Siapa yang bisa Kejar Rekor Gol Top Skor Sepanjang Masa, Klose? Messi? Ronaldo atau Muller?

Oleh Jefry Hutabarat pada 27 Jun 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 27 Jun 2022, 17:00 WIB
Pemain Terbaik Eropa
Perbesar
8. Miroslav Klose (Jerman) - Nalurinya mencetak gol sangat luar biasa, tercatat dirinya mampu jadi top skor sepanjang masa dari Jerman. Perna mengantar Der Panser juara dunia namun belum pernah jadi juara Eropa. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Liputan6.com, Jakarta Sejak diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay, ada sekitar 1.200 pemain yang telah mencetak gol di Piala Dunia. Guillermo Stabile dari Argentina dengan torehan delapan gol menjadi top skor pertama kala itu. 

Ada 29 pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak. Mereka berasal dari 19 negara, dengan Brasil diwakili lima orang. Negara-negara Amerika Selatan mengirim lima nama lain dan 19 berasal berbasis Eropa. 

Dengan, Piala Dunia 2022 Qatar tinggal dalam hitungan bulan. Gelar top skor atau pencetak gol terbanyak merupakan salah satu status paling yang diinginkan semua pemain sepak bola di dunia. 

Di Piala Dunia 2018 Rusia, empat tahun lalu nama kapten timnas Inggris, Harry Kane keluar sebagai top skor dengan enam gol. Tapi sayang, dia gagal menghantarkan Inggris menjadi juara.

Lantas pertanyaan sekarang apakah rekor top skor Piala Dunia sepanjang masa akan pecah di Qatar pada November nanti?

Hingga saat ini, nama Miroslav Klose menjadi penyerang andalan Timnas Jerman di event-event besar mulai dari Piala Eropa hingga Piala Dunia masih menjadi pemegang gelar top skor sepanjang masa dengan mencetak 16 gol di seluruh perhelatan Piala Dunia. 

Klose terhitung mengikuti Piala Dunia edisi 2002, 2006, 2010, dan 2014. Pada edisi terakhirnya tersebut, pemain timnas Jerman sukses menjadi top skor.

Pada Piala Dunia 2014 lalu, mantan pemain Bayern Muenchen ini berhasil mengalahkan jumlah gol yang ditorehkan Ronaldo dari Brazil selama mengikuti ajang Piala Dunia dan membuatnya menjadi top skor Piala Dunia sepanjang masa di urutan pertama dengan torehan 16 gol, 1 gol lebih banyak dibandingkan bintang Brasil, Ronaldo.

Jika melihat beberapa pemain bintang yang kemungkinan akan main di Qatar nanti. Ada beberapa pemain yang mempunyai kesempatan untuk memecahkan rekor tersebut.Siapa saja kah mereka? Apakah ada nama megabintang Argentina, Lionel Messi ataupun kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo? Berikut rangkumannya seperti yang telah dihimpun Liputan6.com


Thomas Muller - 10 Gol

FOTO: Jerman Lumat Italia UEFA Nations League
Perbesar
Pemain Jerman Thomas Muller (kedua kiri) mencetak gol ke gawang Italia pada pertandingan sepak bola UEFA Nations League di Moenchengladbach, Jerman, 14 Juni 2022. Jerman mengalahkan Italia 5-2. (AP Photo/Martin Meissner)

Nama pemain timnas Jerman Thomas Muller menjadi salah satu bintang teratas yang berpeluang memecahkan rekor dari Klose. Dengan torehan 10 gol, Muller hanya membutuhkan tujuh gol lagi saat Piala Dunia 2022 di Qatar nanti. 

Pemain Bayern Muenchen ini adalah salah satu striker terbaik yang dimiliki Timnas Jerman, dan tidak diasingkan lagi bahwa Muller banyak digemari setiap pecinta bola.

Saat kualifikasi kemarin, Muller bisa membawa negara Jerman Lolos di Piala Dunia 2022 sebagai negara pertama yang ke Qatar. 

Pemain berusia 32 tahun itu, sangat berpeluang memecahkan rekor gol terbanyak pasalnya Jerman tergabung di grup yang relatif mudah. Walaupun hanya Spanyol yang bisa menjadi batu sandungan tim Panser saat penyisihan grup nantinya.

Di pertandingan pertama, Jerman akan menghadapi Jepang yang di atas kertas akan berjalan mudah bagi Muller cs. Andaikata, bisa mencetak gol disini kemungkinan besar Muller akan lancar membuka keran golnya di Piala Dunia nanti.Performa sang pemain juga sedang bagus, karena di pertandingan terakhir bersama Jerman, dia berhasil mencetak satu gol saat melawan Italia. Dengan Spanyol di pertandingan kedua, kemungkinan Muller akan mencetak banyak gol saat bermain kontra Kosta Rika jika dilihat level permainan dari kedua tim.


Cristiano Ronaldo - 7 Gol

Cristiano Ronaldo
Perbesar
Ekspresi Cristiano Ronaldo setelah menuntaskan penalti ke gawang Inggris dalam perempatfinal Piala Dunia 2006, 1 Juli 2006. (AFP/Patrik Stollarz)

Cristiano Ronaldo saat ini telah mengemas tujuh gol di sepanjang kiprahnya di Piala Dunia. Ia terpaut sembilan bola dari top skor sepanjang masa asal Jerman, Miroslav Klose.

Di pertandingan pertama penyisihan grup, Portugal akan menghadapi Ghana. Dari rekor gol Ronaldo, sang pemain pernah mencetak satu gol ke gawang Ghana tepatnya pada penyisihan grup Piala Dunia 2014 lalu.Jadi besar peluang, sang pemain akan melakukan hal sama saat melawan Ghana nantinya. Di laga kedua, CR7 julukan sang pemain akan menghadapi Uruguay.

Uruguay pernah menjadi mimpi buruk Portugal saat Piala Dunia 2018 lalu, saat itu Ronaldo gagal menunjukkan performa terbaik yang membuat mereka tersingkir ketika itu.

Nah, di laga terakhir Ronaldo harus menghadapi Korea Selatan. Sejauh ini, Ronaldo sudah mencetak empat gol ke negara asal Asia tapi tidak termasuk ke gawang Korea Selatan. Karena kedua tim belum pernah bertemu sebelumnya.

Berhubung ketajaman Cristiano Ronaldo belum kendur, masih ada peluang baginya melewati pencapaian Miroslav Klose. Andaikata, timnas Portugal melaju sampai final Piala Dunia 2022, kemungkinan besar Ronaldo melewati koleksi gol Miroslav Klose.

Hal itu sekaligus menahbiskan Cristiano Ronaldo sebagai top skor Piala Dunia sepanjang masa.

 


Harry Kane - 6 Gol

Foto: Inggris Imbangi Jerman Lewat Gol Penalti Harry Kane di EUFA Nations League
Perbesar
Setelah menderita kekalahan dari Hungaria pada akhir pekan lalu, kali ini Inggris mendapatkan satu poin usai menahan imbang Jerman pada matchday 2 Grup A3 UEFA Nations League 2022/23 di Allianz Arena, Rabu (8/6/2022) dini hari WIB. (AFP/Tobias Schwarz)

Hanya masalah waktu sampai Harry Kane memecahkan rekor sebagai top scorer sepanjang masa Timnas Inggris. Kane diyakini akan meraih rekor tersebut di ajang Piala Dunia 2022.

Itulah anggapan dari banyak mengenai rekor gol yang kemungkinan akan dipecahkan pemain berusia 28 tahun tersebut. Dengan modal enam gol saat Piala Dunia 2018, Kane berselisih 10 gol dari Klose pemegang rekor top skor sepanjang masa Piala Dunia.

Kontra Iran, di pertandingan pertama, kemungkinan besar Inggris akan pesta gol dalam pertandingan tersebut. Hal ini, dikarenakan rekor apik Inggris jika bersua tim asal Asia.

Di laga kedua, Inggris akan bertemu Amerika Serikat, timnas Tiga Singa kemungkinan juga akan menang di atas kertas. Dengan, Kane sebagai ujung tombaknya.

Wales akan menjadi negara terakhir yang akan dihadapi Kane cs. Tinggal tunggu waktu, pemain Tottenham Hotspur tersebut meledak di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini.

Belum lagi, Kane sudah pasti menjadi jaminan tim utama dalam perhelatan Piala Dunia nanti.


Lionel Messi - 6 Gol

Foto: 5 Pasang Pemain Berkelas yang Ternyata Rekan Duet di Klub dan Timnas
Perbesar
Angel Di Maria dan Lionel Messi - Dua pemain Argentina ini merupakan pilar keberhasilan Tim Tango meraih juara Copa America 2021 lalu. La Pulga yang baru pindah ke PSG kini akan bahu-membahu bersama Di Maria membawa kejayaan klub kebanggaan kota Paris tersebut. (AFP/Nelson Almeida)

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan pemain terbaik di dunia saat ini. Hal tersebut membuat performa keduanya di atas lapangan kerap dibanding-bandingkan.

Di level timnas, berbekal 10 gol, Gabriel Batistuta masih menjadi pemain tersubur timnas Argentina pada ajang Piala Dunia. Sementara itu, Lionel Messi telah menorehkan enam gol dari 19 laga yang dilewatinya di Piala Dunia.

Dengan begitu, La Pulga bisa saja mengukir rekor sebagai pencetak gol terbanyak Argentina di Piala Dunia seandainya bisa mengemas tambahan 5 gol ke gawang lawan di Qatar 2022.

Pemain Paris Saint Gemain itu juga berpeluang menjadi top skor Piala Dunia sepanjang masa jika mampu mencetak minimal sebelas gol nantinya.Argentina harus menghadapi Arab Saudi di laga awal, kemungkinan besar Messi bisa menggila dalam laga ini. Selanjutnya, Meksiko yang diatas kertas juga jauh atas Argentina.Hanya Polandia yang kemungkina besar akan menjadi sandungan Messi dkk dan kesulitan mencetak gol nantinya.


Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

Emtek grup pegang hak siar Piala Dunia 2022
Perbesar
foto: Emtek

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya