Sukses

Pemakaman Anak Ridwan Kamil, Siswa Sekolah Padati Jalan Menuju Lokasi Peristirahatan Terakhir Eril

Siswa sekolah dasar hingga menengah atas memadati pinggir jalan menuju ke lokasi pemakaman anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Senin (13/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Siswa sekolah dasar hingga menengah atas memadati pinggir jalan menuju ke lokasi pemakaman anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Senin (13/6/2022).

Mereka berjajar di pinggir Jalan Raya Pangalengan, Kabupaten Bandung, untuk menyambut kedatangan rombongan yang membawa jenazah Eril dari Gedung Pakuan di Kota Bandung menuju ke area pemakaman di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kabupaten Bandung.

Di antara siswa ada yang membawa spanduk maupun bunga untuk menyampaikan ungkapan belasungkawa atas meninggalnya Eril.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi sebelumnya mengatakan pelajar dari 51 sekolah akan mendoakan Eril di sepanjang rute menuju ke lokasi pemakaman Eril.

Iring-iringan kendaraan yang membawa jenazah Eril bergerak dari Jalan Wastukencana menuju ke Jalan Tol Pasteur kemudian masuk ke Jalan Tol Soroja untuk menuju ke Cimaung.

Eril terseret arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022. Jenazahnya ditemukan di Bendungan Engehalde di Kota Bern pada 8 Juni 2022.

Jenazah Eril, yang tiba di Indonesia pada Minggu (12/6/2022), disemayamkan dan disalatkan di Gedung Pakuan di Kota Bandung sebelum dibawa ke Kabupaten Bandung untuk dimakamkan di wilayah Kecamatan Cimaung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Ibunda untuk Warga

Sebelumnya, ibunda mendiang, Atalia Praratya mengimbau masyarakat yang ingin berziarah untuk hadir di hari-hari setelah pemakaman.

"Untuk menghindari kemacetan dan ziarah yang lebih nyaman, kami menghimbau agar para penziarah datang di hari-hari berikutnya (Selasa 14.06.22 sd ahad 19.06.22 pukul 08.00-17.00)," pinta Atalia Praratya lewat unggahan di media sosial.

Tak hanya itu, untuk tamu yang bertakziah secara langsung di lokasi pemakaman, Atalia Praratya meminta untuk tidak mendokumentasikannya secara pribadi.

"Setiap tamu yang akan bertakziah dihimbau untuk melapor ke petugas keamanan. Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara. Kami mohon simpati dan empatinya," begitu yang tertulis dalam pengumuman yang diunggah Atalia. 

3 dari 3 halaman

Puluhan Tenaga Harian Dikerahkan

Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat mengerahkan sekitar 50 tenaga harian untuk membantu menyiapkan makam anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Putra sulung Gubernur Jawa Barat itu akan dimakamkan di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Tenaga harian yang ada di sekitar sini sekitar 50 orang. Itu mulai hari Sabtu kita bantu untuk merapikan rencana pemakaman hari ini," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono di lokasi pemakaman Eril, seperti dilansir Antara, Senin (13//6/2022).

Menurut dia, tenaga harian dipekerjakan untuk menguruk dan merapikan area permakaman Eril dengan dukungan alat berat.

"Proses paling berat ialah pengurukan area permakamannya. Itu 1,5 meter nimbunnya di area pemakanan dan itu harus dipastikan kondisi padat," kata Bambang.

"Alhamdulillah itu yang bisa kita bantu, pengurukan, perapian. Kebetulan material sudah di sini semua, jadi kita hanya membantu tenaga dan peralatan. Ya memang kalau kita tidak dibantu pakai alat berat enggak akan terkejar dalam waktu cuma dua hari," ia menambahkan.

Pukul 09.00 WIB tadi, rombongan akan berangkat dari Gedung Pakuan menuju ke kawasan Islamic Center Keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung. Proses pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz akan dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB hingga selesai.

Bagi warga atau masyarakat undangan diharapkan sudah berada di lokasi pemakaman sebelum pukul 10.00 WIB. Sementara masyarakat lainnya yang ingin berziarah diperbolehkan datang setelah acara pemakaman selesai, atau sekitar pukul 12.00 WIB.

"Akan diberikan akses untuk menuju makam setelah selesai acara, ziarah kubur bisa dimulai lewat jam 12.00 WIB," ujar Erwin Muniruzaman, juru bicara keluarga Ridwan Kamil dalam pernyataan persnya, Minggu siang (12/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.