Todd Boehly Turun Tangan, Chelsea Selangkah Lagi Kontrak Raheem Sterling

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 28 Jun 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 28 Jun 2022, 14:00 WIB
Manchester City vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris
Perbesar
Penyerang Manchester City Raheem Sterling berebut bola dengan bek Tottenham Hotspur Emerson Royal pada pekan ke-26 Liga Inggris di Etihad stadium, Minggu (20/2/2022) dinihari WIB. Manchester City takluk 2-3 dari tim tamu, Tottenham Hotspur. (AP Photo/Jon Super)

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Liga Inggris Chelsea telah melakukan upaya awal untuk mendatangkan pemain Manchester City Raheem Sterling. Pemilik barunya, Todd Boehly, bahkan ikut turun tangan demi melakukan kontak dengan The Citizens.

Melansir laporan The Sun, Chelsea bakal mengajukan tawaran resmi senilai kurang lebih 50 juta poundsterling atau sekitar Rp909 miliar. Proses diskusi dengan juara Liga Inggris berjalan baik dan transparan, sehingga kepindahan sang pemain kemungkinan bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

Sterling masih memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya di Etihad. Akan tetapi, pesepak bola yang menerima bayaran 300.000 pounds per pekan itu mulai mempertimbangkan potensi hijrah ke klub lain agar bisa mendapat lebih banyak waktu bermain.

Chelsea nampaknya berniat memanfaatkan situasi tersebut. Manajer The Blues Thomas Tuchel memang sangat tertarik dengan Raheem Sterling. Ia menilai sang penggawa internasional Inggris bakal cocok dengan rencananya di Stamford Bridge.

Laporan Mirror mengeklaim kubu London Barat siap menindaklanjuti tawarannya terhadap Sterling. Meski belum ada kesepakatan terkait persyaratan pribadi, City kemungkinan tak akan menghalangi rencana Chelsea, jika mereka mendapat tawaran yang tepat.

Juru taktik The Citizens Pep Guardiola juga pernah menegaskan dirinya tak akan menahan pemain yang ingin pergi dari Etihad. Para petinggi Manchester City pun disebut tak bakal mencegah kepindahan Sterling di bursa transfer musim panas tahun ini.


Karier Sterling

Gol Phil Foden Antar Manchester City Taklukkan Everton
Perbesar
Penyerang Manchester City, Raheem Sterling (tengah) mengontrol bola saat bertanding melawan Everton pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park di Liverpool, Inggris, Minggu (27/2/2022). Man City menang tipis atas Everton 1-0. (AP Photo/Jon Super)

Raheem Sterling pertama kali tiba di Manchester City pada 2015. Ia hijrah ke Etihad usai menuntaskan transfer senilai 49 juta poundsterling dari Liverpool. Selama berseragam City, Sterling telah mencetak 131 gol dalam 339 pertandingan.

Ia juga sukses mengantar The Citizens meraih empat gelar Liga Premier dan lima piala domestik. Di level internasional, penampilan Sterling pun cukup moncer. Ia tercatat telah tampil di 77 pertandingan bersama Timnas Inggris.

Kendati demikian, pesepak bola berusia 27 tahun itu masih menanti kesempatan untuk menjadi sosok sentral dalam tim yang dibelanya. Kesempatan itu mungkin bisa diperoleh jika Sterling bergabung dengan Chelsea.

Klub yang finis di peringkat tiga klasemen Liga Inggris itu bakal berpisah dengan striker Belgia Romelu Lukaku, yang dipulangkan ke Inter Milan sebagai pemain pinjaman.


Bertahan di City

Foto: 5 Top Assist Liga Inggris yang Masih Berstatus Sebagai Pemain Aktif
Perbesar
Raheem Sterling memiliki koleksi 72 assist dalam 298 laga di Liga Inggris. Sebelum bermain di Manchester City, Sterling telah menorehkan 21 assist bersama Liverpool. Penyerang berkebangsaan Inggris tersebut juga memiliki catatan gol yang impresif di Liga Inggris, yaitu 97 kali. (AFP/Lindsey Parnaby)

Kondisi sebaliknya terjadi jika Sterling memilih untuk bertahan di Manchester City. Eks pemain Liverpool itu kemungkinan makin tersingkir dalam kasta kekuasaan klub, lantaran The Citizens baru saja mengontrak Erling Haaland dan Julian Alvarez.

Sterling tak lagi jadi pilihan utama Pep Guardiola. Pemain kelahiran Jamaica itu lebih sering menghangatkan bangku cadangan. Ia bahkan tak turun sebagai starter dalam dua leg semifinal Liga Champions kontra Real Madrid, serta laga pemungkas Liga Inggris musim lalu melawan Aston Villa.

Sebagai informasi, hubungan Sterling dan Guardiola memang tidak terlalu baik sejak musim semi 2021. Situasi tegang ini mulai berlangsung beberapa minggu setelah The Citizens kalah dari Setan Merah dalam derby Manchester.


Skenario Hengkang

Foto: 5 Pemain Inggris yang Masih Aktif Bermain dengan Koleksi Gol Terbanyak di Liga Inggris, Harry Kane Masih Rajanya
Perbesar
Raheem Sterling. Gelandang berusia 27 tahun yang kini memasuki musim ke-7 bersama Manchester City sejak 2015/2016 ini telah mencetak total 100 gol dari 304 laga di Premier League. Gol-gol tersebut termasuk bersama Liverpool yang dibelanya pada 2011/2012 hingga 2014/2015. (AFP/Oli Scarff)

Skenario hengkang dari Manchester City sebenarnya bukanlah hal yang baru bagi Sterling. Pemain berusia 27 tahun itu sebelumnya sudah terang-terangan membuka diri pada tawaran bermain di luar Inggris. Real Madrid dinilai sebagai salah satu pelabuhan ideal bagi Sterling.

“Kalau ada peluang untuk pergi ke tempat lain, saya akan terbuka untuk itu. Saya harus belajar bahasa. Saya agak tertarik dengan aksen Prancis dan Spanyol,” kata Sterling kepada Business of Sport US Summit, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Meski ingin merumput di Bernabeu, Sterling nampaknya tak menutup kemungkinan pada potensi transfer ke Chelsea, asal The Blues mampu memenuhi syarat darinya. Laporan menyebut penggawa internasional Inggris itu ingin mendapat jaminan bahwa ia bakal menjadi bagian dalam rencana Thomas Tuchel musim depan.


Ousmane Dembele

Selain Raheem Sterling, Chelsea juga dikabarkan tengah berupaya mengontrak Ousmane Dembele. Pemain internasional Prancis itu bakal menghabiskan masa kontraknya di Barcelona pada penghujung Juni tahun ini.

Manajer The Blues Thomas Tuchel sebelumnya telah melepas dua pemain, yakni Antonio Rudiger dan Andreas Christensen. Rudiger dikonfirmasi pindah ke Real Madrid. Sementara itu, Christensen kemungkinan akan hijrah ke raksasa Catalan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya