Sukses

Ngotot Ingin ke Barcelona, Robert Lewandowski Tolak Tawaran Chelsea

Bintang Bayern Munchen Robert Lewandowski kabarnya telah menolak tawaran untuk hijrah ke Chelsea. Laporan menyebut mesin penceta gol asal Polandia itu lebih tertarik menyegel kesepakatan dengan Barcelona

Liputan6.com, Jakarta - Bintang Bayern Munchen Robert Lewandowski dikabarkan telah menolak tawaran untuk hijrah ke raksasa Liga Inggris, Chelsea. Laporan menyebut mesin pencetak gol asal Polandia itu lebih ingin bergabung dengan Barcelona.

Lewandowski memang santer dikaitkan dengan pintu keluar Die Rotten pada jendela transfer musim panas ini. Pesepak bola berusia 33 tahun tersebut bakal angkat kaki dari Allianz Arena lantaran gagal menyegel kesepakatan baru dengan Bayern Munchen.

Sebagai informasi, Lewandowski sejatinya masih terikat kontrak di Jerman hingga Juni 2023. Akan tetapi kabar mandeknya kesepakatan sang pemain dengan pihak klub segera menarik minat dan perhatian tim-tim lain, tak terkecuali Chelsea.

Dilansir dari Mirror, The Blues memang tengah mencari pengganti untuk mengisi posisi Romelu Lukaku di Stamford Bridge. Pemain asal Belgia itu gagal tampil moncer dalam periode keduanya bersama Chelsea. Ia hanya mampu mengoleksi delapan gol liga sepanjang musim 2021/2022.

Klub yang ditukangi oleh Thomas Tuchel kini berupaya melakukan pembicaraan dengan Inter Milan terkait potensi kepulangan Lukaku ke Nerazurri. Pemain berusia 29 tahun ini diwacanakan bakal kembali ke Italia, setelah hanya menjalani satu musim di Liga Premier.

Adapun Tuchel dikenal sebagai penggemar berat Lewandowski. Pelatih asal Jerman yakin sang pemain masih bisa berkembang di Inggris, meski bakal segera menginjak usia 34 tahun.

Sayangnya, tawaran Chelsea tak disambut baik oleh Lewandowski. Laporan SPORT mengeklaim eks pemain Borussia Dortmund lebih memilih pindah ke Camp Nou ketimbang The Blues.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klub Terdepan

Barcelona memang diyakini sebagai klub terdepan yang berpotensi mengamankan tanda tangan Lewandowski.  Diario Sport menyebut Blaugrana telah memberi tahu sang pemain bahwa ia akan mengisi posisi yang ditinggalkan Lionel Messi awal musim lalu.

Tawaran itu bisa menjadi kesepakatan menarik buat Lewandowski. Pasalnya, Lionel Messi selama ini tak hanya berperan sebagai penyerang utama klub, tetapi juga memegang status cukup tinggi dalam ruang ganti Barcelona.

Laporan pada pertengahan April lalu mengeklaim Barca telah mencapai kesepakatan verbal dengan sang pemain. Klub yang finis di peringkat dua klasemen La Liga Spanyol itu bersedia memberi kontrak tiga tahun bagi Lewandowski di Camp Nou.

3 dari 4 halaman

Kehilangan Besar

Kepindahan Lewandowski tak pelak bakal menyebabkan kehilangan besar bagi Bayern Munchen. Apalagi eks pemain Borussia Dortmund itu memiliki rekor gemilang dan kerap menjadi mesin pencetak gol andalan Die Rotten.

Kendati demikian, Lewandowski telah menegaskan niatnya untuk mengakhiri masa bakti di Allianz Arena. Penggawa internasional Polandia itu nampaknya ingin memulai petualangan baru di luar Bayarn Munchen.

“Saya ingin ini (masa kerja dengan Bayern Sunchen) segera diakhiri, kita bukan musuh. Saya yakin kami bisa menemukan solusi bersama. Saya pikir Bayern lebih baik menginvestasikan uang mereka, ketimbang mempertahankan saya hingga akhir kontrak,” ujar Lewandowski, seperti dilansir dari Marca.

“Apakah saya optimistis soal penandatanganan (kontrak) di Barca? Itu pertanyaan besar. Saya tidak suka berada dalam situasi ini. Yang pasti saat ini adalah karier saya di Bayern sudah berakhir,” katanya dalam kesempatan berbeda.

“Saya tidak melihat peluang untuk melanjutkan karier di klub ini. Mari kita lihat apa yang bisa kami lakukan dalam dua minggu ke depan. Saya tidak ingin melanjutkan di klub dan saya ingin fokus pada Polandia,” pungkas Lewandowski, seperti dilansir dari Mirror.

4 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Meski telah mendapat sinyal positif dari Lewandowski, Barcelona masih harus menghadapi persaingan ketat demi mengamankan tanda tangan sang pemain. Pasalnya, raksasa Liga Inggris Manchester United juga dikabarkan menaruh minat pada Lewandowski.

Di sisi lain, kondisi keuangan Barcelona bisa menjadi hambatan untuk merealisasikan cita-cita transfer Lewandowski. Juara Bundesliga musim lalu konon menginginkan 40 juta poundsterling sebagai mahar kepergian pemain bintangnya. Angka ini tergolong mahal bagi Barcelona yang tengah dilanda krisis finansial.

Presiden La Liga Javier Tebas menilai Barcelona tak punya peluang untuk menyegel kesepakatan sebesar itu tanpa melanggar aturan keuangan yang ditetapkan di Spanyol. Skuad asuhan Xavi Hernandez perlu melepas sejumlah pemain jika ingin mendatangkan penggawa baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.