MU Tolak Tawaran Barcelona Jadikan Maguire Bagian Kesepakatan Transfer

Oleh AY Yustiawan pada 27 Jun 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 19:00 WIB
Logo Ilustrasi MU
Perbesar
Suasana di luar kandang Manchester United (MU), Old Trafford. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU dilaporkan telah menolak proposal transfer dari Barcelona. Pada penawaran itu Harry Maguire digunakan sebagai bagian dari kesepakatan untuk Frenkie de Jong.

MU, dalam beberapa minggu terakhir ini, memang telah terkunci dalam negosiasi dengan tim asuhan Xavi mengenai kesepakatan untuk De Jong. Itu setelah Erik ten Hag mengidentifikasi pemain berusia 25 tahun itu sebagai target utama musim panasnya.

De Jong dan Ten Hag pernah menikmati masa tugas bersama dan meraih sukses di Ajax. Namun, De Jong kemudian pindah ke Camp Nou pada 2019, dan dia terikat kontrak di Catalonia selama empat tahun lagi.

Barcelona dilaporkan mengajukan tawaran 73 juta pounds untuk penjualan gelandang itu musim panas ini. Namun, penawaran yang bisa dilakukan MU masih jauh dari harga yang diminta Blaugrana.

Karenanya, dalam upaya membantu MU menurunkan harga, Barcelona tertarik memboyong Maguire ke klub tersebut untuk musim 2022-23.


Dikritik

Foto: Manchester United Pesta Gol ke Gawang Everton pada Laga Uji Coba Liga Inggris
Perbesar
Tujuh menit berselang, giliran Harry Maguire yang mencatatkan namanya di papan skor. Memanfaatkan umpan silang Luke Shaw, Harry Maguire menyundul bola yang akhirnya bersarang di pojok kanan gawang. (Foto: AFP/Lindsey Parnaby)

Namun, Man United menolak proposal itu, karena Ten Hag masih ingin memiliki bek tengah di jajarannya untuk musim pertamanya yang bertanggung jawab di Old Trafford.

Maguire mengenakan ban kapten di bawah asuhan Ralf Rangnick dan Ole Gunnar Solskjaer musim lalu. Tapi, belakangan banyak dikritik menyusul serangkaian penampilan yang penuh kesalahan.


Kemajuan

Foto: 5 Pemain Top yang Mendapatkan Cemoohan dari Fansnya Sendiri pada Musim Ini
Perbesar
Nama pertama ada Harry Maguire. Musim ini, bek tengah itu banyak menuai kritikan dari para fans Setan Merah karena penampilan buruknya di lini belakang. Puncaknya, ia mendapatkan sorakan memalukan saat MU dikalahkan Atletico Madrid di Old Trafford pada babak 16 besar Liga Champions. (AFP/Paul Ellis)

Pemain berusia 29 tahun itu bisa saja dicopot dari jabatan kapten oleh Ten Hag menjelang musim baru. Namun, Ten Hag masih memberi kesempatan pada Maguire untuk membuktikan dirinya memperkuat pertahanan mereka.

Sementara itu, laporan lain menambahkan bahwa MU dan Barcelona telah membuat kemajuan dalam pembahasan De Jong, dan ada optimisme yang berkembang bahwa kesepakatan dapat dicapai.


Tur Pramusim

Foto: 5 Pemain Manchester United yang Paling Sering Dimainkan oleh Solskjaer di Liga Inggris Musim Ini, Maguire Masih Belum Tergantikan
Perbesar
Aaron Wan-Bissaka memainkan 11 pertandingan penuh pada musim ini dengan mecatatkan 990 menit bermain. Ia bermain kokoh saat bertahan dengan membuat 1,4 intersep, 1,3 sapuan, dan 0,6 pelanggaran. Namun, kontribusinya dalam penyerangan hanya membuat 0,5 umpan silang per laga. (AFP/Paul Ellis)

Ten Hag diduga ingin menyelesaikan kesepakatan untuk De Jong tepat waktu agar bisa ikut tur pramusim MU. Rencananya, Setan Merah akan melakukan perjalanan ke Thailand dan Australia bulan depan.

Pemain internasional Belanda telah mencetak 13 gol dan membuat 17 assist dalam 139 pertandingan untuk Barcelona sejak 2019. Namun, sejauh ini hanya memenangkan satu Copa del Rey bersama raksasa Catalan.


Kemungkinan Keluar

Foto: 5 Transfer Besar yang Bisa Terjadi pada Musim Panas 2022
Perbesar
Frenkie de Jong merupakan pemain andalan Barcelona. Namun, beredar kabar jika gelandang muda tersebut bakal dijual untuk meringankan krisis keuangan yang terjadi di tubuh Blaugrana. Nama yang paling santer akan menggaet De Jong adalah Manchester United. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan Erik Ten Hag, yang merupakan pelatih De Jong di Ajax Amsterdam. (AFP/Lluis Gene)

De Jong mengakhiri musim 2021-22 setelah mengumpulkan empat gol dan lima assist dalam 46 pertandingan di semua kompetisi.

Di sisi lain, Barcelona diperkirakan akan menyelesaikan penandatanganan Franck Kessie menjelang kemungkinan keluarnya pemain Belanda itu.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya