Sukses

Timnas Basket 5x5 Indonesia Kalah di Uji Coba Pertama, Udara Dingin Jadi Hambatannya!

Timnas basket 5x5 putra Indonesia kalah di uji coba pertama melawan klub NBL 1, Diamond Eagles yang dilangsungkan di Diamond Eagles Sport and Fitness Center, Jumat (10/6/2022) dengan skor 108-80. Menurut asisten pelatih timnas, udara dingin menjadi hambatan Arki Dikania Wisnu dkk untuk melakukan penyesuaian di Australia.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket 5x5 putra Indonesia harus mengakui keunggulan kontestan NBL1 , Diamond Valley Eagles dengan skor 108-80. Pada pertandingan yang dilaksanakan di Diamond Valley Sports and Fitness Centre, Jumat (10/6/2022), Arki Dikania Wisnu dkk sudah bermain sangat baik. 

Asisten Pelatih Timnas Basket 5x5 Putra, Wahyu Widayat Jati menjelaskan bahwa permainan yang dilakoni timnas basket sudah sangat baik, namun udara dingin menjadi salah satu hambatan yang berarti untuk mereka. 

So far permainan oke. Cuma karena tidak mengenal permainan lawan, kita jadi punya masalah. Ditambah udara dinign di sini yang kita juga butuh penyesuaian,” terang Wahyu Widayat Jati dilansir dari laman resmi federasi. 

Lebih lanjut, pelatih yang akrab disapa Cacing ini mengaku banyak sekali pelajaran yag bisa didapat usai melawan Diamond Valley Eagles. Menurutnya, berhadapan dengan lawan yang lebih kuat, timnas harus cepat mengenali kelebihan dan kelemahan mereka. 

“Pelajaran yang bisa diambil adalah di defense. Harus cepet mengenali strength dan weakness lawan,” ujarnya. 

Dalam pertandingan tersebut, timnas tidak dapat menurunkan 16 roster lengkapnya karena Marques Bolden yang sedang tidak sehat. “Bolden diare,” ujar Wahyu. “Untuk pertandingan selanjutnya, belum ada arahan dari pelatih,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Brandon Jawato menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 22 point, 11 rebounds, dan 3 assists. Diikuti oleh Juan Laurent Kokodiputra dengan 19 points, 1 rebound, 3 assists. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kombinasi Pemain Muda dan Peraih Emas SEA Games

Tak tanggung-tanggung, keenam belas pemain yang diboyong ke Australia merupakan kombinasi pemain yang meraih emas di SEA Games dan pemain muda. Beberapa pemain muda seperti Kelvin Sanjaya dan Muhammad Arighi masuk untuk menggantikan slot Hardianus Lakudu dan Dame Diagne. 

“Pemain kita bawa 10 pemain SEA Games selain Hardianus yang cedera dan Dame yang ujian akhir tahun. Pemain itu akan ikut menambah roster kita menjadi 16 orangnya.” ujar manajer timnas, Jeremy Immanuel Santoso. 

Kepergian ke Australia memang sebagai persiapan awal menjelang FIBA Asia Cup 2022 yang akan dilangsungkan di Istora Senayan 12 hingga 24 Juli 2022. 

Pada ajang FIBA Asia Cup, Indonesia sebagai tuan rumah berada di grup A bersama dengan juara bertahan, Australia, Yordania, dan Arab Saudi, sementara Filipina yang sempat menjadi lawan timnas Indonesia di SEA Games, Hanoi kemarin berada di grup D. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Try-out di Australia

Berikut jadwal tanding Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia di Australia 

(hari, tanggal, kota, dan tempat) 

Indonesia vs Wyndham (BigV): Sabtu, 11 Juni  – Werribee – Eagle Stadium

Indonesia vs Eltham Wildcats: Minggu, 12 Juni- Melbourne - Eltham High School

Indonesia vs Waverley Falcons: Senin, 13 Juni - Melbourne - Waverley Basketball Centre

Indonesia vs Sunshine Coast Phoenix: Rabu, 15 Juni - Sunshine Coast - Maroochydore Basketball Stadium

Indonesia vs South West Metro Pirates: Kamis, 16 Juni - Brisbane - Hibiscus Sports Stadium

Indonesia vs Southern District Spartans: Minggu, 19 Juni - Brisbane - Rowland Cowan Stadium

Indonesia vs Logan Thunder: Senin, 20 Juni - Brisbane - Bendigo Bank Cornubia Park Sports Centre

Indonesia vs Ipswich Force: Rabu, 22 Juni- Ipswich - JBS Stadium

Indonesia vs Brisbane Capitals: Kamis, 23 Juni - Brisbane - Auchenflower Stadium

Penulis: Jesslyn Koesman

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.