Sukses

Daftar Lengkap Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, menjadi tiga negara tuan rumah turnamen sepak bola terbesar ini. Tahun 2002 menjadi gelaran terakhir yang menerapkan lebih dari satu tuan rumah, ketika itu Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - FIFA baru saja merilis daftar kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Turnamen yang diadakan setiap empat tahunan ini, akan diadakan di tiga negara. Siapa saja mereka?

Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, mereka akan menjadi tiga negara tuan rumah turnamen sepak bola terbesar ini. Tahun 2002 menjadi gelaran terakhir yang menerapkan lebih dari satu tuan rumah, ketika itu Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah saat ini.

Selain mengumumkan negara penyelenggara, FIFA juga telah merilis kota yang akan menjadi tuan rumah. 

"Kami mengucapkan selamat terhadap 16 kota tuan rumah penyelenggara Piala Dunia atas komitmen serta semangat yang luar biasa," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti yang dikutip dari laman resmi federasi, Sabtu (18/6/2022)

"Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah untuk semua orang di kota serta negara bagian yang terpilih menjadi tuan rumah khususnya bagi FIFA serta para tuan rumah mulai dari Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko yang akan segera menampilkan pertunjukan terhebat bagi seluruh dunia,” lanjutnya.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saat kami berusaha membuat sepakbola benar-benar mendunia,” tutup pria berusia 52 tahun tersebut.

Terdapat 16 kota yang menjadi tuan rumah nantinya untuk mengadakan pertandingan yang akan diikuti oleh berbagai negara dari belahan dunia. Berikut ini daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Amerika Serikat

Amerika Serikat mendapat jatah tuan rumah paling banyak. Lokasi yang ditunjuk adalah Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco, dan Seattle.

Kota-kota seperti Cincinnati, Denver, Edmonton, Nashville, Orlando dan Washington DC tidak lolos dalam seleksi meski sebelumnnya menjadi kandidat tuan rumah Piala Dunia 2026.

Amerika Serikat bukan yang pertama kalinya mengadakan Piala Dunia, setelah sebelumnya pernah mengadakan turnamen sepakbola terbesar di dunia ini pada tahun 1994, saat ini Brasil berhasil menjadi juara saat itu.

Rose Bowl di Pasadena, California yang pernah menjadi tuan rumah final Piala Dunia 1994, saat Brasil mengalahkan Italia lewat adu penalti. Akan kembali menjadi penyelenggara dengan stadion lainnya seperti AT&T Stadium dan Mercedes-Benz Stadium.

Ada salah satu stadion yang menjadi sorotan yakni Lumen Field yang menjadi kandang dari dua klub proffesional sepakbola Amerika (American Football/NFL). Stadion berkapasitas 69.000 penonton ini akan menjadi stadion pertama khusus American football/NFL yang akan dipakai untuk Piala Dunia sepanjang sejarah.

3 dari 6 halaman

Meksiko

Meksiko akan kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah 40 tahun terakhir. Sebelumnya, Meksiko pernah jadi tuan rumah Piala Dunia pada 1986 dan 1970.

Guadalajara, Mexico City, dan Monterrey menjadi tiga kota di Meksiko yang dipercaya menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2026 nantinya. 

Azteca Stadium pernah menjadi saksi ikon Brasil dan Argentina, Pele dan Diego Maradona saat Piala Dunia gelaran sebelumnya. Stadion berkapasitas 81.000 penonton ini akan kembali menjadi stadion tuan rumah Piala Dunia nantinya. 

Kendati tidak menjadi tuan rumah tunggal pada Piala Dunia 2026, Meksiko tetap masuk dalam catatan sejarah karena terpilih sebanyak tiga kali sebagai tuan rumah. Hal itu merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak Piala Dunia digelar pertama kali pada 1930 di Uruguay.

Selain itu, setiap kali Meksiko menjadi tuan rumah yang menjadi juara selalu negara yang berasal dari Amerika Selatan yakni Brasil (1970) dan Argentina (1986).

Apakah hal yang sama juga terjadi pada gelaran Piala Dunia 2026, menarik ditunggu.

4 dari 6 halaman

Kanada

Kanada akan menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya untuk kategori pria. Pasalnya, Kanada pernah menggelar Piala Dunia wanita pada 2015, yang dimenangkan oleh Amerika Serikat.

BC Place di Vancouver pernah dipakai untuk menyelenggarakan acara Piala Dunia kategori wanita pada 2015 akan menjadi salah satu saksi stadion yang akan dipakai saat Piala Dunia 2026. Selain itu, ada kota seperti Toronto akan menjadi tuan rumah nantinya.

Sementara itu, pertama kali Timnas Kanada ikut kompetisi sepak bola resmi terjadi pada 1924. Meski begitu, sepak bola sudah mulai dimainkan dan populer di Kanada sejak 1877.

Meski belum resmi berbentuk tim nasional, Kanada sudah lebih dulu mencatatkan prestasi dengan meraih medali emas pada Olimpiade 1904 di Amerika Serikat.

Saat itu, cabang sepak bola putra di Olimpiade baru diikuti oleh tiga negara saja, Kanada, Amerika Serikat, dan Galt FC. Pertandingan resmi mereka terjadi melawan Australia pada 7 Juni 1924.

Timnas Kanada pun baru bisa lolos ke Piala CONCACAF pada edisi 1977. Saat itu mereka menempati peringkat keempat, pun di edisi 1981 meraih prestasi yang sama.Kanada sudah dua kali lolos ke putaran final Piala Dunia yaitu pada gelaran tahun 1986 dan 2022.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Terbanyak Peserta Negaranya

Piala Dunia 2026 akan kembali menjadi sejarah. Sebab, Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Ini jadi pertama kali dalam sejarah, Piala Dunia digelar di tiga negara.

Selain itu, peserta Piala Dunia 2026 akan bertambah menjadi 48 tim bertambah dari sebelumnya 32 peserta.

Ditunjuknya tiga negara sebagai tuan rumah merupakan sejarah baru. Sebelum ini, Piala Dunia dengan jumlah tuan rumah maksimal hanya dua negara, yakni pada Piala Dunia 2002.

Dalam pemungutan suara, AS-Meksiko-Kanada memperoleh 134 suara, sedangkan Maroko 65 suara. Piala Dunia di Amerika Utara itu juga diproyeksikan meraup lima miliar dolar dari aktivitas ekonomi jangka pendek, termasuk menciptaan 40.000 pekerjaan dan lebih dari 1 miliar dolar penghasilan tambahan untuk kota-kota dan negara tuan rumah.

Lebih dari 5,8 juta tiket akan terjual dan menghasilkan sekitar 2 miliar dolar AS. 

Amerika Serikat untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah yang pertama pada tahun 1994. Sementara itu, Meksiko membuat rekor dengan menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya setelah tahun 1970 dan 1986.

 

6 dari 6 halaman

Daftar Kota Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, mereka akan menjadi tiga negara tuan rumah turnamen sepakbola terbesar ini. Tahun 2002 menjadi gelaran terakhir yang menerapkan lebih dari satu tuan rumah, ketika itu Korea Selatan dan Jepang menjadi tuan rumah saat ini.

Selain sudah mengumumkan tiga negaranya. FIFA yang merupakan asosiasi sepakbola dunia juga telah merilis kota yang akan menjadi tuan rumah. 

Amerika Serikat

Seattle

San Francisco

Kansas City

Los Angeles

Dallas

Atlanta

Houston

Boston

Philadelphia

Miami

New York/New Jersey

 

Meksiko

Guadalajara

Monterrey

Mexico City

 

Kanada

Vancouver

Toronto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.