangan pemain bintang jelang Piala Dunia 2022. Hanya Neymar Jr yang dipastikan masuk skuat.

Piala Dunia 2022 Qatar akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember. Brasil, masih menjadi unggulan juara, di samping negara-negara lainnya seperti Prancis, Argentina, Jerman, dan Spanyol.

Lebih lanjut, Cafu menilai hanya bintang Paris Saint-Germain Neymar Jr yang bisa menjadi pemain utama. Selebihnya belum bisa dipastikan. Padahal Manchester United memiliki beberapa pemain asal Brasil mulai dari Fred dan Alex Telles.

Jika melihat dari performa, Fred kemungkinan besar akan terbang ke Qatar nantinya. Sementara, nama Telles kemungkinan mustahil bersaing di bek kiri tim utama Samba pasalnya pelatih Tite lebih mempercayakan posisi ini ke Renan Lodi dan Alex Sandro.

Hanya keajaiban bagi Telles atau menampilkan performa luar biasa bersama Manchester United saat musim baru dimulai. Pasalnya, apabila mantan pemain FC Porto itu bermain baik, maka kemungkinan dia tampil sangatlah besar.

 


Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

Emtek pemegang hak siara Piala Dunia 2022 (Liputan6)
Perbesar
Emtek pemegang hak siara Piala Dunia 2022 (Liputan6)

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya