Daftar Top Skor Piala Dunia Sepanjang Masa, Ada Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo?

Oleh Jefry Hutabarat pada 23 Jun 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 06:00 WIB
Lionel Messi
Perbesar
Penyerang Timnas Argentina, Lionel Messi berselebrasi setelah menjebol gawang Estonia pada laga uji coba Stadion El Sadar, Pamplona, Senin (6/6/2022) dini hari WIB. (AFP/Ander Gillenea)

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 Qatar tinggal dalam hitungan bulan. Sekilas coba kita mengingat siapa saja yang menjadi top skor Piala Dunia.

Top skor atau pencetak gol terbanyak merupakan salah satu status paling yang diinginkan semua pemain sepak bola di dunia. Kejuaraan yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali itu melahirkan top skor yang berbeda nama dan juga asal dari timnas negara mereka. 

Sejak diselenggarakan pada tahun 1930 di Uruguay, ada sekitar 1.200 pemain yang telah mencetak gol di Piala Dunia. Guillermo Stabile dari Argentina dengan torehan delapan gol menjadi top skor pertama kala itu. 

Ada 29 pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak. Mereka berasal dari 19 negara, dengan Brasil diwakili lima orang. Negara-negara Amerika Selatan mengirim lima nama lain dan 19 berasal berbasis Eropa. 

Menariknya, dari deretan nama pemuncak top skor di Piala Dunia tidak ada nama Cristiano Ronaldo atau pengoleksi Ballon d'Or terbanyak Lionel Messi. Bahkan pemain pemain termahal yang baru didatangkan Manchester City, Erling Haaland tidak masuk dalam daftar elit ini.

Lantas siapa sajakah deretan nama yang menjadi top skor di Piala Dunia hingga saat ini? Apakah ada yang masih bermain untuk timnas negaranya atau sudah pensiun? Berikut rangkumannya seperti yang telah dihimpun Liputan6.com


Miroslav Klose (16 Gol)

Timnas Jerman, Top Scorer
Perbesar
Miroslav Klose menjadi yang teratas dalam urusan gol untuk timnas Jerman, klose telah mencetak 71 gol bagi tim Panser, gol pertamanya terjadi pada 24 Maret 2001 dan gol terakhirnya pada 8 Juli 2014. (EPA/Franz-Peter Tschauner)

Nama Miroslav Klose menjadi penyerang andalan Timnas Jerman di event-event besar mulai dari Piala Eropa hingga Piala Dunia. Tak mengherankan, sebab mantan pemain Lazio tersebut selalu mampu tampil tajam. Tercatat, ia telah mencetak 16 gol di seluruh perhelatan Piala Dunia. 

Jumlah yang saat ini, masih belum dapat dikejar oleh pemain sepakbola dari negara manapun yang masih aktif. Hal ini, menjadikannya raja topskor sepanjang masa Piala Dunia.

Klose terhitung mengikuti Piala Dunia edisi 2002, 2006, 2010, dan 2014. Pada edisi terakhirnya tersebut, Timnas Jerman sukses menjadi top skor.

Pada Piala Dunia 2014 lalu, mantan pemain Bayern Muenchen ini berhasil mengalahkan jumlah gol yang ditorehkan Ronaldo dari Brazil selama mengikuti ajang Piala Dunia dan membuatnya menjadi top skor Piala Dunia sepanjang masa di urutan pertama dengan torehan 16 gol, 1 gol lebih banyak dibandingkan bintang Brasil, Ronaldo.

Selain menjadi top skor Piala Dunia 2014, pemain kelahiran 9 Juni 1978 itu menghantarkan Jerman menjadi juara dunia pada tahun yang sama.


Ronaldo Luis Nazario de Lima (15 Gol)

Ronaldo Luis Nazario de lima
Perbesar
Ronaldo Luis Nazario de lima pernah meraih penghargaan Pemain Terbaik FIFA bersama Real Madrid pada 2002. (AFP/Christophe Simon)

Ronaldo Luis Nazario de Lima telah diakui sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Berposisi sebagai penyerang, Ronaldo memiliki kecepatan, kemampuan menggocek, serta finishing yang hebat.

Tak heran jika ia kemudian di juluki Il Fenomeno. Selama memperkuat Timnas Brasil di Piala Dunia, Ronaldo mencetak total 15 gol. Ia ikut serta dalam edisi Piala Dunia 1994, 1998, 2002, dan 2006.

Ada yang menarik dari mantan pemain Real Madrid tersebut, setelah kegagalan membawa Brasil juara dunia karena dikalahkan Prancis di final. Ronaldo bangkit dan menunjukkan penampilan luar biasa.

Pasalnya di tahun 2002, dia berhasil membawa Selecao meraih juara setelah mengalahkan Jerman di final, dalam laga itu, dia memborong dua gol dan menjadikannya sebagai top skor Piala Dunia saat itu.

Ia juga menyamai rekor legenda Brasil, Pele yang telah mencetak 12 gol selama tampil dalam ajang Piala Dunia.

Sayang di Piala Dunia 2006, dia gagal tampil baik karena adanya kontroversi mengenai berat badanyna yang tampaknya kurang ideal. Dia gagal menampilkan performa terbaik meski berhasil mencetak 2 gol yang membuat dirinya sejajar dengan legenda Jerman Gerd Muller sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia saat itu.


Gerd Muller (14 Gol)

Foto: Gerd Muller Tutup Usia, Yuk Lihat Lagi Aksi Legenda Bayern Munchen dan Timnas Jerman saat Sedang Berjaya
Perbesar
Muller juga membawa The Bavarians meraih empat gelar Bundesliga, menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Bundesliga. (Foto: AFP)

Gerd Muller pertama kali dipanggil timnas pada tahun 1966. Dia baru tampil pertama kali bersama Jerman Barat, (ketika itu Jerman masih dipisahkan yaitu Jerman Barat dan Timur) di Piala Dunia yakni tahun 1970, dalam edisi ini dia sudah mencetak 10 gol.

Dengan torehan gol tersebut, membawa Jerman Barat ketika itu menjadi juara di Piala Dunia edisi tersebut. Empat tahun berselang, dia kembali membela Jerman Barat dengan koleksi 4 gol.

Rekor Muller memang sangat lama bertahan hingga 40 tahun hingga dipecahkan oleh Ronaldo Luis Nazario de Lima atau biasa disapa Ronaldo pada tahun 2006.

Setelah pensiun pada 1982, Muller mengalami kecanduan alkohol, tetapi mantan rekan-rekannya di Bayern Munchen membujuknya untuk melalui rehabilitasi. Setelah keluar dari rehabilitasi, Müller diberikan pekerjaan sebagai pelatih amatir di Bayern München. Hingga pada 15 Agustus 2021 sang pemain menghembuskan nafas terakhirnya.


Just Fontaine (13 Gol)

Just Fontaine
Perbesar
Top Scorer Piala Dunia 1958, Just Fontaine, menilai Prancis sebaiknya tidak menggelar Piala Eropa 2016 setelah terjadi teror di Paris. (Guardian)

Kiprah legenda satu ini di timnas Prancis jangan dipandang sebelah mata. Hingga saat ini, belum ada yang mampu memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia milik Just Fontaine yakni 13 gol.

Fontaine tercatat sebagai pemain yang memegang rekor gol terbanyak dalam satu edisi Piala Dunia ketika mencetak 13 gol sepanjang gelaran Piala Dunia 1958 di Swedia.

Di timnas Prancis, statistik Fontaine cukup impresif. Ia mencetak 30 gol dalam 21 laga bersama Les Blues. Sayangnya Fontaine hanya punya satu kali kesempatan untuk bermain di Piala Dunia sehingga ia tidak mampu mencetak lebih banyak gol.

Fontaine mengalami cedera parah dan harus pensiun pada 1962. Saat itu Fontaine masih berusia yang masih belia, 28 tahun


Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

Emtek grup pegang hak siar Piala Dunia 2022
Perbesar
foto: Emtek

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya