Sukses

Hasil Indonesia Masters 2022: Anthony Ginting Dihentikan Viktor Axelsen

Langkah tunggal putra Indonesia Anthony Ginting terhenti di semifinal Indonesia Masters 2022 usai dikalahkan Viktor Axelsen.

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Anthony Sinisuka Ginting di Daihatsu Indonesia Masters 2022 terhenti di semifinal. Tunggal putra Indonesia itu harus mengakui keunggulan Viktor Axelsen dari Denmark.

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6) malam WIB, Anthony Ginting kalah 15-21 dan 15-21 dalam waktu 48 menit. Ini menjadi kekalahan kelima beruntun atau ketujuh pebulu tangkis berusia 26 tahun itu dari 11 pertemuan.

"Memang dari awal pertandingan sampai selesai ketat. Dari pertahanan dan permainan Axelsen tidak gampang ditembus," kata Ginting kepada awak media usai laga semifinal Indonesia Masters.

"Tadi coba nyerang duluan, tetapi malah lebih enak ke Axelsen karena dia punya jangkauan yang cukup tinggi. Pergerakan ke sekitar lapangan memang malah lebih enak ke dia, jadi ketika mencoba mancing serang duluan memang cukup menguntungkan, cuma balik lagi dia punya jangkauan dan akurasi yang bagus juga."

Melawan Viktor Axelsen, Anthony Ginting sebenarnya mampu memberikan perlawanan ketat. Tetapi setiap menginjak skor 14, dia seperti kehilangan pola permainan meladeni unggulan pertama Indonesia Masters itu.

"Pas di poin itu coba buat naikin tempo, tapi malah jadi kurang sabar. Jadi banyak bola malahan out, mungkin dari segi angin dan kok berpengaruh," ucapnya.

"Banyak mati sendiri. Jadi di poin-poin ketat, waktu satu-dua kesalahan sendiri, bikin musuh menjadi percaya diri. Jadi mungkin itu faktor poin jadi cepat. Angin pasti ada faktornya, cuma pas di poin segitu saya belum bisa manage dengan baik."

Anthony Ginting mengakui tidak mudah mengalahkan Axelsen saat ini. "Axelsen sangat aware dengan kelebihan dia di postur tubuh, karena di badminton itu salah satu faktor penting juga," tuturnya.

"Karena dari segi fisik, dia bisa memanfaatkan tingginya dengan baik. Dari pergerakan di lapangan, cara main, dia bisa menyesuaikan dgn baik."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembalikan kepercayaan diri

Meski terhenti di semifinal Indonesia Masters, Anthony Sinisuka Ginting mengaku senang bisa mengembalikan kepercayaan diri. Seperti diketahui, sejak awal tahun pebulu tangkis nomor enam dunia ini performanya turun akhirnya kepercayaan diri yang turun.

"Perjalanan dari Piala Thomas sampai minggu ini cukup senang bisa balikin lagi kepercayaan diri di lapangan. Karena, itu yang paling penting dan jadi PR udah cukup lama dari awal tahun ini," kata Ginting.

Atlet badminton berusia 26 tahun itu mengaku tidak tahu apa penyebab dirinya bisa kehilangan kepercayaan "Jujur kurang tahun juga kenapanya. Karena, kalau tahu mungkin bisa diobati dengan cepat," ungkapnya.

"Waktu berjalan, saya masih cari-cari terus. Kadang, bahkan kadang lupagambaran main saya itu bagaimana. Jadi semenjak Thomas Cup, muncul mulai ada gambaran dan sampai minggu ini."

Ginting mengatakan peak performanya terjadi pada 2018. "Kalau ditanya sekarang sudah dimana, mungkin sudah mendekati, sedikit lagi. Masih belum sama kayak waktu itu, cuma perlahan-lahan semoga bisa balik lagi," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Open 2022

Setelah tersingkir dari Indonesia Masters, Anthony Ginting kini fokus ke Indonesia Masters 2022 yang bakal berlangsung pekan depan. "Buat Indonesia Open, lebih konsisten saja, lebih dijaga lagi kepercayaan diri dan segala macam, mentalnya, fisiknya juga," paparnya.

"Untuk urusan strategi, tergantung siapa lawannya. Nanti pasti diskusi dan evaluasi dengan pelatih bagaimana mainnya. Minggu ini seperti apa buat menyiasati minggu depan," pungkas Anthony Ginting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini