Leeds Tolak Tawaran Arsenal, Raphinha Kini Didekati Chelsea

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 24 Jun 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 21:00 WIB
Foto: 5 Pembelian Termahal Leeds United, Rekor 20 Tahun Rio Ferdinand Baru Dipecahkan Musim 2020 / 2021 lalu
Perbesar
Raphinha. Gelandang asal Brasil berusia 24 tahun ini didatangkan Leeds United dari Rennes awal musim 2020/2021 lalu dengan biaya transfer 18,6 juta euro. Sebagai pilihan utama, hingga awal musim 2021/2022 ini ia telah bermain dalam 39 laga dengan mencetak 8 gol. (Foto: AFP/Pool/Lindsey Parnaby)

Liputan6.com, Jakarta- Raksasa Liga Inggris Chelsea kabarnya tengah mempersiapkan tawaran untuk mengontrak pemain Leeds United, Raphinha. Pesepak bola asal Brasil itu memang diketahui tengah menjadi subjek ketertarikan sejumlah klub papan atas.

Ia sukses membuktikan kualitasnya dengan menjadi pemain kunci bagi timnya sepanjang musim lalu. Raphinha juga sanggup memberi kontribusi 11 gol, yang mengantar The Peacocks selamat dari zona degradasi usai mengoleksi 38 poin.

Dilansir dari Metro, Raphinha berencana hengkang dari Elland Road pada musim panas ini. Pesepak bola berusia 25 tahun itu mengincar kepindahan ke Barcelona. Namun, krisis finansial yang dialami membuat Barca kemungkinan tak mampu merekrut sang pemain.

Raphinha sejatinya masih punya alternatif. Raksasa Liga Inggris Arsenal juga menaruh hati padanya. Manajer The Gunners Mikel Arteta butuh pemain sayap baru untuk memperkuat skuad racikannya jelang kompetisi musim depan.

Laporan menyebut Arsenal telah mengajukan tawaran untuk memboyong Raphinha ke Emirtes. Namun, upaya tersebut ditolak oleh The Peacocks. Mahar sodoran The Gunners tak mendekati angka 50 juta poundsterling yang diinginkan Leeds United.

Kegagalan Arsenal membuka celah bagi klub lain untuk membajak Raphinha. MailOnline mengeklaim Chelsea siap menyaingi The Gunners dalam perburuan tanda tangan eks pemain Rennes. The Blues juga dikabarkan serius ingin mengajukan penawaran kepada Leeds.


Keinginan Kuat

FOTO: Gol Patrick Bamford dan Raphinha Bawa Leeds United Tekuk Fulham 2-1 - Raphinha
Perbesar
Gelandang Leeds United, Raphinha melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya ke gawang Fulham dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021 pekan ke-29 di Craven Cottage, London, Jumat (19/3/2021). Leeds United menang 2-1 atas Fulham. (AP/Andy Rain/Pool)

Meski proposal Arsenal telah ditolak, Chelsea tak serta merta lepas dari bayangan The Gunners. Klub yang finis di peringkat lima klasemen akhir Liga Inggris musim lalu itu masih memiliki keinginan kuat untuk mengontrak Raphinha.

“Minat Arsenal tetap kuat, dan dia (Raphinha) adalah peman yang ingin ditandatangani oleh Mikel Arteta,” ujar David Ornstein dari The Athletic dalam laporannya, seperti dikutip dari Metro pada Jumat (24/6/2022).

“(Penandatanganan Raphinha) ini mungkin menjadi hal yang memakan banyak waktu dan tidak akan mudah, terutama karena adanya persaingan dari klub lain, seperti Tottenham (Hotspur) dan Chelsea,” sambungnya.


Tottenham Hotspur

Foto Liga Inggris: Duel 2 Kiper, Raphinha Jadi Pembeda Leeds Pecundangi Everton 1-0
Perbesar
Gelandang Leeds United, Raphinha, merayakan gol yang dibuatnya dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 melawan Everton di Goodison Park Stadium, Sabtu (28/11/2020) waktu setempat. Leeds United menang 1-0 atas Everton. (AFP/Peter Powell/Pool)

Selaras dengan laporan tersebut, Tottenham Hotspur diketahui merupakan klub papan atas lain yang bersedia menampung Raphinha usai dirinya berpisah dengan Leeds United.

The Lilywhites kabarnya ingin menambah penggawa anyar dalam skuad asuhan Antonio Conte. Spurs sempat diisukan bakal menyepakati kontrak permanen dengan pesepak bola asal Swedia, Dejan Kulusevski, yang dipinjam dari Juventus.

Pemain Everton Richarlison pun dikabarkan masuk dalam radar incaran Tottenham Hotspur. Kendati demikian, laporan terbaru mengeklaim Raphinha telah menjadi target alternatif bagi The Lilywhites, jika Everton masih keras kepala soal mahar pemainnya.


Liga Champions

Arsenal memang diketahui telah lama tertarik dengan Raphinha. Akan tetapi, Leeds United bersimpati pada keinginan sang pemain. Pesepak bola asal Brasil itu kabarnya ingin berkompetisi di level yang lebih tinggi, terutama Liga Champions.

Kesempatan tersebut hanya mampu diberikan oleh Tottenham Hotspur. The Liliywhites baru saja menghidupkan peluang untuk meraih trofi Si Kuping Besar musim depan, usai finis di peringkat empat klasemen Liga Inggris 2021/2022. Sementara itu, Arsenal harus puas bertengger di posisi kelima dengan selisih dua poin dari Tottenham.

Sebagai informasi, Arsenal juga tengah dikaitkan dengan Gabriel Jesus. Klub yang bermarkas di Emirates itu sejatinya sempat digadang-gadang bakal menjadi pelabuhan baru bagi sang pemain usai berpisah dengan Manchester City.

Akan tetapi, The Gunners lagi-lagi harus bersaing dengan Chelsea. The Citizens beberapa waktu lalu dilaporkan telah menawarkan Jesus kepada The Blues.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya