Sukses

32 Tim dari 5 Negara Berebut Gelar Juara Garuda International Cup 2

32 tim peserta Garuda International Cup 2 berasal dari lima negara Asia Tenggara. Turnamen ini berlangsung akhir Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi sepak bola usia dini di Indonesia kembali bergeliat setelah covid-19 mereda. Bahkan kini turnamen sepak bola usia dini level internasional sudah bisa diadakan lagi di Indonesia.

Turnamen Transtama-Garuda International Cup 2 (Transtama-GIC 2) akan segera dilangsungkan di ASIOP Training Ground, Sentul. Ajang ini rencananya berlangsung pada 30 Juni hingga 3 Juli mendatang. Istimewanya turnamen ini akan diikuti peserta dari luar negeri.

Sebanyak 32 akademi sepak bola yang berasal dari lima negara Asia Tenggara siap menunjukkan kemampuannya dalam Transtama - Garuda International Cup 2.

Garuda International Cup merupakan kelanjutan turnamen yang pernah diselenggarakan di Bandung pada 2015 silam. Kala itu peserta cuma akademi-akademi terbaik dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Pada jilid kedua peserta bertambah yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Ketua Panitia GIC 2, Runie Virgiani yakin Transtama-Garuda International Cup 2 yang mengusung tagline 'The Season Is Coming, Lets Have Fun' akan menjadi program yang bisa membanggakan Indonesia dan berkelanjutan.

“Kami mau membuktikan bahwa Indonesia juga bisa dan mampu membuat turnamen berskala internasional yang berkualitas seperti yang banyak dilakukan negara-negara lain di luar negeri, seperti Singa Cup, JSSL, ANZA Cup, Gothia Cup, atau Iber Cup. Kita ingin Indonesia itu punya turnamen usia muda yang besar dan menjadi kebanggaan untuk Indonesia di mata dunia tentunya dengan mengangkat ikon kita yaitu Garuda Cup,” ucap Runie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Format

Turnamen GIC 2 2022 akan diikuti total 32 tim yang terbagi dari 16 tim di U-12 dan 16 tim di U-17. Tim-tim yang akan ambil bagian di kategori U-12 antaranya yaitu ASIOP, PSIS Development, Akademi Persib, Elang Mas Sriwijaya, Best FC Malaysia, AUFC Malaysia, dan Next Bali Generation.

Sementara untuk peserta usia 17 tahun di antaranya ASIOP, FABD Brunei, SID FC Kelantan Malaysia, ASIFA, Safin Pati, Sulut United, Woodlands Warriors FC Singapura, Central Visayas Filipina, dan Timnas Pelajar BLISPI.

“Jadi turnamen ini akan diikuti oleh akademi-akademi yang hampir mewakili beberapa kota-kota besar di Indonesia seperti ada dari Sulut United, PSIS, akademi Persib, ASIFA Malang, dari Safin Pati. Jadi dari segi kualitas kompetisi sangat bagus karena akan diikuti perwakilan dari berbagai daerah dan tim luar negeri,” ucap Runie dalam konferensi pers Transtama-GIC 2 di ATG Sentul, Senin (26/06/2022).

3 dari 4 halaman

Membangkitkan Sepak Bola

Sementara itu Steering Committee (SC) Transtama-GIC 2, Novema Andryani berharap turnamen GIC 2 bisa membangkitkan kembali energi dan gairah sepak bola Indonesia setelah hampir tiga tahun dilanda pandemi Covid-19.

“Harapannya Transtama-Garuda International Cup 2 ini bisa membangkitkan kembali gairah sepak bola Indonesia. Apalagi, kami juga punya tagline yang menarik di Transtama-GIC 2 ini yaitu ‘The Season Is Coming, Lets Have Fun’. Artinya, ini saatnya kita bangkit. Sepak bola Indonesia harus kembali bergairah dan kita semua siap untuk kembali ke normal,” kata Novema Andryani.

Vema, sapaan akrab Novema, juga yakin turnamen ini akan semakin menarik karena panitia Transtama-GIC 2 akan mengemas turnamen ini dengan memadukan unsur sport dan hiburan.

“Turnamen Transtama-GIC 2 ini semakin menarik karena kami mengemas turnamen ini dengan memadukan unsur sport dan hiburan. Jadi nanti di venue ini akan terdapat banyak games-games yang menarik untuk dimainkan. Selain itu nanti pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan band dan DJ, kemudian juga ada bazaar. Serta, saat bersamaan kami juga akan menyelenggarakan dance competition yang diikuti beberapa SMA dari kawasan Jabodetabek,” ucap Vema.

Turnamen Transtama-GIC 2 ini tentunya dapat terlaksana berkat dukungan para sponsor, salah satunya Transtama Logistics yang menjadi sponsor utama event ini.

4 dari 4 halaman

Peserta

Kelompok U-17

Grup A: FABD-2 (Brunei), ASIOP Merah, SID Kelantan (Malaysia), Fatto Zapelo

Grup B: Tuah SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Elang Emas Sriwijaya, FABD-1 (Brunei), ASIFA

Grup C: Bintang Gombak (Malaysia), Sulut United, Jebat SSN SMK Seri Kota (Malaysia), Timnas Pelajar BLISPI

Grup D: Woodlands Warriors FC (Singapura), Safin Pati FA, Centra Visayas FA (Filipina), ASIOP Biru

Kelompok U-12

Grup A: Elang Emas Sriwijaya, Next Bali Generation, AUFC (Malaysia), ASIOP Merah

Grup B: Best FC (Malaysia), ASIOP Biru, PSIS Development, One More International

Grup C: Farmel, Skylima, CS Private, Alba FC

Grup D: Akademi Persib Karawang, Raga Negeri FA, Erlangga FA, Jakarta Academy Soccer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.