Gara-Gara Rusia, Bintang Timnas Polandia ini Dicoret dari Piala Dunia 2022

Oleh Jefry Hutabarat pada 22 Jun 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 08:30 WIB
Polandia, Lituania, La Uji Coba
Perbesar
Pemain Polandia, Maciej Rybus (kiri) berusaha merebut bola dari kaki pemain Lituania, Rolandas Baravykas pada laga uji coba di Stadion Narodowy, Warsaw, Polandia, (12/6/2018). Polandia menang 4-0. (AFP/Janek Skarzynski)

 

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 Qatar dalam hitungan bulan akan dimulai. Menyambut gelaran, para pemain tim nasional masing-masing negera yang sudah lolos pasti melakukan persiapan maksimal demi parhelatan tersebut.

Tapi, bagaimana mungkin cita-cita seorang pemain harus kandas karena sesuatu yang konyol, bukan karena pensiun dari sepakbola ataupun cedera bahkan skorsing. Apa penyebabnya?Ya, sang pemain harus rela tidak dapat bermain di Piala Dunia 2022 dikarenakan salah pilih klub. Maciej Rybus harus rela mengubur mimpi ke Piala karena dia baru saja memilih bermain di salah satu klub Rusia.

Rybus bukan pemain Polandia yang populer layaknya Robert Lewandowski atau Wojciech Szczesny. Tapi, full back berusia 32 tahun itu tergolong sosok penting di timnas. Itu dibuktikan dengan koleksi 66 caps dan 2 gol.

Pemain yang pernah membela klub Olympique Lyonnais dipastikan tidak akan berangkat ke Qatar pada November nanti, walaupun dia bermain cemerlang di level klub nantinya.

Rybus dicoret karena menandatangani kontrak dengan klub Liga Premier Rusia, Spartak Moscow. Padahal, beberapa bulan lalu, menyusul invasi Rusia ke Ukraina, dirinya bersama banyak pemain asing lain memutuskan kontrak dengan klub dari Negeri Beruang Merah. Saat itu, Rybus meninggalkan Lokomotiv Moscow.

Sejak perang berkecamuk, semua klub Rusia dikeluarkan dari kompetisi Eropa. Para pemainnya dilarang bertanding. Bahkan, timnas mereka juga dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan UEFA Nations League 2022/2023.

Rybus punya alasan untuk tetap bermain di Liga Premier Rusia. Sebab, istrinya orang Rusia. Dia tidak mungkin meninggalkan istrinya di Moscow dan kembali ke Polandia seorang diri. Demi istri, Rybus akhirnya rela kariernya timnasnya berantakan.

"Czeslaw Michiniewicz selaku pelatih timnas Polandia telah berbicara dengan Maciej Rybus, setelah pelatihan timnas pekan lalu di Polandia. Pelatih tidak akan membawa-nya ke Piala Dunia di Qatar, tidak akan ada tempat untuknya di timnas Polandia," demikian pernyataan dari Asosiasi Sepakbola Polandia (PZPN) seperti yang dikutip Rabu (22/6/2022) di laman resmi mereka.

Sepanjang karier timnas, Rybus ikut masuk skuad Polandia di Euro 2012 dan 2020, serta Piala Dunia 2018. Gimana menurut kalian? Setuju?


Siapkan uang Rp 1 M untuk Nonton Langsung Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Kualifikasi Piala Dunia 2022
Perbesar
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Kualifikasi Piala Dunia 2022 (Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus)

Piala Dunia 2022 Qatar dalam hitungan bulan akan dimulai. Menyambut gelaran, pecinta sepak bola Indonesia banyak bertanya berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk menonton pertandingan secara langsung.

Piala Dunia 2022 bakal digelar di Qatar, mulai 21 November hingga 18 Desember 2022. Sebanyak 32 tim akan bersaing di sana demi memperebutkan gelar juara.

Pertama tiket pesawat untuk penerbangan dari Jakarta ke Doha pada hari Minggu, 20 November 2022 saat ini dibandrol dengan harga Rp 25 juta untuk tiket sekali jalan. Ditambah pulang dengan harga yang relatif sama yaitu dari Doha ke Jakarta sekitar Rp 25 juta. Itu berarti, kita harus mengeluarkan sekitar Rp 50 juta untuk tiket pesawat pulang pergi.

Harga Hotel di Qatar ada yang sudah mencapai ratusan juta rupiah per malam. Oleh karena itu, sebuah apartemen menjadi solusi untuk tempat tinggal di sana. 

Sebuah apartemen dengan satu kamar di pusat kota, memiliki rentang harga rata-rata sebesar QR6.000 atau Rp2 3,4 juta untuk satu bulan. Harga tersebut akan jauh lebih mahal lagi jika mendiami properti lebih mewah dengan fasilitas lebih lengkap.

Biaya ini belum termasuk biaya tambahan lainnya seperti listrik, gas, dan air yang bisa saja mencapai Rp 1 juta dalam sebulan. Biaya itu belum ditambahkan jika mengandalkan pendingin udara disana.

Setelah itu, kita harus menyediakan provider seluler dengan paket sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta dalam satu bulan. Sementara untuk makanan, kita minimal mengeluarkan uang sekitar Rp 200 ribu untuk sekali makan.

Sedangkan biaya transportasi lumayan terjangkau dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 39 ribu untuk bus umum. Nah, sekarang giliran tiket pertandingan.

Tiket paling murah pertandingan Piala Dunia 2022 mulai dari 11 dollar AS atau sekitar Rp 158.400 untuk setiap pertandingan. Jika ingin menonton pertandingan dari penyisihan grup hingga final, maka kurang lebih harus mengeluarkan kocek hingga Rp 500 juta!!

Itu berarti jika dikalkulasikan, kita harus mengeluarkan kurang lebih Rp 1 milliar untuk tinggal di Qatar selama kurang lebih 1 bulan untuk menonton Piala Dunia 2022. Tertarik?


50.000 Bola Untuk Piala Dunia 2022 Qatar Dari Madiun

Al Rihla
Perbesar
Al Rihla, bola resmi yang diklaim tercepat saat di udara ini akan dipakai selama Piala Dunia 2022 Qatar. (Dok. Adidas)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku bahagia dan bangga daerahnya berkontribusi dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Kebanggaan Khofifah lantaran dia melepas secara langsung ekspor 50.000 bola buatan PT Global Way yang berada di Desa Kedungrejo Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. 

"Ternyata bola yang akan digunakan dalam FIFA World Cup tahun 2022 di Qatar adalah dari Madiun dan saat ini yang dikirim ke United Kingdom (UK). Kita bahagia dan bangga bola yang digunakan pada ajang dunia itu di-support dari Madiun Jawa Timur," ujar Gubernur Khofifah saat pelepasan ekspor bola di Madiun, Kamis (16/6/2022).

Dari kegiatan ekspor tersebut, katanya warga Jawa Timur menjadi bagian dari resonansi ekonomi dunia. 

Dia menyebutkan, bola yang akan digunakan untuk ajang piala dunia di Qatar buatan tangan warga Kabupaten Madiun.


Sediakan Tenda Gurun Semewah Hotel Bintang Lima

Kaka dan Iker Casillas Pamerkan Trofi Piala Dunia 2022 di Dubai
Perbesar
Trofi Piala Dunia FIFA Qatar dipamerkan saat Trophy Tour by Coca-Cola kick-off hari ini dengan first stop event di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (12/5/2022). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Pemerintah Qatar terus berbenah guna menyambut turnamen paling akbar, Piala Dunia 2022. Persiapan dari segi insfrastruktur seperti stadion, akomodasi, transportasi, dan penginapan terus dipoles untuk memanjakan peserta dan para suporter.

Piala Dunia 2022 berlangsung di Qatar mulai 21 November 2022 sampai dengan 18 Desember atau sekitar 28 hari perhelatan. Piala Dunia kali ini adalah yang pertama kalinya diselenggarakan di Timur Tengah, dan yang pertama bergulir pada musim dingin.

Untuk itu, Qatar pun terus bersolek agar bergulirnya Piala Dunia berlangsung memuaskan. Salah satu yang tengah dikebut pengerjaanya adalah penginapan.

Data dari Lembaga Pariwisata Qatar, kini, Qatar saat ini memiliki 30.000 kamar hotel. Sebanyak 80 persen dari jumlah itu dialokasikan untuk pemain, wasit, media, dan tamu resmi FIFA lainnya.

Selain itu, Qatar juga menyiapkan sekitar 69.000 kamar non-hotel, villa dan apartemen-apartemen.

Kepala Akomodasi di Komite Tertinggi Pelayanan dan Hukum Penyelenggara Piala Dunia 2022, Omar Al-Jaber mengatakan, pihaknya juga telah menyediakan cadangan 100.000 kamar lagi untuk orang-orang yang datang menyaksikan pertandingan Piala Dunia.

Menariknya, dari berbagai macam penginapan yang disediakan, Qatar juga menyiapkan seribu tenda untuk para tamu. Tenda tersebut lekat dengan ciri khas suku asli Qatar, Bedouin dan berada di gurun.

Tujuannya, agar orang yang menginap di tenda tersebut dapat menikmati sensasi yang berbeda dari penginapan lainnya.


Emtek Grup Manjakan Pecinta Bola

Emtek grup pegang hak siar Piala Dunia 2022
Perbesar
foto: Emtek

SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Grup yang memegang hak siar Piala Dunia 2022 bakal memanjakan pecinta bola di Indonesia dengan berbagai tayangan seru selama perhelatan ajang empat tahunan tersebut di Qatar. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Selain menghadirkan tayangan langsung laga Piala Dunia 2022, SCM juga akan menyajikan beberapa ulasan berita seputar gelaran empat tahunan ini. 

Infografis Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Perbesar
Kasus Pajak Pesepak Bola Dunia
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya