PP Perbasi Panggil 6 Pemain Untuk Piala Asia 3x3

Oleh Liputan6.com pada 30 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 14:00 WIB
Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia Putra
Perbesar
Penampilan Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia Putra di SEA Games, Hanoi (Sumber: PERBASI).

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) memanggil enam pemain untuk persiapan FIBA 3x3 Asia Cup di Singapura pada 6-10 Juli mendatang. Keenam pemain basket tersebut merupakan gabungan dari pemain timnas di SEA Games dan beberapa nama baru. 

Mereka adalah Lester Prosper, Muhammad Sandy Ibrahim, M. Reza Fahdani Guntara, Rio Disi, Julian Chalias, dan Kevin Moses. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua bidang 3x3 Perbasi, Rama Datau juga mengatakan bahwa akan terjadi pergantian pelatih dari Ali Budimansyah menjadi Nico Donda. Hal ini merupakan salah satu misi besar dari bola basket 3x3 ke depan. 

“Dikarenakan ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh pelatih-pelatih yang lama, terpaksa kita mencari pelatih baru dan juga moment ini sebagai ajang regenerasi untuk pelatih,” ungkap Rama dilansir dari laman resmi federasi. 

Diakuinya, ajang FIBA 3x3 Asia Cup memiliki peran penting dalam upaya PP Perbasi memajukan bolabasket 3x3. Ajang ini akan menjadi pijakan bagi para pemain untuk bisa beregenerasi, ini menyusul masuknya nama-nama, Julian Chalias, Rio Disi, dan Kevin Moses. 

“Kami memang sengaja memanfaatkan FIBA Asia Cup ini sebagai ajang regenerasi pemain di Timnas 3x3,” ujarnya. 


Waktu Persiapan Tidak Panjang

Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia Putra
Perbesar
Timnas Bola Basket 3x3 Indonesia Putra sedang melakukan latihan perdana pada Senin (4/4/2022)

Melihat sekarang sudah bulan Juni, waktu persiapan para pemain untuk FIBA 3x3 Asia Cup 2022 tidak panjang. Mengantisipasi hal tersebut, PP Perbasi akan melakukan pematangan tim melalui internal gim yang akan dilaksanakan di GBK Arena Senayan. 

Selain itu, Timnas basket 3x3 juga tidak akan membuat uji coab ke negara manapun lantaran waktu persiapan yang sedikit. 

“Waktu yang singkat ini akan dimaksimalkan untuk pematangan strategi game dan chemistry antarpemain. Namun kami tidak agendakan uji coba, hanya internal gim,” ucapnya. 

Sebagai informasi, Sandy Ibrahim Aziz dkk akan berada di grup C bersama dengan Filipina dan Yordania pada babak kualifikasi FIBA 3x3 Asia Cup 2022. 


SEA Games 2021

Sebelumnya, Timnas bola basket 3x3 Indonesia yang tidak berhasil mempertahankan medali perak yang diraih di SEA Games 2019. 

Timnas basket 3x3 Indonesia yang berisikan Jamarr Andre Johnson, Oki Wira Sanjaya, Sandy Ibrahim, dan Surliyadin gagal merebut medali di SEA Games 2022 setelah kalah oleh Filipina dengan skor 10-14. 

“Anak-anak sudah bermain maksimal di semifinal. Kami melawan tuan rumah dan harus kami akui mereka bermain sangat bagus. Atas nama semua pemain dan ofisial meminta maaf ke semua pecinta bola basket di Indonesia karena kami tidak bisa membawa medali pulang,” tutur Pelatih Timnas 3x3 Putra, Ali Budimansyah. 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya