Sukses

Kedipan Jahat Cristiano Ronaldo dan Gol Pertama di Piala Dunia

Di babak 8 besar Piala Dunia 2006, kamera televisi menangkap momen Cristiano Ronaldo melirik sambil mengedipkan mata ke arah bangku cadangan Portugal. Ekspresi ini kemudian dianggap media-media Inggris sebagai perayaan Rooney dikartu merah.

Liputan6.com, Jakarta- Cristiano Ronaldo akan tampil untuk yang kelima kali di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, megabintang Manchester United itu menjalani debut di Piala Dunia 2006 dan tak tergantikan di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018.

Ronaldo berhasil membawa Portugal lolos ke Piala Dunia 2022 secara dramatis. Selecao das Quinas mengalahkan Makedonia Utara di final Play-off Jalur C zona Eropa

Piala Dunia pertama Ronaldo tentu saja tak terlupakan, paling tidak karena perannya dalam menyingkirkan Inggris di babak 8 besar.

Insiden menarik terjadi saat Wayne Rooney diusir dari lapangan. Hal itu diawali ketika Rooney sengaja menginjak selangkangan Ricardo Carvalho. Seluruh pemain Portugal, termasuk Ronaldo kemudian mengerubungi wasit.

Ekspresi Ronaldo saat itu begitu emosional untuk memprovokasi wasit, dia menunjuk-nunjuk Carvalho yang kesakitan.

Tidak terima dengan perlakuan Ronaldo, Rooney langsung menarik lengan rekan satu klubnya tersebut. Setelah beberapa menit, Elizondo kemudian membawa Rooney menepi ke tempat yang lengang untuk memberikan kartu merah.

Kamera televisi kemudian menangkap momen saat Ronaldo melirik sambil mengedipkan mata ke arah bangku cadangan Portugal. Ekspresi ini kemudian dianggap media-media Inggris sebagai perayaan.

Pertandingan kemudian dilanjutkan. Meski unggul jumlah pemain, Ronaldo cs gagal meraih kemenangan di waktu normal. Skor 0-0 bertahan hingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Portugal kemudian memenangkan pertandingan 3-1 Ronaldo menjadi penentu kemenangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gol Debut Ronaldo

Ronaldo tampil di Piala Dunia 2006 saat usianya 21 tahun. Portugal berada di Grup D bersama Meksiko, Angola dan Iran.

Ronaldo langsung dimainkan di laga perdana lawan Angola. Namun CR7 tak berhasil mencetak gol. Di laga kedua kontra Iran, barulah Ronaldo pecah telur.

Ronaldo mencetak gol pada menit ke-80. Dia diberi kesempatan mengeksekusi penalti, meski ada sejumlah pemain senior, seperti Luis Figo.

Dia tak menyia-nyiakan kesempatan dan menuntaskannya dengan kaki kanan. Gol itu adalah satu-satunya yang diciptakan di turnamen tersebut. Namun gol itu kelak menjadi tonggak sejarah bagi Ronaldo.

3 dari 5 halaman

Sejajar dengan Pele

Setelah Piala Dunia 2010, menjadi era baru Ronaldo di timnas Portugal. Dia mulai menjadi ujung tombak setelah para pemain senior macam Luis Figo pensiun.

Ronaldo pun ikut serta di Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Namun dalam dua kesempatan itu, Ronaldo tak bisa berbuat banyak. Ia hanya bisa mencetak total dua gol. Satu ke gawang Korea Utara dan satu ke gawang Ghana.

Meski begitu, peran Ronaldo belum tergantikan di Timnas Portugal. Dia kemudian memimpin rekan-rekannya di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Di ajang kali ini, Ronaldo meledak. Ia berhasil mengemas empat gol. Satu ke gawang Maroko. Tiga lainnya ia lesakkan sekaligus ke gawang Spanyol.

Ronaldo akhirnya berhasil mencatatkan prestasi istimewa. Ia masuk jajaran pemain yang mampu mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. Namanya selevel dengan Uwe Seeler, Pele, dan Miroslav Klose.

4 dari 5 halaman

Belum Mau Pensiun

Piala Dunia 2022 disebut-sebut bakal menjadi yang teakhir untuk Ronaldo. Mengingat usianya kini sudah 37 tahun.

Ronaldo akan berusia 41 tahun di Piala Dunia 2006. Angka yang terbilang gaek untuk pesepakbola profesional di level tertinggi.

Akan tetapi, Ronaldo menangkis prediksi itu. Dia menekankan bahwa dia akan terus bermain sepak bola selama dia merasa dalam kondisi yang baik untuk tampil di lapangan.

"Saya yang bertanggung jawab, titik penuh,” kata Ronaldo.

"Banyak orang menanyakan pertanyaan ini. Sayalah yang akan menentukan masa depan saya. Jika saya merasa ingin bermain lebih banyak, saya bermain dan jika saya tidak ingin bermain, saya tidak bermain," lanjutnya

5 dari 5 halaman

Cari Jalan Tinggalkan MU

Di sisi lain, Ronado saat ini sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan Old Trafford sebelum akhir bursa transfer musim panas.

La Repubblica melaporkan, pemenang lima Ballon d'Or itu tidak merasa terlibat dalam proyek Ten Hag di Old Trafford. Selain itu, absennya Setan Merah di Liga Champions 2022-23 diduga juga menjadi masalah besar bagi Ronaldo yang sangat ingin mengangkat trofi setidaknya sekali lagi sebelum akhir kariernya.

Agen Ronaldo, Jorge Mendes, dikabarkan sudah mencari klub baru yang potensial buat kliennya tersebut. Roma kabarnya 'bermimpi'untuk membawanya kembali ke Italia musim panas ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.