Bisakah Argentina Bantu Messi Menjadi "Sempurna" dengan Raih Gelar Piala Dunia 2022?

Oleh Jefry Hutabarat pada 30 Jun 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 30 Jun 2022, 15:00 WIB
Lionel Messi
Perbesar
Timnas Argentina menang 3-0 atas Italia pada laga Finalissima 2022 di Stadion Wembley, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Berkat hasil tersebut, Argentina berhak atas trofi juara. (AP photo/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta- Perjalanan Argentina ke putaran final Piala Dunia 2022 tidak terlalu mulus, tapi juga tidak terlalu berat. Lionel Messi dan kolega finis sebagai runner up pada babak kualifikasi, mereka terpaut enam angka dengan Brasil.

Meski demikian, capaian mereka cukup apik karena tanpa kekalahan. Mereka menang 11 kali dan seri enam kali. Argentina akan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia Qatar 2022. Ini karena mereka adalah pemenang Copa America 2021.

Belum lagi, mereka sempat mengalahkan Italia di Finallisima 2022, ini membuktikan betapa menakutkannya tim ini.

Pada kompetisi kali ini, mereka berada di Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Jika melihat dari statistik, tentu saja Argentina diunggulkan sebagai juara grup.

Arab Saudi tak punya catatan terlalu apik di Piala Dunia. Hanya Meksiko dan Polandia yang mungkin akan memberi Argentina batu sandungan. Walaupun, Polandia akan diperkuat dengan Robert Lewandowski yang terbukti masih jadi mesin gol tertajam di Eropa tapi masih kurang kuat untuk melawan Argentina.

Sebelumnya, winger Angel Di Maria masih meragukan apakah dirinya masuk Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Menurut Di Maria, satu-satunya pemain yang sudah pasti ada di skuad La Albiceleste adalah sang kapten Lionel Messi.

Di Maria saat ini berstatus sebagai pengangguran, alias tak memiliki klub. Antara Di Maria dan PSG tidak menemukan kesepatakan untuk kontrak baru. Alhasil, pemain 34 tahun itu akan bermain untuk klub baru pada musim 2022/2023.

Di Maria melewati tujuh musim yang indah bersama PSG. Di Maria merapat ke Paris pada musim panas 2015 dari Manchester United.

Mantan pemain Real Madrid menjadi andalan di lini tengah PSG. Di Maria total menorehkan 294 penampilan bersama PSG dengan torehan 92 gol dan 118. Ia turut membantu PSG meraih lima gelar Ligue 1.

Di Maria masih menyimpan hasrat untuk membela Argentina di Piala Dunia. Namun, dia khawatir dengan kondisinya saat ini. Jika salah memilih, Di Maria takut pelatih Lionel Scaloni tak meliriknya dan tidak membawanya ke Piala Dunia yang mungkin akan menjadi yang terakhir untuknya.

Dengan skuat mewah, Argentina memiliki deretan pemain muda dan mahal yang membuat mereka kandidat kuat menjadi juara Piala Dunia kali ini.

Belum lagi, Messi memiliki ambisi sangat kuat untuk menjadi juara dan melengkapi gelar individunya dengan Piala Dunia. Apakah bisa Argentina membantu ambisi Messi? Tunggu di bulan November nanti.


Pemain Bintang

Ekuador Vs Argentina
Perbesar
Penyerang Argentina Julian Alvarez berselebrasi dengan Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Ekuador pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Estadio Monumental Banco Pichincha, Rabu (30/3/2022). Argentina dipaksa menelan hasil imbang 1-1 atas Ekuador. (AP Photo/Alexei Alexandrov)

Jika berbicara tentang pemain bintang yang ada di timnas Argentina, tentu saja jawabannya adalah Lionel Messi. Meski mendapat banyak kritikan sejak bergabung dengan PSG, tapi penampilan La Pulga di level timnas masih ciamik.

Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Messi mencetak 7 gol. Ia mempersembahkan trofi Copa America untuk negaranya beberapa waktu lalu.

Bisa dibilang, Piala Dunia 2022 ini adalah kesempatan terakhir Lionel Messi untuk menambahkan medali pemenang ke lemari trofinya yang mengesankan.

Sang superstar akan berusia 35 tahun saat turnamen dimulai, itu artinya Messi bakal berusia 39 tahun pada Piala Dunia 2026. Besar kemungkinan dia sudah pensiun.

Belum lagi, Messi sangat berambisi untuk melengkapi gelar juara yang belum pernah dicapainya. Banyak beranggapan, Messi akan sempurna jika menang Piala Dunia.

Pasalnya, Messi sudah mendapatkan semua mulai dari gelar individu mulai dari Ballon D'Or dan juga gelar bersama klub bersama Barcelona dan Paris Saint Germain.


Pelatih

Foto: Lionel Messi dkk. Ditahan Imbang Tanpa Gol oleh Paraguay dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022
Perbesar
Peluang demi peluang kembali didapatkan tim asuhan Lionel Scaloni, namun masih gagal menembus gawang Paraguay. (AP/Jorge Saenz)

Pelatih La Albiceleste saat ini adalah mantan pemain skuad, Lionel Sebastian Scaloni. Sebelumnya, ia menjabat sebagai asisten manajer sebelum menjabat sebagai pelatih kepala.

Scaloni memecahkan rekor pelatih Argentina sebelumnya, Marcelo Bielsa, yang memiliki catatan tak terkalahkan 18 laga secara beruntun pada tahun 2000-2002.

Scaloni membuat Argentina, dengan catatan 19 laga tak terkalahkan sejak 6 Juli 2019. Kali terakhir mereka kalah berada di tangan Brasil, tepatnya pada semifinal Copa America 2019, pada tanggal 3 Juli tahun tersebut. Saat itu, Albiceleste kalah 0-2 dari Tim Samba. 

Ia menghabiskan sebagian besar karier profesionalnya bersama Deportivo di Spanyol, mengumpulkan total 258 pertandingan dan 15 gol selama 12 musim di La Liga. Ia juga bermain beberapa tahun di Italia, bersama Lazio dan Atalanta.

Scaloni tampil sebanyak tujuh kali untuk Argentina antara tahun 2003 hingga 2006, dan merupakan bagian dari skuad Piala Dunia 2006.  

Karier kepelatihan, Scaloni bergabung dengan staf kepelatihan rekan senegaranya Jorge Sampaoli di klub asal Spanyol, Sevilla.

 

 


Jadwal Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

Latihan Argentina Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 vs Chile
Perbesar
Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni memimpin sesi latihan menjelang pertandingan lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Ezeiza, Buenos Aires, 26 Januari 2022. Argentina akan bermain tandang kontra Chile pada Jumat, 28 Januari 2022. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Timnas Argentina dipastikan lolos ke Piala Dunia Qatar usai menjadi runner up dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Lionel Messi dkk siap beraksi untuk memperebutkan trofi Piala Dunia ketiga mereka.

Piala Dunia 2022 akan menjadi yang terakhir untuk Messi. Saat ini, bintang PSG itu telah menginjak usia 34 tahun. Kemungkinan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 cukup terbuka. Hal ini melihat dari perjalanan Tim Tango di babak kualifikasi. Mereka tidak terkalahkan dan hanya finis di belakang Brasil.

Pada Piala Dunia di Qatar, Argentina menempati Grup C bersama Arab Saudi, Meksiko dan Polandia.

Berikut ini jadwal pertandingan penyisihan grup mereka:

Selasa, 22 November 2022

Argentina vs Arab Saudi

Sabtu, 26 November 2022

Argentina vs Meksiko

Kamis, 1 Desember 2022

Polandia vs Argentina


Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

Emtek pemegang hak siara Piala Dunia 2022 (Liputan6)
Perbesar
Emtek pemegang hak siara Piala Dunia 2022 (Liputan6)

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya