Sukses

Catat! Ini 7 Pertandingan Terbesar di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022 Qatar

Dunia 2022 diprediksi langsung berjalan sengit sejak babak penyisihan. Dan, kami telah memilih beberapa pertandingan terbesar untuk ditandai di kalender. Berikut daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Undian Piala Dunia 2022 sudah digelar di Doha, Qatar, Jumat (1/4/2022). Jadwal pertandingan untuk babak penyisihan grup juga sudah ditetapkan.

Piala Dunia 2022 Qatar diikuti 32 tim. Benua Eropa menjadi yang terbanyak mengirimkan wakilnya dengan total 13 negara.

Sejarah tercipta dalam berlangsungnya Piala Dunia. Untuk pertama kalinya, Asia mempunyai enam wakil. Selain tuan rumah Qatar ada Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, dan Australia.

Piala Dunia 2022 dimulai pada 21 November hingga 18 Desember. Ini adalah pertama kalinya Piala Dunia diadakan di Timur Tengah dan yang kedua di Asia, setelah Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama pada tahun 2002.

Juara bertahan Prancis masuk ke Grup B bersama Australia, Denmark dan Tunisia. Sedangkan pemilik gelar Piala Dunia terbanyak, Brasil tergabung di Grup G bersama Serbia, Swiss dan Kamerun.

Piala Dunia 2022 diprediksi langsung berjalan sengit sejak babak penyisihan. Dan, kami telah memilih beberapa pertandingan terbesar untuk ditandai di kalender. Berikut daftarnya.

Para pecinta sepakbola tak perlu khawatir akan ketinggalan laga-laga besar di Piala Dunia. Pasalnya, Emtek Grup sebagai pemegang hak siar bakal menayangkan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar.

Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini di bola.liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Senegal vs Belanda - 21 November

Hari pembukaan Piala Dunia dimulai dengan tuan rumah Qatar menghadapi Ekuador. Tapi, pertandingan Grup A lainnya pada 21 November tak kalah menegangkan.

Itu adalah duel Senegal melawan Belanda. Senegal adalah yang terkuat dari lima perwakilan Afrika di Piala Dunia 2022.

Mereka telah membuktikannya sebagai pemenang Piala Afrika awal tahun ini dan keberhasilan mereka menyingkirkan Mesir di babak play off. Sementara Belanda adalah finalis tiga kali Piala Dunia.

Duel ini juga akan menarik lantaran pertemuan Sadio Mane dan mantan rekannya di Liverpool, Virgil van Dijk.

3 dari 8 halaman

Belgia vs Kanada - 23 November

Belgia saat ini berada di nomor dua Peringkat Dunia FIFA. Belgia tidak diragukan lagi adalah tim kelas atas, tetapi masih kekurangan trofi.

Tim asuhan Roberto Martinez akan menjadi favorit berat dalam pertandingan pembuka Grup F melawan Kanada.

Namun, Kanada tidak bisa dianggap remeh. Mereka baru saja mencatatkan sejarah lolos ke Pial Dunia untuk pertama kalinya sejak 36 tahun terakhir.

Seperti Belgia, Kanada juga pemain-pemain top seperti Alphonso Davies, Jonathan David dan Milan Borjan.

 

4 dari 8 halaman

Prancis vs Denmark - 26 November

Sejak Brasil pada tahun 1962, tidak ada tim yang bisa memperthankan gelar juara di Piala Dunia. Dan, Prancis akan mencoba mematahkan itu.

Prancis akan memulai petualangan mereka di Piala Dunia 2022 melawan Australia. Tapi, duel kontra Denmark pada 26 November akan menjadi pertandingan sengit di antara keduanya.

Ini akan menjadi pertemuan keempat mereka di Piala Dunia. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 di Piala Dunia 2018 Rusia.

Hal yang juga membuat laga ini menarik adalah, Christian Eriksen berpotensi bermain di turnamen besar untuk pertama kalinya sejak serangan jantung di Euro 2020.

5 dari 8 halaman

Argentina vs Meksiko

Derby Amerika Latin antara Argentina dan Meksiko dapat menentukan siapa yang memuncaki Grup C. Ini menjadi kesempatan untuk Meksiko memburu kemenangan pertama atas La Albiceleste sejak Copa America 2004.

Sebelumnya mereka telah gagal dalam sepuluh kesempatan. Di satu sisi, salam apa yang mungkin menjadi Piala Dunia terakhir Lionel Messi, Argentina tidak akan mau tergelincir.

Argentina punya modal besar untuk menjadi juara Piala Dunia 2022. Mereka baru saja menjadi juara Coppa America 2021 setelah mengalahkan Brasil. Selain itu, Argentina memenangi Finalissima usai menekuk Italia 3-0.

6 dari 8 halaman

Spanyol vs Jerman - 27 November

Spanyol dan Jerman adalah dua kekuatan sepak bola Eropa yang sedang mencari kembali kejayaan mereka.

Pada Piala Dunia sebelumnya di 2018, Jerman yang berstatus juara bertahan hancur lebur. Mereka gagal lolos ke fase grup setelah di lga terakhir kalah memalukan 0-2 dari wakil Asia, Korea Selatan.

Sementara Spanyol, sejak menjadi juara Piala Dunia 2010 kesulitan untuk kembali menjadi penguasa dunia. Mereka kehilangan sosok berkelas macam Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Iker Casillas, dan Carles Puyol.

7 dari 8 halaman

Iran vs Amerika Serikat 29 Juni

Mungkin tidak mengejutkan, mengingat hubungan geo-politik yang kompleks antara Iran dan Amerika.

Kedua tim hanya bertemu dua kali dalam sejarah. Pertandingan pertama yang tak terlupakan terjadi di Piala Dunia 1998.

Saat itu, para pemain Iran memberikan mawar putih kepada Amerika sebagai simbol perdamaian sebelum menang 2-1. Itu menjadi kemenangan pertama kalinya di putaran Final Piala Dunia bagi Iran.

Pertandingan itu juga digambarkan sebagai “pertandingan paling bermuatan politik dalam sejarah Piala Dunia”.

8 dari 8 halaman

Ghana v Uruguay - 2 Desember

Kedua tim sebelumnya pertama bertemu di perempat final Piala Dunia 2010. Momen yang paling ikonik adalah handball Luis Suarez di depan gawang.

Saat itu pertandingan memasuki menit-menit akhir dan skor seimbang 1-1. Andai Suarez tidak melakukan penyelamatan 'haram' itu, mungkin Uruguay sudah tersingkir.

Suarez diberi kartu merah, namun beruntungnya Uruguay, Asamoah Gyan gagal mengeksekusi penalti. Pertandingan dilanjutkan hingga babak tambahan, dan dilanjutkan babak adu penalti.

Pada akhirnya, Ghana kalah secara menyedihkan. Mereka gagal menjadi tim Afrika pertama dalam sejarah yang mencapai semifinal Piala Dunia.

Suarez jelas masih menjadi musuh publik nomor satu di Ghana dan fakta bahwa dia bisa bermain di pertandingan ulang tahun 2022 menambah bumbu tambahan pada pertandingan Grup H ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.