Sukses

Hasil Indonesia Masters: Apriyani/Fadia ke Final Setelah Gebuk Pasangan Malaysia

Apriyani/Fadia angka menghadapi unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di final Indonesia Masters 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos ke final Indonesia Masters 2022. Ganda putri Indonesia tersebut harus bermain rubber game selama 1 jam 14 menit untuk menumbangkan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan merebut tiket ke final.

Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6/2022) sore WIB, Apriyani/Fadia kalah pada game pertama dengan skor ketat 21-23. Unggulan ketujuh ini kemudian bangkit di dua game berikutnya untuk menang 21-14 dan 21-14 atas pasangan Malaysia.

"Set pertama di poin kritis saya kurang berani, terlalu terburu-buru. Cuma di set kedua dan ketiga sudah bisa tenang, fokus sama pukulan akhirnya bisa masuk lagi ke pola permainan kita," kata Fadia kepada awak media usai pertandingan semifinal Indonesia Masters.

Frida menambahkan, komunikasi yang baik antara dirinya dan Apriyani serta mengikuti instruksi pelatih Eng Hiand menjadi kunci kemenangan. "Sama-sama mengingatkan, jangan terlalu terburu-buru, jangan terbebani, fokus satu poin satu poin. Akhirnya bisa ungguli di set kedua dan ketiga," papar pebulu tangkis berusia 21 tahun itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembali ke final

Ini adalah final kedua bagi Siti Fadia Silva Ramadhanti sejak dipasangkan tahun ini. Final pertama adalah SEA Games 2021 di Hanoi pada Mei 2022 dan duet ini sukses meraih medali emas ganda putri perseorangan.

"Senan, tapi saya tidak mau puas. Mau terus belajar semoga bisa konsisten di laga berikutnya," kata Fadia saat ditanya kembali lolos ke final bersama Apriyani.

Bagi Apriyani, ini merupakan final Indonesia Masters kedua setelah juara pada 2020 lalu bersama Greysia Polii. "Alhamdulillah dengan hasil hari ini," ujarnya.

"Saya pernah juara, tetapi kini kita mulai dari nol. Apalagi, sekarang sama Fadia. Kami terus mencoba yang terbaik dari yang ada di diri kami.

Baik Apriyani maupun Fadia tidak menyangka bisa melangkah hingga ke final Indonesia Masters 2022. "Kami juga tidak menyangka dengan hasil ini," ujar Apriyani.

"Kami sudah siap capek. Jadi kita bersyukur. Kita mau mengeluarkan yangg terbaik tanpa berekspetasi setinggi apapun."

 

3 dari 3 halaman

Lawan unggulan pertama

Di final Indonesia Masters 2022, Minggu (12/6), Apriyani/Fadia akan menghadapi unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Apriyani pernah mengalahkan Chen/Jia ketika masih berpasangan dengan Greysia Polii di final Olimpiade Tokyo 2020.

Saat itu, Apriyani/Greysia menang 21-19 dan 21-15 atas Chen/Jia untuk meraih medali emas. Tapi, pertemuan di final akan berbeda karena Apriyani kini berpasangan dengan Fadia.

"Kami sudah komunikasi, Fadia tidak melihat saya sudah pernah menang lawan Chen/Jia," kata Apriyani.

Dia pun optimistis menghadapi Chan/Jia. "Kami harus percaya diri dengan kemampuan sendiri. Apapun bisa terjadi dan bisa juara," tandas Apriyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.