Arsenal Optimistis Mampu Datangkan Gabriel Jesus dari Manchester City

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 17 Jun 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 16:00 WIB
Foto: 5 Pemain yang Bisa Menjadi Opsi Arteta untuk Menggantikan Aubameyang di Arsenal
Perbesar
Gabriel Jesus menjadi pilihan bagus untuk Arteta. Direkrut Manchester City pada 2017, Jesus telah menyumbangkan gelar Liga Inggris, trofi EFL, dan Piala FA. Namun, akhir-akhir ini, ia sering dimainkan dari bangku cadangan. (AFP/Peter Powell)

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Liga Inggris Arsenal optimistis pihaknya mampu mencapai kesepakatan untuk mendatangkan Gabriel Jesus dari Manchester City pada musim panas ini.

Dilansir dari Mirror, Jesus diketahui telah dikaitkan dengan kepindahan ke The Gunners sejak beberapa waktu terakhir. Skuad racikan Mikel Arteta konon berniat menambah opsi di lini serang pasca kepergian Alexandre Lacazette.

Pemain berusia 31 tahun tersebut sepakat untuk kembali ke mantan klubnya, Lyon, dengan status bebas transfer. Di tengah situasi ini, Gabriel Jesus muncul sebagai sosok pengganti yang bisa diboyong pada bursa transfer.

Jesus memiliki catatan yang terbilang apik selama berkarier di Etihad. Penggawa internasional Brasil ini sanggup menorehkan 95 gol dari total 236 pertandingan bersama Manchester City setelah bergabung dari Palmeiras pada 2017.

Ia juga sukses membantu The Citizens memenangkan empat gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dan tiga Piala EFL atau Carabao Cup sejak menginjakkan kaki di Etihad.

Rival Liga Premier Tottenham Hotspur kabarnya ikut menaruh hati pada pesepak bola 25 tahun tersebut. Kendati demikian, The Times meyakini The Gunners berada di posisi terdepan untuk mengamankan jasa Gabriel Jesus sebelum akhir jendela transfer.

Melansir laporan Mirror, Arsenal perlu menggelontorkan dana senilai 50 juta poundsterling atau setara dengan kurang lebih Rp911 miliar sebagai mahar kepindahan Jesus. Kedatangan sang pemain akan memberinya kesempatan untuk reuni dengan Mikel Arteta, yang sempat menjabat sebagai asisten pelatih di City selama periode 2016–2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siap Diuangkan

Foto: 4 Pemain Manchester City yang Bisa Terdepak Karena Kedatangan Erling Haaland
Perbesar
Kedatangan Erling Haaland jelas akan membuat Gabriel Jesus semakin merana. Pemain asal Brasil itu bukanlah pilihan utama Pep Guardiola sehingga musim ini ia selalu menjadi penghangat bangku cadangan. (AFP/Oli Scarff)

Sebagai informasi, Gabriel Jesus bakal memasuki tahun terakhir dalam kontraknya bersama Manchester City. Klub yang menjadi kampiun Liga Premier 2021/2022 sudah siap menguangkan Jesus pada jendela transfer musim panas.

Jesus memang terancam kehilangan tempat dalam skuad asuhan Pep Guardiola. Pasalnya, The Citizens baru saja menyewa Erling Haaland dan Julian Alvarez. Kedatangan kedua pemain berpotensi membuat eks penggawa Palmeiras makin tersingkir dari kasta kekuasaan klub.

Terlepas dari catatan golnya, Jesus hingga kini masih gagal mendapatkan peran signifikan bersama The Citizens. Penggawa Brasil itu hanya menjadi starter dalam 21 pertandingan Liga Premier bersama Manchester City musim lalu. Ia diharapkan bisa mendapat lebih banyak waktu bermain di tim utama, usai hengkang dari Etihad.


Pencetak Gol

Thibaut Courtois, Gabriel Jesus
Perbesar
Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, mencoba menghalangi penyerang Manchester City, Gabriel Jesus dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions 2019/2020 di Etihad Stadium, Sabtu (8/8/2020). (AFP/Peter Powell)

Di sisi lain Arsenal tengah menantikan kehadiran mesin pencetak gol dalam skudnya. Pelatih Mikel Arteta menilai ketiadaan striker papan atas menjeladi penyebab signifikan di balik kegagalan The Gunners finis di posisi empat besar klasemen akhir musim lalu.

Gabriel Jesus pun menjadi target utama Arsenal di bursa transfer kali ini. Demi mengantisipasi minat dari klub-klub lain, The Gunners telah memulai pembicaraan dengan agen Jesus, Marcelo Pettinati, terkait potensi kepindahan sang pemain ke Emirates.

Arsenal juga kabarnya siap menawarkan kenaikan gaji bagi Jesus. Klub yang berbasis di London Utara itu akan memberi 190.000 poundsterling per pekan ditambah bonus. Angka ini lebih besar dibanding bayaran 110.000 poundsterling yang diterimanya di Manchester City.


Bersaing dengan Chelsea

Gabriel Jesus - Manchester City Vs Watford
Perbesar
Striker Man City, Gabriel Jesus merayakan golnya ke gawang Watford dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (23/4/2022) malam WIB di Stadion Etihad Stadium. (

Tak hanya Tottenham Hotspur, Arsenal juga harus bersaing dengan Chelsea dalam perburuan tanda tangan Gabriel Jesus. Laporan The Telegraph mengeklaim Manchester City telah menawarkan eks pemain Palmeiras ke Chelsea.

Seperti diketahui, Manajer Chelsea Thomas Tuchel pun bertekad mendatangkan striker baru pada musim panas. Sebabnya, Romelu Lukaku, yang belum lama ini dipulangkan ke London Barat, mulai dikaitkan dengan kepindahan dari Stamford Bridge.

Transfer ke Chelsea atau Tottenham bisa memberi keuntungan buat Jesus. Klub yang finis di posisi tiga dan empat klasemen Liga Inggris itu bisa menjanjikan panggung Liga Champions baginya. Kesempatan ini tak mampu diberikan oleh Arsenal yang terlempar ke peringkat lima.


Pesaing Lain

Di liga lain, Real Madrid juga siap meramaikan bursa transfer untuk Gabriel Jesus. Klub yang ditukangi oleh Carlo Ancelotti itu butuh tenaga alternatif untuk memperkuat lini serang, usai tawarannya ditolak oleh Kylian Mbappe.

Presiden Los Blancos Florentino Perez dan Manajer Umum Jose Angel Sanchez kabarnya telah menetapkan Jesus sebagai salah satu opsi transfer pada musim panas tahun ini. Carlo Ancelotti juga memberi dorongan cukup keras kepada pihak klub untuk mendapatkan jasa Gabriel Jesus.

Los Blancos memang diketahui sudah tertarik dengan penggawa Brasil sejak ia hijrah ke Etihad pada 2017. Bersamaan dengan itu, Carlo Ancelotti yang dulu menukangi Bayern Munchen, juga mengembangkan minat pada sang pemain.

infografis Leicester City Juarai Liga Inggris
Perbesar
Leicester City Juara Liga Inggris Musim 2015-2016 (Liputan6.com/Abdilah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya