Berniat Geruduk Kediaman Petinggi MU, Supporter Malah Temukan Fakta Baru Perburuan Frenkie De Jong

Oleh Marco Tampubolon pada 20 Jun 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 15:30 WIB
​Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United - MU
Perbesar
Gelandang Barcelona ​Frenkie de Jong merupakan salah satu target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (foto: Pau BARRENA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Protes yang dilancarkan suporter Manchester United atau MU terhadap sang pemilik klub, keluarga Glazer belum juga berhenti. Namun siapa sangka, rencana mereka untuk mendatangi kediaman CEO Setan Merah, Richard Arnold justru menguak fakta baru soal perburuan pemain. 

Seperti dilansir dari Marca, protes yang dilancarkan suporter terhadap keluarga Glazer sebenarnya tidak terkait bursa transfer pemain. Gerakan ini justru lebih mempertanyakan soal pengelolaan klub selama satu dekade terakhir yang justru terus mengalami keterpurukan belakangan ini.

Seperti diketahui, sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, MU seakan kehilangan kejayaannya. Musim lalu, MU kembali tanpa trofi dan dipastikan tidak tampil pada ajang Liga Champions 2022/23.

Namun tidak mudah bagi suporter menjangkau langsung keluarga Glazer. Sebagai gantinya, mereka pun berniat mendatangi mendatangi kediaman Richard Arnold untuk menyampaikan unek-uneknya. Hanya saja, rencana ini keburu diketahui Arnold yang kemudian mengadang langkah mereka. 

Pria yang menggantikan posisi Ed Woodward itu mengajak suporter bertemu di sebuah pub. Pada kesempatan itu, kedua belah pihak berdiskusi mengenai banyak hal termasuk soal bursa transfer. Diskusi bahkan sempat mengerucut kepada satu nama, yakni Frenkie de Jong

"Kami melakukan berbagai cara untuk bisa menutup kesepakatan dengan (De Jong)," kata Arnold. 

"Saya beri tahu saja, uangnya sudah kami siapkan untuk dia," beber Arnold di hadapan suporter. 

 

"Saya sudah melek selama berhari-hari untuk menyelesaikannya, uangnya ada tetapi ada hal-hal yang menghalangi kami yang tidak bisa saya katakan," ujar pria berusia 51 tahun itu menambahkan. 


Siapa Frenkie de Jong?

Frenkie de Jong - Barcelona - Manchester United
Perbesar
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong menjadi target utama Manchester United atau MU pada bursa transfer musim panas 2022. (LLUIS GENE / AFP)

Frenkie de Jong seperti diketahui merupakan satu dari sederet nama yang masuk radar MU pada bursa transfer musim panas ini. Pemain asal Belanda itu masih terikat kontrak dengan klubnya, Barcelona. 

De Jong, salah satu pemain krusial dalam skuad Barcelona sepanjang musim 2021/2022. Ia memberi kontribusi empat gol dan lima assist dari total 46 penampilan bersama klubnya di semua kompetisi.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez juga nampaknya tak ingin berpisah begitu saja dengan Frenkie de Jong. Juru taktik asal Spanyol itu pernah menyebut sang pemain sebagai sosok penting sekaligus starter reguler dalam skuad asuhannya di Camp Nou.

“Saya sudah bilang berkali-kali bahwa Frenkie de Jong sangat penting. Dia selalu menjadi starter (dalam tim asuhan) saya. Bagi saya dia (adalah pemain) fundamental,” kata Xavi.

Kendati demikian, kondisi keuangan yang dialami Barcelona bisa saja memaksa pihak klub untuk berpisah dengan Frenkie de Jong. Pasalnya, sang raksasa Catalan perlu dana tambahan jika ingin mendatangkan pemain baru jelang kompetisi musim depan.

 


Target Incaran MU

Foto Piala Eropa: Tim Hedon, Starting Eleven Pemain Berbanderol Tinggi di Euro 2020, Ada Mbappe
Perbesar
Frenkie de Jong (CM) - Pemain muda Timnas Belanda ini terpilih menjadi gelandang di starting eleven Tim Hedon Euro 2020 (Euro 2021). Menurut Transfermarkt, ia ditaksir mencapai 90 juta Euro. (Foto: AFP/ Lluis Gene)

Frenkie de Jong menjadi target incaran Setan Merah sejak kedatangan Erik ten Hag di Old Trafford. Eks pelatih Ajax Amsterdam itu ingin memboyong mantan anak asuhnya untuk memperkuat skuad MU.

Rayuan Ten Hag rupanya tak mempan untuk menggoyahkan De Jong. Pemain berusia 25 tahun ini sempat menegaskan niatnya untuk bertahan di Barcelona. Namun, krisis finansial yang dialami sang raksasa Catalan membuat Blaugrana ingin melepas De Jong.

Adapun Barcelona kabarnya bakal menerima 80 juta euro atau setara dengan kurang lebih Rp1,2 triliun rupiah sebagai mahar kepergian pemain bintangnya. Angka ini hampir serupa dengan biaya yang dikeluarkan raksasa La Liga kala merekrut De Jong dari Ajax pada 2019.


Erik Ten Hag dan De Jong

Manchester United saat ini memang tengah menantikan kehadiran gelandang baru. Itu setelah pemain-pemain seperti Nemanja Matic dan Paul Pogba dipastikan hengkang dari Old Trafford. 

Frenkie de Jong pun digadang-gadang bakal menjadi sosok kunci dalam skuad asuhan Erik ten Hag di Setan Merah. Apalagi kedua pihak pernah menorehkan prestasi gemilang kala masih bekerja sama di Johan Cruyff Arena.

Sebelum hijrah ke Barcelona, De Jong merupakan pemain penting bagi Ajax Amsterdam. Ia sukses mengantar sang raksasa Eredivisie melangkah ke semifinal Liga Champions musim 2018/2019 bersama Erik ten Hag.

Tak heran jika sang pelatih berkepala plontos berniat mengulangi momen-momen indah tersebut. Apalagi, ia telah dibekali dana oleh Setan Merah untuk dibelanjakan pada bursa transfer musim panas.

Infografis Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Infografis Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya