Saingi Arsenal, Tottenham Hotspur Diam-Diam Kejar Gabriel Jesus

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 20 Jun 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 15:00 WIB
Foto: 5 Penyerang Brasil yang Bersinar di Kompetisi Eropa, Hampir Pasti Jadi Andalan di Putaran Final Piala Dunia Qatar 2022
Perbesar
Gabriel Jesus. Pemain berusia 25 tahun ini kini menjalani musim ke-6 bersama Manchester City. Total telah tampil 220 laga di semua ajang dengan torehan 88 gol dan 43 assist. Bersama Timnas Brasil telah mengoleksi 54 caps, dengan torehan 18 gol dan 13 assist. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta- Klub Liga Inggris Tottenham Hotspur kabarnya tengah berupaya untuk menyaingi Arsenal dalam perburuan tanda tangan pemain Manchester City, Gabriel Jesus.

Seperti yang diketahui, Jesus merupakan target incaran prioritas The Gunners pada jendela transfer musim panas. Pelatih Arsenal Mikel Arteta berniat menambah opsi di lini serang, pasca kepindahan Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Laporan pada akhir pekan lalu menyebut Arsenal hampir mencapai kesepakatan untuk mendatangkan pemain internasional Brasil tersebut. Meriam London optimistis pihaknya mampu memboyong Jesus ke Emirates, sebelum bursa transfer berakhir.

Akan tetapi, Gianluca Di Marzio baru-baru ini mengeklaim rival London Utara, Tottenham Hotspur, juga bergerak diam-diam untuk mengontrak Gabriel Jesus dari juara Liga Inggris.

Mirror melaporkan juru taktik Spurs Antonio Conte merupakan penggemar berat Jesus lantaran sifatnya yang serba guna. Sang pelatih asal Italia pun nampaknya bakal berupaya mendahului Arsenal untuk mengamankan jasa sang pemain.

Agen Jesus sebelumnya menyatakan bahwa The Gunners merupakan salah satu klub terdepan yang berpotensi mendapatkan tanda tangan kliennya. Namun tak dapat dimungkiri, kepindahan ke Tottenham Hotspur bakal memberi keuntungan lebih bagi Jesus.

Klub berjuluk The Lilywhites itu mampu menjanjikan panggung Liga Champions usai finis di posisi empat besar klasemen Liga Inggris musim lalu. Sementara itu, Arsenal harus puas berkiprah di Liga Europa. Eddie Nketiah dan kawan-kawan hanya bertengger di peringkat lima dengan torehan 69 poin, tertinggal dua angka dari Spurs.


Catatan Apik

Foto: 5 Pemain dengan Kemenangan Terbanyak dalam 100 Penampilan Pertamanya di Liga Inggris, Didominasi Pemain Manchester City
Perbesar
Sejak bergabung dengan Manchester City pada 2017, Gabriel Jesus sempat menjadi bagian integral dari skuat asuhan Guardiola. Pemain Brasil itu membuat penampilan yang ke-100 saat mengalahkan Watford 4-0 pada Juli 2020. Tercatat ada 77 laga yang berhasil ia menangkan saat itu. (AFP/Oli Scaff)

Jesus memiliki catatan yang terbilang apik selama berkarier di Etihad. Penggawa internasional Brasil ini sanggup menorehkan 95 gol dari total 236 pertandingan bersama Manchester City, setelah bergabung dari Palmeiras pada 2017.

Ia juga sukses membantu The Citizens memenangkan empat gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dan tiga Piala EFL atau Carabao Cup sejak menginjakkan kaki di Etihad. Tak heran jika sejumlah klub papan atas tertarik menyewa jasanya.

Sebagai informasi, Jesus bakal memasuki tahun terakhir masa kontraknya bersama Manchester City. Klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola itu konon sudah siap menguangkan sang pemain di jendela transfer musim panas tahun ini.


Kehilangan Tempat

Foto: 4 Pemain Manchester City yang Bisa Terdepak Karena Kedatangan Erling Haaland
Perbesar
Kedatangan Erling Haaland jelas akan membuat Gabriel Jesus semakin merana. Pemain asal Brasil itu bukanlah pilihan utama Pep Guardiola sehingga musim ini ia selalu menjadi penghangat bangku cadangan. (AFP/Oli Scarff)

Jasa Jesus akhir-akhir ini memang nyaris tak dibutuhkan oleh juru taktik The Citizens. Pep Guardiola kerap merotasi eks pemain Palmeiras. Ia tercatat hanya menjadi starter dalam 21 pertandingan Liga Premier bersama Manchester City musim lalu.

Gabriel Jesus juga terancam kehilangan tempat di kompetisi musim depan. Pasalnya, The Citizens baru saja menyewa Erling Haaland dan Julian Alvarez. Kedatangan kedua penggawa berpotensi membuat Jesus makin tersingkir dari kasta kekuasaan klub.

Kepindahan ke klub lain bisa menjadi alternatif solusi bagi Jesus jika ingin mendapatkan lebih banyak waktu bermain. Adapun City kabarnya menginginkan 50 juta poundsterling dari klub yang berminat menyewa jasa Jesus.


Peminat Lain

Gabriel Jesus - Manchester City Vs Watford
Perbesar
Striker Man City, Gabriel Jesus merayakan golnya ke gawang Watford dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (23/4/2022) malam WIB di Stadion Etihad Stadium. (

Selain Arsenal dan Tottenham Hotspur, Chelsea juga sempat dikabarkan ikut meramaikan perburuan tanda tangan Gabriel Jesus. Klub yang duduk di posisi tiga klasemen akhir Liga Inggris musim lalu itu mendapat tawaran dari The Citizens untuk mengontrak pemainnya.

Seperti diketahui, Manajer Chelsea Thomas Tuchel tengah bertekad mendatangkan striker baru pada musim panas. Sebabnya, Romelu Lukaku yang belum lama ini dipulangkan ke London Barat, mulai dikaitkan dengan kepindahan dari Stamford Bridge.

The Blues santer diwacanakan bakal mengirim Lukaku kembali ke Inter Milan setelah hanya bermain selama semusim di Liga Premier. Chelsea bahkan telah dijadwalkan berdiskusi dengan CEO Inter Beppe Marotta pada Minggu, untuk membahas potensi kepulangan pemain internasional Belgia ke San Siro.


Raheem Sterling

Jesus bukanlah satu-satunya penggawa Manchester City yang dikaitkan dengan pintu keluar Etihad. Raheem Sterling juga mulai disodorkan ke Los Blancos dan sejumlah klub lain. The Citizens tak ingin menunggu hingga sang pemain berstatus bebas transfer.

Mantan penggawa Liverpool itu pernah mengisyarakatkan dirinya terbuka dengan potensi berkarier di tempat lain. Real Madrid pun dinilai sebagai salah satu pelabuhan ideal baginya. Meski demikian, ia mengaku sangat menghormati kontraknya bersama City.

“Sekarang saya di City dan saya sangat senang, tetapi Madrid adalah klub yang luar biasa. Ketika Anda melihat seragam putih, Anda tahu persis apa yang diwakili klub, itu sangat besar,” kata Sterling 2 tahun lalu.

“Meskipun saya harus mengatakan bahwa saya memiliki kontrak besar dengan City dan saya harus menghormatinya, tetapi Madrid adalah klub yang fantastis, di negara dengan cuaca yang luar biasa. Saya adalah pemain yang selalu terbuka terhadap tantangan,” sambungnya kala itu

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya