Sukses

Eril Telah Dimakamkan, Doa dan Pesan Menyentuh untuk Anak Ridwan Kamil

Doa dan pesan menyentuh untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril disampaikan oleh pihak keluarga. Begitu juga dengan kekasih Eril, Nabila Ishma.

Liputan6.com, Jakarta - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah dimakamkan di pemakaman keluarga, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 13 Juni 2022. Untaian doa dan lautan manusia mengiringi pemakaman anak dari Ridwan Kamil tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, mereka yang mengantarkan almarhum Eril ke peristirahatan terakhir bukan hanya warga sekitar. "Ada yang datang dari Jawa Tengah," kata Darya, warga yang ikut menyaksikan pemakaman Eril.

Sementara itu, Ridwan Kamil menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mendoakan Eril. "Saya yang pertama menghaturkan terima kasih atas doa-doa yang dipanjatkan yang mungkin dibantu oleh media," ucap gubernur Jawa Barat tersebut setelah prosesi pemakaman Eril telah selesai.

"Saya saksikan berjuta-juta sangat luar biasa kedatangan kami ke sini pun diiringi oleh doa dan dukungan dari masyarakat."

Ridwan Kamil pun meyakini doa-doa tersebut bakal membuat Eril bahagia dan tenang di tempat peristirahatan terakhirnya.

Seperti diketahui, Erik hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jenazahnya baru ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, 8 Juni lalu, pukul 06.50 waktu setempat.

Jenazah Eril kemudian tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni lalu, dan dimakamkan di pemakanan keluarga. Berikut sederet doa dan pesan menyentuh melepas kepergian Eril.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Atalia Praratya

Atalia Praratya telah mengikhlaskan kepergian anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. "Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, a Eril," tulis Atalia di akun Instgram pribadinya @ataliapr.

Atalia yakin Eril meninggal dengan husnul khotimah. Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu berharap Eril mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Semoga Aa tenang di surga dalam balutan kasih sayang Allah Subahanahu wa Ta'ala. Surga yang digambarkan begitu indah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai," kata Atalia.

Kasih sayang Atalia pada Eril juga tersirat dalam baris-baris pesan berikutnya. "Ijinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba... Tunggu ya sayang..Insya Allah kita akan bersama lagi.."

 

3 dari 4 halaman

Pesan Ridwan Kamil

Selain Atalia, Ridwan Kamil juga ikut mengunggah pesan menyentuh usai pemakaman Eril. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta izin putranya untuk melanjutkan hidup dengan semangat Eril di setiap langkah.

"Dear Eril, selamat beristirahat dengan tenang sekarang. Doa-doa kami akan selalu menerangi alam kuburmu," kata Ridwan Kamil.

"Mulai esok Ijinkan papap, mamah, zara, dan arka melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami."

Terakhir, Ridwan Kamil berterima kasih atas kenangan dari sang putra. "Hatur nuhun atas segala memori dan pelajaran itu."

 

4 dari 4 halaman

Nabila Ishma

Selain keluarga dan teman, sosok yang juga sangat kehilangan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril adalah Nabila Ishma. Usai jenazah Eril terkonfirmasi ditemukan, sang kekasih menuliskan pesan di media sosialnya.

Nabila tampak tak kuasa menahan sedih. "Hati-hati di jalan ya a, aku tunggu kamu disiniii," tulis Nabila di Instagram Stories miliknya diakhiri tanda hati warna merah.

Tulisan itu diunggah Nabila dengan berlatarkan foto Eril sedang tersenyum di atas sebuah tempat yang tinggi. Di foto itu, Eril tampak sedang memperlihatkan keindahan alam yang ada di bawahnya.

Nabila juga mengatakan bahwa dirinya sudah mengikhlaskan kepergian Eril untuk selama-lamanya. "Aku sayang kamu ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku," tulisnya di Instagram.

Nabila juga mengatakan pacarnya itu merupakan sosok yang teramat baik. Sejak berpacaran, dia sering protes karena Eril sering terlalu baik kepada orang-orang.

Namun, usai kepergian pria 23 tahun tersebut untuk selama-lamanya, Nabila sadar kebaikan Eril yang menjadi jutaan doa yang dilantunkan oleh orang-orang untuk sang kekasih.

"Ini jadi luka yang manis karena menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir," tulis Nabila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.